LIMA PULUH TIGA

Mulai dari awal
                                    

"Mama  mau  kemana?"  tanya  Rafa  yang  tak  diindahkan  oleh  Vio.

Vio  tak  menjawab.  Ia  berjalan  dengan  langkah  tegas  menuju  pintu  keluar.  Ia  ingin  menemui  Zeandra.  Ia  ingin  melihat  keadaan  Zeandra.  Ia  ingin  menenangkan  Zeandra.

Ia  berharap  bisa  membantu  Zeandra  mengatasi  permasalahan  ini.  Ia  berharap  bisa  menenangkan  Zeandra  dan  membuatnya lebih  kuat.

• • •

"Jadi gimana, Dok?" tanya Zeandra, suaranya bergetar,  mencoba  menahan  kecemasan. Matanya  menatap  dokter  dengan  harap,  mencari  kejelasan  tentang  kondisi  Keenan.

Dokter  menarik  napas  dalam-dalam,  mencoba  mencari  kata-kata  yang  tepat. "Saya  rujuk  aja  ke  poli  jiwa,  ya."

"Poli  jiwa, Dok?" Zeandra  terkejut,  tatapannya  beralih  ke  Iren  yang  duduk  di  sebelahnya.  Ia  tak  mengerti  maksud  dokter,  "Kenapa,  Dok?"

"Iya, Bu,"  jawab  dokter,  mencoba  menenangkan  Zeandra  dengan  senyum  lembut.  "Biar  nanti  dokternya  yang  menjelaskan  ya,  Bu."

"Tapi  cucu  saya  gapapa  kan, Dok?"  Iren  menanyakan  dengan  nada  cemas,  khawatir  menatap  dokter.

"Keenan  tidak  apa-apa,  Bu,"  dokter  mencoba  menenangkan  Iren.  "Hanya  perlu  perhatian  khusus  saja."

"Kenapa  harus  ke  poli  jiwa,  Dok?"  Zeandra  berusaha  menahan  kekecewaan.  Ia  takut  mendengar  kata-kata  "poli  jiwa."

"Keenan  mungkin  mengalami  gangguan  psikologis,  Bu.  Dokter  di  poli  jiwa  akan  memeriksanya  dan  memberikan  penjelasan  yang  lebih  detail."  Dokter  menjelaskan  dengan  nada  yang  tegas,  namun  tetap  lembut.

Zeandra  menunduk,  mencoba  menahan  air  matanya.  Ia  tak  mengerti  tentang  gangguan  psikologis.  Ia  hanya  ingin  anaknya  sehat  dan  bahagia.  "Dok,  apa  Keenan  akan  baik-baik  saja?" tanyanya  dengan  suara  yang  sedikit  bergetar.

"Keenan  akan  baik-baik  saja,  Bu,"  dokter  mencoba  meyakinkan  Zeandra  dengan  mengangguk  dan  mengusap  pundaknya  lembut.  "Dokter  di  poli  jiwa  akan  membantunya.  Yang  penting,  Bu,  Zeandra  harus  tetap  kuat  dan  memberikan  dukungan  pada  Keenan."

Zeandra  mengangguk  lemah,  mencoba  menahan  air  mata  yang  menggenang.

"Bisa langsung di bawa ke poli jiwa sekarang, Dok?" tanya Zeandra,  suaranya  bergetar  mencoba  menahan  kecemasan.  Ia  ingin  segera  membantu  Keenan.

"Bisa," jawab Dokter,  menyerahkan  selembar  kertas  berisi  surat  rujukan.  "Ini  surat  rujukannya.  Semoga  lagi  gak  ada  janji  sama  pasien  lain,  ya,  biar  langsung  ditangani  segera."

Zeandra  menerima  surat  rujukan  itu  dengan  tangan  gemetar.  Ia  menatap  surat  rujukan  itu  dengan  tatapan  yang  kosong.  Ia  ingin  segera  membantu  Keenan,  tapi  ia  juga  takut.

"Terima  kasih,  Dok,"  ucap  Zeandra  dengan  suara  yang  sedikit  lemah.

"Sama-sama,  Bu.  Semoga  semuanya  baik-baik  saja,"  jawab  Dokter  dengan  senyum  lembut.

Zeandra  memeluk  erat  Keenan  sambil  berjalan  menuju  poli  jiwa.  Ia  ingin  memberikan  rasa  aman  dan  nyaman  pada  anaknya.  Ia  ingin  memperlihatkan  pada  Keenan  bahwa  ia  tak  akan  meninggalkannya.

"Mama  di  sini,  Naan,"  bisik  Zeandra  dengan  nada  yang  lembut.  "Mama  akan  selalu  ada  untuk  kamu."

Keenan  masih  terdiam.  Ia  hanya  menatap  Zeandra  dengan  tatapan  yang  kosong.  Seolah  dunianya  telah  hancur  berantakan.  Zeandra  mencoba  menarik  senyum,  namun  senyum  itu  terasa  hampa.

Iren  menatap  Zeandra  dengan  tatapan  yang  penuh  kasih  sayang.  "Sabar,  Zea,"  bisik  Iren  sambil  mengusap  punggung  Zeandra  dengan  lembut.  "Kita  akan  bersama-sama  melewati  masa  sulit  ini."

Zeandra  menangguk  lemah.  Ia  ingin  percaya  bahwa  semuanya  akan  baik-baik  saja.  Ia  ingin  melihat  Keenan  bahagia  lagi.

Mereka  tiba  di  depan  pintu  poli  jiwa.  Zeandra  menarik  napas  dalam-dalam,  mencoba  menenangkan  diri.  Ia  ingin  kuat  demi  anaknya.

A Journey Of LoveTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang