#Bandung hari kelima belas.
•ㅡ•ㅡ•ㅡ•
"WONY udah boleh balik."
Mereka sedang kumpul di depan tv saat ini, karena hari ini hari Minggu, jadi hari ini mereka mager-mageran di rumah aja katanya si, ga mau jalan.
Orang mah hari Minggu malah jalan ya.
"Syukur deh."
"Ntar gue mau jengukin Wony, mau ikut?" Tanya Felix.
"Katanya mau di rumah aja." Junkyu. Siapa lagi yang paling mager kalo bukan dia.
"Jun." Jihoon buka suara.
Yang dipanggil langsung nengok. "Hm."
"Soal kemaren.."
"Ah iya, kok lu bisa kenal sama ibunya Yiren?" Felix motong omongan Jihoon, walaupun yang ditanya emang sama.
"Oh itu." Renjun berusaha tenang. "Bokap gue sama bokapnya itu sahabatan gitu, terus jalanin bisnis bareng. Jadi makanya gue kenal."
Yang lain ber-oh ria.
Sedangkan Jaemin agak lega karena yang lain percaya. Gak sadar apa kemaren Renjun bilang gak pernah ketemu ortunya Yiren, emang pada bego, pikir Jaemin.
"Lu gak suka sama Yiren kan?" Siapa lagi yang nanya kalo enggak Felix.
Renjun dengan cepat menggeleng.
"Bagus deh."
"Lu bagus-bagus aja, ditembak atuh Yiren-nya kasian dia lu gantung." Ceplos Jaemin.
"Lu juga, ga ada niatan nembak Somi?" Tanya balik Sunwoo.
"Kalo ditembak mati domg Somi-nya."
"Gue serius!"
"Hehe canda, emang gue suka sama Somi?" Tanya Jaemin ke dirinya sendiri.
"Keknya si gitu." Jawab Hyunjin.
"Kok lu bisa tau, gue aja kagak?"
"Keliatan Jaem astaga!" Haechan melempar bantal kemuka Jaemin, kesel dia.
"Lah elu juga Jin, kagak ada niatan nembak si Yeji. Kasian udah dikasi harapan tapi gak jadi-jadi." Kali ini Yoshi yang buka suara.
Jeno diem aja, dia masih mikirin Karina. Kok bisa tuh orang jahat banget.
"Gue lagi memantaskan diri." Jawab Hyunjin.
"Gue kira elu memaksakan diri." Ucap Renjun sambil ketawa. Auto digaplok sama Hyunjin.
"Gue pantas gak si buat Yeji? Ta'at banget doi. Pas dzuhur langsung berenti, katanya udah waktunya sholat. Gue jadi merasa tidak pantas."
"Tapi ya kalo lu mau berubah jangan karena cewek, Jin, ntar lu nyesel loh. Berubah tuh lillahi ta'ala." Ceramah Jihoon.
Uri leader.
"Nah bener, kalo lu ta'at karena mau dapetin cewek ya elu dapet, tapi ridho Allah gak lu dapet. Kalo lu ta'at lillahi ta'ala lu dapet ridho Allah, dapet cewek juga yang terbaik menurut Allah." Sambung Sunwoo.
Hyunjin mengangguk. "Tuh gaes, pelajaran buat kalian juga. Makasih ya Hoon, Sun. Kalian berdua memang sahabat gue." Hyunjin meluk Jihoon sama Sunwoo bergantian.
Lama hening.
"Gue baru tau Lia jahat."
Jaemin natap Yoshi. "Emang jahat." Jaemin ingin sekali mengatan kalo Lia udah rebut bapaknya Somi, tapi udah janji buat gak bilang sama siapa pun.
"Gak nyangka aja gitu." Tambah Jihoon.
"Makanya jangan liat orang dari case-nya aja, liat juga dalemnya. Kalo liat case-nya doang mah orang-orang pasti bakal nilai dia baik." Jaemin greget, ngapain si bahas Lia.
Rasa ingin membocorkan tentang Lia yang dia tau dari Somi deh.
"Kok lu bijak Jaem, sangat tumben." Ucap Junkyu langsung digeplak sama Jaemin.
"Diem lu!"
•
•
•
"Somi?"
"Eh Haechan, ngapain sendiri?"
"Mau ke warung beli kopi, elu sendiri ngapain sore-sore begini jalan sendiri?"
"Mau pulang, abis dari rumah Yerim."
Haechan mengangguk. "Ayo bareng, sampe warung aja tapi." Haechan terkekeh.
Somi mengangguk, lalu mengimbangi jalan Haechan.
"Gue senior lu kan yak kalo di kampus?" Haechan buka suara, dari tadi mereka cuman jalan doang tanpa ngobrol.
"Iya, gue lebih muda setahun dari lo pada, semua temen geng gue juga seumuran gue." Jawab Somi, sungkan.
Haechan mengangguk paham. "Kenapa lu gak ikut Ryujin sama Winter ke jakarta buat kuliah."
Somi sedikit terkekeh. "Gak diizinin nyokap, sebenernya gue juga pengen. Tapi ya gitu, akhirnya di sini aja deh."
Mengingat nyokap-nya yang kelewat sibuk, Somi juga harus bersihin rumah, masak sendiri dan juga masakin buat nyokap-nya. Rasanya gak mungkin dia pergi ke jakarta buat kuliah.
Apalagi ntar bokap-nya makin lupa sama dia, toh Somi masih di Bandung aja bokap-nya seolah ngelupain kalo Somi adalah anaknya. Apalagi dia pergi dari bandung.
"Ouhh gitu. Udah nyampe, perlu gue anter ke rumah lo gak?" Haechan berhenti di depan warung yang ia tuju.
Somi menggeleng. "Ga usah, deket kok. Gue duluan ya." Somi langsung jalan meninggalkan Haechan di warung.
•
•
•
"Gue mau keluar dulu ya."
"Kemana lu?"
"Ke rumah Yiren, mau jengukin adeknya, mau ikut?" Felix bersiap untuk pergi, yang katanya mau jengukin Wony.
Jaemin yang ditanya pun menggeleng. "Udah malem males jalan-jalan."
"Alah, paling kalo diajak Somi langsung ilang lo dari ni rumah."
Jaemin tersenyum. "Kalo itu ga tau deh."
"Dah ah, pergi dulu yak, bilang yang lain juga takutnya nyariin gue." Felix nepuk bahu Jaemin, lalu pergi.
"Jun?"
Eh pas Felix ngebuka pintu utama ketemu Renjun di teras lagi ngobrol sama Ryujin.
Renjun yang dipanggil pun langsung mengdongkak. "Lix? Mau kemana malem-malem?"
"Oh iya ini gue mau ke rumah Yiren, mau jengukin Wony."
Renjun mengangguk kaku. "Oh hati-hati yah, udah malem juga."
Felix mengangguk. "Gue langsung ya."
"Emm Felix." Panggil Ryujin. "Bareng ya gue juga mau balik."
Felix diam bentar, lalu mengangguk. "Boleh, ayok deh."
"Jun, gue balik yah." Ryujin berdiri dari duduknya.
Renjun mengangguk. "Hati-hati."
"Ayo, Lix."
"Duluan, Jun."
Felix sama Ryujin pergi meninggalkan villa mereka. Melihat sudah jauh Renjun pun masuk ke rumah.
•
•
•
"Mengadi-ngadi lu."
Ucap orang disebrang sana.
"Bagus gak, besok gue kasi ke elu deh."
"Gak yakin kalo elu yang buat sendiri, secara elu keknya megeran banget jadi orang."
"Ets jangan begitu mbak. Walaupun emang benar ini Renjun yang buat. Tapi ini gue yang punya ide."
"Tuhkan bener bukan lo, gue udah yakin dari awal liat. Lo gak mungkin punya kemampuan ngelukis."
"Sumpah ya, astagfirullah banget lu."
Kekehan terdengar dari sebrang sana.
"Bilang makasih ke Renjun ya udah ngelukis muka gue."
"Ide gue nih!"
"Iya makasih lu juga, Jaemin!!"
Senyum Jaemin terkembang.
"Gitu dong, masa makasihnya ke Renjun doang si."
"Kan yang ngelukis Renjun, pasti cape apalagi keknya cukup gede noh."
"Tapi kalo gak ada ide gue, gak jadi ni lukisan."
"Iya-iya makasih ya Jaemin, makasih banyak!!"
"Iya Somi, sama-sama banyak."
Jaemin terkekeh.
"Btw lu di kamar?"
Somi terlihat mengangguk.
"Gue sendiri, nyokap belum dateng. Biasalah paling ntar jam sepuluh atau jam sebelasan baru dateng."
Jaemin mengangguk.
"Mau gue temenin sampe jam sebelas?"
"Ngaco, gue jam sepuluh udah bobo."
"Wah pinter, gak kayak orang lain ya, suka begadang."
"Gak dong, kalo gue begadang itu gue lagi depresi."
"Gue kalo depresi malah banyak tidur."
"Baru tau cowok depresi juga."
"Yakali gak bisa, emang cewek doang yang punya masalah?"
Somi terkekeh.
"Gue sambil maskeran yah."
Jaemin mengangguk.
"Mau liat muka lu kalo maskeran juga."
"Btw lu di kamar?"
"Enggak, di kamar berisik ada Jihoon sama Junkyu, gue lagi di depan tv."
"Sepi amat tu villa?"
"Udah jam sembilan, paling udah di kamar masing-masing, mandi, atau enggak ya makan."
"Ih jadi pengen makan."
Somi mengerucutkan bibirnya.
"Makan sono."
"Males masak, mie lagi abis. Besok gue mau belanja ke supermarket."
"Mau ditemenin gak?"
"Boleh kalo lu maksa mah."
"Dih gak maksa juga."
Somi mau ketawa keknya tapi gak bisa lagi make masker.
"Jemput gue pas pulang ngampus ya, ntar gue telpon."
"Okey."
"Pake sepeda di rumah gue ya. Ntar lu ambil dulu pas mau berangkat."
"Iya, bawel."
"Som, maskernya comot tuh mau jatoh dari dagu lo."
Somi langsung ngambil tissue dan ngelap bagian dagunya.
"Ih salah! Gemes pen elapin."
"Ih dimana."
Somi mendekatkan mukanya ke layar buat ngaca.
"Apa deket-deket?"
"Geer banget bingung, gue mau ngaca. Pasti lu mikir macem-macen deh, yakan? Ngaku lu."
"Enggak tuh."
"Dah ah, mo bobo nih."
"Iya selamat bobo."
"Hmm."
"Good night, bye."
"Hmm, bye. Good night too."
Panggilan video itu pun berakhir, Somi langsung rebahan mau tidur. Sedangkan Jaemin jalan ke dapur mau makan.