Diketik pada 14 Februari
"Mbul, nitip Cici bentar ya. Gue jemur baju dulu." Chanyeol masuk ke kamar adek. Doi lagi goleran sambil nonton pororo, dititip ke Cendol dulu sementara yang lain pada kerja. Nah, si Cendol malah nitipin anaknya. Sekarang, sistem perusahaan Namjoon dirubah, ada yang kerja dari pagi sampai siang, ada juga yang dari siang sampe sore, dan terakhir, sore sampe malam. Itu untuk karyawan, untuk bos mah, dari pagi ke malam juga dijabanin.
"Hey, kamu janan nusahin ya, cukup papamu aja yang bikin aku setles."
Natap julid ke arah bayi perempuan mungil itu sambil ngunyahin setoples kue kering. Posisi santuy adek enak banget, tangan kanan dijadiin penopang kepla, sementara badannya miring ke kanan, posisi gini bikin dia keliatan super gembul kalo dilihat dari belakang. Sesekali dia garuk pantatnya yang gatel dari kemaren sebab iritasi pampers.
Anaknya Cendol berubah jadi tiarap, Jungkook kesedak liatnya. Dia baru tau, pengen nahan juga ngga bisa, terlanjur Cici tiarap. Akhirnya digulingin sama Jungoo biar rebahan lagi, tapi anak yang belum sampai satu tahun itu malah tiarap lagi, digulingin lagi, tiarap lagi. Kalo nenek-nenek liat, udah digaplok itu pantatnya si Jungoo.
"JANAN TELUNGKUP NANTI PELUTMU KEMPES."
Marah-marah kesel, bentakan nyaring bikin Cici kaget, berakhir nangis.
Chanyeol teriak dari luar sebab dengar anaknya nangis.
"LO APAIN ANAK GUE JUNGIK?"
Jungkook noleh ke arah pintu, berharap Cendol datang buat nenangin Cici. Tapi bukannya nongol, malah sibuk jemur pakaian. Orang tua yang tidak bertanggung jawab.
"IH, DA TAU, AKU DIEM AJA KOK. DIA NYESEL KALI PUNA PAPA MACAM KAMU, MAKA NA MELATAPI HIDUP."
Sembarangan banget. Pantat Cici ditepuk-tepuk, niat hati mau nenangin karena biasanya Namjoon lakuin ini waktu dirinya nangis.
"Diyam ya, diyam, kalo nanis nanti jelekna ilang."
Jungkook ngga nemu solusi, dia mau bekep mulut Cici biar ngga kebuka lebar. Mau dibekap kayak bius orang, tapi untungnya ngga dilakuin, bisa mati. Walhasil, adek nyodorin satu telunjuknya dan itu bikin Cici berhenti nangis sebab sibuk ngemutin telunjuk adek. Berasa nyusu kali dia.
"Ihihihi, geli."
Jungoo nyodorin ke semua jarinya buat diemut Cici, kadang Cici juga gigitin pakai gusi dia yang belum ada giginya sama sekali.
"Ini lagi." nyodorin kelingking mungil penuh lemak.
"Ini lagi."
Mulai edan nih. Dia nyodorin jempol kaki.
"NGOAHAHAHA, GELI BANET"
Heboh sendiri, untung ngga ketendang itu muka anaknya Cendol, dan untungnya lagi, Chanyeol masuk. Ngga jadi Cici ngemut dua puluh jari. Mba Nagita Slavina nangis tuh kalo tau.
"Jungik Nugroho! Bangke lo ya!" digetok pakai sikat baju. Chanyeol ngga langsung pulang ke rumah sendiri, dia justru masuk ke rumah Namjoon lewat belakang. Merasa hawa-hawa ngga beres soalnya.
"Loh, dia da mau belenti nangis heung. Aku belalti pas bayi begini juga ya? Da puna gigi."
"Engga, lo mah pas dilahirin udah tumbuh gigi dua biji. Orang lain sembilan bulan, lo satu taun dalem kandungan."
Cici diangkat, Cendol pergi gitu aja. Trauma minta jagain semata wayangnya Namjoon.
Jungkook ngekor ke sebelah, dia kan lagi sendirian, tapi si dawet basi malah ngga amanah.
"Cendol, masak dong. Aku lapal."
Nadanya memohon, tanpa izin dulu ke yang punya rumah, Jungoo langsung rebahan di sofa sambil bolak balikin koran terbaru.
"Mau makan apa emang?"
"Spageti aja, yang cap la lonte itu loh."
"LA FONTE WOI!"
Chanyeol emosi, ngejambak kecil rambut Jungoo. Tapi, walaupun begitu, dia ke dapur juga bikinin makanan si gembul ngeselin. Sebetulnya, adek tuh dulu, sebelum kenal Kiana, kurang tau sama merk makanan, nah, setelah sering bergaul, sering main ke rumah sebelah, dia jadi tau banyak hal. Apalagi sekarang udah mulai bisa mengeja huruf.
Adek deketin anak semata wayang Chanyeol, terus merubah wajah jadi macam anak keterbelakangan mental. Cici langsung nangis.
"Yeu, cengeng banet kamu. Wajahku begini tetap tampan tau~"
Nyoba buat santai, padahal hatinya deg-degan. Dia belum terbiasa ngadepin bocah nangis. Adanya, dia yang nangis.
"CENDOL, ANAKMU NANIS LAGI NIHHH."
Ngga ada sahutan. Jungkook tau, Chanyeol lagi males ngurusin. Yang kedengar cuman gesekan spatula sama wajan.
"Diem, diem. Nanti kalo nanis telus jadi babi loh. Memang kamu mau kalo napas begini—hrllkk hrllllkkk."
Adek seneng liat Cici ketawa riang menanggapi leluconnya. Si bayi angkat tangan ke atas seolah pengen gapai wajah lucu Jungoo.
"Da mau kan jadi babi? Cukup papamu aja ya, muehehe."
Nyengir sambil melirik Chanyeol yang bawain satu mangkuk spageti sama secangkir es jeruk.
"Kurang baik apalagi coba gue?"
"Bukan kulang baik. Kulang banyak aja sih pahalanya. Masih dominan dosa."
Kepala adek digetok pakai pantat botol susu punya Cici. Cendol balik lagi ke dapur tanpa ngucapin kalimat yang bikin pergelutan makin jadi. Sebelumnya dia nyalain TV biar adek ngga gangguin anaknya mulu sebab gabut. Berita lokal nampilin tentang keseruan para artis merayakan Valentine. Jungkook matanya ngga beralih satu detik pun, dia bingung campur heran. Kenapa banyak banget balon-balon pink, udah gitu yang rayain beda-beda lagi. Dikiranya ulang tahun massal. Agak kagum juga, pemikirannya sampai,
"Kelen banet, ini lahil na balengan."
Chanyeol yang baru memasuki ruang tengah jelasin bahwa itu bukan perayaan ulang tahun. Tapi perayaan kasih sayang.
"Kalo aku sayang sama Taebungie, belalti boleh dong layain?"
"Terserah lo. Tapi ada kisah pilu dibalik Valentine nih Jung. Mau denger?"
"MAU! MAU!"
Cendol nelan nasi yang dia kunyah.
"Jadi, dulu tuh ada cinta segitiga. Nah—
"Apa itu cinta segitiga?"
"Misalkan gue sama Kiana kan suami istri, terus si Jimin juga ikutan suka sama Kiana. Begitu." jeda sebentar liat respon Jungoo yang ngangguk-ngangguk.
"Yang ngalamin cinta segitiga ini tuh namanya, Prapto, Suapip, sama Entin. Mereka berdua nih rebutin Entin kan, bikos si Entin tuh cewek paling cantik di kampungnya. Mereka udah lama banget musuhan, tapi puncaknya pas tanggal 14 Februari gini. Jam sepuluh. Tengkar hebat sebab Suapip ngga terima Entin milih Prapto. Dia ngambil batu besar, terus lemparin ke Prapto, Entin yang mau lindungin calon suami, rela memasang tubuhnya sebagai tameng, bukan kena Prapto, batu itu malah kena kepala Entin. Nah, harusan PalaEntin, cuma biar keren ya dibacanya Valentine."
Cerita ngawur Chanyeol bikin adek percaya. Buktinya, itu bocah ekspresinya fokus bener sampe ngga banyakan bacot.
"Tapi, si Jaman benelan suka sama istli kamu?"
Lah, dia malah ambyar ke pemisalan dari Cendol.
"Kan itu contohnya aja."
Dering ponsel bikin keduanya noleh barengan. Foto Jungoo kecil terpampang jelas di ponsel Chanyeol. Siapa lagi kalo bukan kontak Namjoon. Papa Namu hubungin Chanyeol buat nanyain gimana adek.
"Hawo papaaa~" nadanya ceria banget, terus malu-malu sendiri liat papanya yang luar biasa ganteng itu. Baju kaos hitam dimasukkin ke dalam celana, pakai kacamata, bisa ditebak pasti habis kelar berurusan. Makanya bisa ngabarin.
"Hey, ngga nyusahin abang kan?"
"Engga dong, malah dia yang nusahin aku!"
Chanyeol melotot tapi diem aja, menolak protes sebab dia tau, Namjoon pasti ngga beneran percaya sama omongan anaknya. Secara, single parent keren itu udah ngga asing lagi dengan pergelutan Jungoo sama Chanyeol.
"Udah yaa, nanti pulsa Cendol habis, kasian dia da tentu bisa beli pulsa."
"Sebentar. Mau nitip apa?"
Jungkook keliatan mikir, sampai diam beberapa puluh detik gitu. Kemudian memutuskan buat minta beliin makanan manis-manis.
"Oiya, istli mu kan lagi da ada. Mau layain palentin sama aku da?"
Chanyeol yang lagi gantiin baju Cici menoleh horor ke arah satu bocah tengil yang dengan santainya nyentil upil ke pojok dinding.
"OGAH. LO KENAPA DEH JUNG?" Serem sendiri liat Jungoo mendadak ajakin dia romantis-romantisan.
"Ih aku kenapa? Jual mahal banet, biasanya juga mau tuh."
"Engga ya, lo rayain aja sana ntar sama Taehyung."
Adek buka mulutnya, dari raut wajah sih, tuh bocah agak kaget karena lupa sama pangeran tampannya itu.
"Iya juga, ngapain aku ajak kamu ya?"
Chanyeol angkat bahu ngga peduli.
"Eh tapi, layain palentin itu boleh da pakai petasan."
"Mana ada, orang mah suasananya romantis. Lo pakai petasan mau rayain Valentine apa lebaran?"
"Petasan na aku taluh di pantat kamu, telus diledakkin."
"Si bocah!" Chanyeol lelepin kepala adek ke belahan sofa.
•••
Halo, pasti heran ya, kemarin aku sebetulnya sempat up bagian ini, tapi ngga bisa dibuka kan? Kenapa? Karena ku unpub, ada sesuatu yg bikin aku kurang nyaman. Kemarin itu sempat kasih pengumuman bahagia, dan seseorang seolah nyalahin aku. Yaudahlah. Semoga dia lebih dewasa lagi dalam menilai, menghargai pencapaian orang lain.
Ngga ngerti? HAHAHA ngga usah dipikirin. Intinya, aku balik, ngga jadi hiat sampai bulan Mei. Sampai jumpa di chapter selanjutnya. Btw, ku mau lanjut book edisi ramadhan Jungik.