Setelah menempuh perjalanan 30 menit menuju ke rumah mereka tanpa adanya obrolan sedikit pun. Akhirnya, mereka berdua pun sampai di rumah.
Salma langsung turun dari mobil suami nya. Dan rony pun menyusul istri nya dengan langkah yang cepat.
Tapi, saat mereka ingin masuk ke dalam rumah itu. Salma menemui mamah nya rony yang kini berdiri di ambang pintu mereka dengan senyuman.
Salma melihat mertua kesayangan nya itu datang secara tiba tiba. Ia langsung menghampiri dan memeluk mertua nya.
Pelukan itu sangat amat erat, membuat mamah nya rony bertanya kepada anak laki laki nya tanpa adanya suara hanya mengkode.
Dan rony pun menjawan dengan kode agar mamah nya membalas pelukan salma. "Dari kemana aja kalian heum?. Mamah nungguin kalian loh". Tanya mamah rony yang mencoba tidak kepo apa yang tlah terjadi di rumah tangga anak nya itu.
"Mah, nginep disini kan?. Aku mau di temanin mamah". Ucap manja salma yang berada di dekapan mertua nya itu.
Sedangkan mata mamah nya rony sudah tajam ke arah anak laki laki nya yang wajah nya sudah seperti merasa bersalah.
"Iya mamah kesini untuk nginep ko, mau nemenin menantu mamah ini". Salah satu keberuntungan bagi salma adalah memiliki mertua yang sangat amat menyangi nya.
Walaupun salma sedang berjarak dengan ibu kandung nya. Tapi, salma bisa merasakan kasih sayang seorang ibu dari mertua nya yang setiap hari menanyakan kabar salma VIA chat.
"Yaudah yuk kita masuk, mamah dari tadi nunggu disini loh". Salma pun melepaskan pelukan itu di ganti dengan merangkul mertua nya itu.
"Bawain koper mamah". Perintah mamah nya rony dengan anak nya itu dan ekspresi nya berubah menjadi datar. Karena, mamah rony merasa ada yang tidak beres di rumah tangga anak nya itu.
Sesuai permintaan salma. Mamah nya akan menginap di rumah anak nya itu. Dan salma langsung ke kamar untuk memindahkan sebagian baju nya dan alat makeup nya.
Rony melihat itupun panik, karena baju baju itu di pindahkan ke koper kecil dulu agar lebih mudah memindahkan nya.
Tapi, rony berpikir bahwa istri nya akan pergi meninggalkan nya.
"Hey, mau kemana heum?". Rony langsung memeluk istri nya dari belakang dan memberhentikan aktivitas istri nya yang sibuk memindahkan baju baju nya ke koper.
"Lepas". Ucap dingin salma.
"Jawab aku sayang, mau kemana?. Ko baju nya di masukin ke koper. Mamah lagi ada disini loh". Rony.
"Aku mau pindah kamar, biar tidur nya sama mama aja". Salma yang seperti nya membutuhkan waktu untuk berfikir dengan baik setelah melihat kejadian tadi di kantor.
"Kenapa harus pindahin barang barang segala. Ga usah, kan mau tidur aja disana". Rony.
"Mas, please biarin aku untuk lakuin yang buat aku nyaman setelah aku lihat suatu hal yang buat aku ga nyaman. Aku masih sama kamu disini, aku mau yakinin sama mamah aku. Bahwa kamu ga seperti apa yang mamah pikirkan. Walaupun, otak aku pun berfikir, apa kamu ga melakukan apa yang udah pikirkan tadi". Kini mereka sudah saling berhadapan.
Ronu bisa melihat wajah kecewa, kesal dan amarah yang terpendam di wajah cantik istri nya itu.
"Mas, bisa ga si ga usah bertingkah dulu?. Kita lagi yakinin mamah aku loh?. Atau kamu emang ga serius sama ucapan kamu untuk yakinin mamah aku?". Salma.
"Hey, ko ngomong gitu?. Aku kalau ga serius, aku ga akan mungkin lakuin ini semua buat kita ca. Aku ga mungkin berani nikahin kamu dalam keadaan kita belum dapet restu itu". Rony.
Salma pun duduk di pinggir kasur itu. Rasanya dirinya sudah prustasi untuk meyakinkan mamah nya itu.
Dan rony berjongkok di hadapan istri nya dengan wajah sedih rony. "Sayang". Panggil rony kepada istri nya yang sedang tertunduk lesuh dengan wajah sedih nya.
"Kamu ga percaya sama mas?. Demi Tuhan sayang, mas ga lakuin hal itu. Mas juga kaget sama tindakan dia yang secara tiba tiba. Mas juga baru kenal sama dia beberapa hari ini karena dia salah satu klien penting yang ada di proyek yang mas kerjain saat ini. Mas berani sumpah demi apapun ca. Mas ga pernah kaya gitu". Salma tetep terdiam dan wajah nya tak mau menatap wajah suami nya.
"Sayang". Rony mencoba membuat wajah istri nya itu mendongak ke arah nya. Tapi salma menolak nya, dengan cara ia berdiri dan meraih koper kecil yang sudah berisikan barang barang nya.
"Please, kali ini ngertiin aku mas. Aku cuma lagi cape aja sama keadaan yang gini gini aja. Aku cape". Ucap salma yang sudah membelakangi suami nya. Lalu, setelah sudah bicara seperti itu. Salma langsung keluar dari kamar nya itu untuk pindah ke kamar tamu dan tidur bersama mertua nya.
....
"Ada apa kamu sama istri mu bang?". Tanya mamah nya rony ketika rony berada di ruang kerja nya. Sedangkan salma sedang sibuk memasak untuk mereka makan malam.
Saat mamah nya rony ingin membatu menantu nya untuk masak. Tapi salma menolak nya, karena salma tidak mau membuat mertua nya malah kecapean di rumah nya itu.
"Eh mah, duduk sini". Rony sedikit terkejut dengan kedatangan mamah nya. Karena saat itu, rony sedikit bengong.
Mamah nya pun duduk di sebalah anak laki laki nya yang seperti nya sedang mengalami masalah yang rumit. "Ada apa?". Tanya mamah nya dengan lembut.
Dan rony malah menidurkan kepala nya di atas paha mamah nya dan tentu saja, mamah nya menyambut nya dengan hangat sambil mengelus rambut anak nya itu.
"Salma salah paham mah sama rony". Rony.
"Ko bisa?. Emang nya abang abis buat apa, sampai istri kanu salah paham sama kamu". Tanya mamah nya.
"Mah, abang sayang sama istri abang. Abang ga mungkin hiyanatin caca. Abang ga pernah sekalipun berfikir tentang hal yang buat hancurin rumah impian abang itu. Mamah percaya kan sama abang?". Rony saat ini benar benar seperti anak kecil yang sedang curhat dengan sosok ibu nya.
Sedangkan mamah nya, sudah tau akar permasalahan rumah tangga anak nya itu saat ini.
"Abang, mamah gamau ikut campur urusan rumah tangga abang. Karena, itu dapur rumah kalian. Tapi, mamah akan mencoba mengarahkan. Entah itu di terima dengan baik atau hanya sebuah opsi. Abang udah tau dari awal kan, kalau abang menikahi perempuan dengan notaben nya orang tua pihak perempuan nya itu tidak menyukai pernikahan kalian?". Tanya mamah nya rony, membuat rony membenarkan posisi nya menjadi duduk dan berhadapan dengan mamah nya untuk menyimak semuah perkataan mamah nya.
"Tuhan itu adil nak. Tuhan memberikan kebahagian, tapi akan terselip juga satu masalah yang buat kebahagian itu tertunda. Salah satu nya, kebahagian kamu yang berhasil mendapatkan salma tapi kamu tidak berhasil mendapatkan restu dari mamah nya. Saat kamu mengambilnya tanpa adanya izin yang resmi dari pemilik sebelumnya nya, berarti kamu siap dengan apa yang terjadi nanti nya. Salah satu nya permasalahan yang sedang abang alami saat ini. Kunci nya, cuma sabar dan ikhlas bang. Mungkin, di Agama yang abang peluk saat ini mengajarkan juga sebuah keistimewaan sabar, dan abang bisa lakuin itu dengan cara Nya bang. Tuhan hanya mau melihat seberapa usaha abang untuk mendapatkan semua itu dengan utuh". Rony tak pernah salah jika ia bercerita dengan mamah tercinta nya.
Mamah nya yang selalu tau keadaan rony seperti apa. Dan memberikan petuah yang membuat rony awalnya buntu dan tak semangat lagi, kini dirinya bangkit karena kata kara mamah nya yang begitu bijak.
"Mah, doain abang ya. Semoga abang bisa mendapatkan itu semua di waktu yang cepat. Jujur abang udah cape, abang pengin hidup yang tenang bersama istri abang. Beban ini cukup berat buat abang mah". Rony.
"Doa mamah selalu menghajar langit nak untuk anak anak mamah tanpa di pintaa sekalipun, doa mamah selalu melaju cepat ke langit". Mamah rony pun memeluk putra nya yang masih saja seperti yang dulu.
Selalu menjadikan mamah nya tempat sandaran yang tepat. Karena, mamah nya selalu paham keadaan rony tanpa menghakimi siapapun.
Singkat cerita, mereka bertiga pun sudah berada di meja makan. Makanan yang sudah salma buat itu sudah tersaji rapi di atas meja makan.
"Mah, mau makan pakai apa?. Ada ayam goreng, soto surabaya, ikan balado sama tempe tahu. Atau mau semua nya?". Salma yang ramah dengan mertua tercinta nya.
"Mamah pengin soto buatan kamu aja dulu sayang. Kayanya enak banget". Mamah nya rony dengan excted untuk mencoba masakan menantu nya itu.
"Mamah harus coba soto buatan istri nya abang. Enakkk banget, iya kan sayang?". Rony tiba tiba nyaut sambil tangan kanan nya terulur untuk memegang punggung istri nya itu.
Tapi, salma menepis nya membuat rony sedikit kecewa. "Nih mah, selamat makan". Sambil menaruh makanan itu di hadapan mertua nya tanpa menggubris ucapan suami nya yang sedang memuji nya.
Sedangkan rony?. Dirinya sama sekali tidak mengambil makanan istri nya itu karena sedang menunggu salma juga menyendokan makanan nya ke piring rony.
Tapi, salma malah langsung menyantap makanan nya sendiri tanpa melihat suami nya yang sedang menunggu di layani makan seperti sebelum sebelum nya.
Mamah nya rony pun mengkode ke anak nya itu agar mengambil makan sendiri dan biarkan istri nya itu memperlihatkan rasa kecewa nya itu.
Setelah makan malam selesai, mamah nya rony lagi dan lagi tidak boleh menyentuh untuk bersih bersih.
Salma bahkan menyuruh mertua nya itu untuk langsung istirahat saja. Dan salma sebelum istirahat, dirinya membersihkan dapur terlebih dahulu.
Rony yang baru kelar makan, ia pun membawa piring kotor nya ke wastafel. Niat rony, dirinya ingin mencuci sendiri dan membantu istri nya itu beres beres, tapi salma menolak nya.
"Sini piring nya, biar aku aja yang nyuciin sekalian". Ucap dingin salma. Dan rony hanya tersenyum kecut saat istri nya masih saja menjaga jarak.
"Kamu aja sana yang istirahat, kan tadi udah masak. Berarti aku aja yang beresin ini". Rony.
"Ga perlu, aku masih bisa sendiri". Larang salma kembali, tapi rony tetap melakukan itu. Dirinya mengelap meja meja yang ada disana, dan sedangkan salma yang sedang malas untuk berdebat, ia membiarkan suami nya untuk membantu nya.
Setelah semua nya sudah selesai, mereka sama sekali tak ada pembicaraan sedikit pun.
Sampai akhirnya, rony memegang lembut tangan istri nya. "Ikut aku dulu yuk". Ajak rony.
"Aku mau tidur sama mama". Tegas salma.
"Iyah tau sayang, tapi mas mau bicara dulu sama kamu. Mas izinin ko kamu tidur sama mamah, tapi please kita perlu ngomong". Rony yang sudah tak tahan, seperti menjadi asing dengan istri nya sendiri membuat rony memaksa kehendak nya.
Salma pun dengan malas nya, hanya menganggukan kepala nya saja dan mengiyakan permintaan suami nya.
Rony mengajak salma ke ruang TV. Duduk di sofa empuk itu.
Awalnya salma menolak saat suami nya menyandarkan punggung salma bersandar pada dirinya rony dan rony melingkar kan kedua tangan nya di pinggang istri nya. Membuat, salma hanya pasrah karena percuma menolak, suami nya sudah memeluk nya dengan erat.
Dan dagu laki laki itupun bertopang di bahu salma. "Cepet ngomong, aku udah ngantuk ". Padahal, salma belum mengantuk dan posisi saat ini bersandar di bahu suami nya itu, membuat salmq sangat amat nyaman.
"Mau sampai kapan kaya gini heum?. Mas udah jelasin, mas ga lakuin apapun sama perempuan itu sayang. Mas ga pernah sedikit pun ada di benak mas mau selingkuh atapun main belakang sama kamu. Karena, buat aku kamu itu lebih cukup dari apa yang Udah Allah kasih ke aku". Rony semakin mengeratkan pelukan itu. Rasanya, dirinya sangat rindu dengan istri nya yang belum 24 jam itu sedang marah dengan nya.
"Tapi mas ga pernah bilang, kalau klien mas modelan nya kaya gitu". Kesal salma.
"Mas ga bilang sama kamu, karena mas dari kemarin sibuk kan?. Kita kalau ketemu aja malem, dan itupun kamu selalu tidur duluan sayang". Rony.
"Mas, jangan persulit lagi jalan kita buat menuju restu mamah aku. Aku udah pengin dapetin restu itu. Jujur, bagi aku itu semua itu kaya beban terberat aku mas". Salma dengan nada bergetar nya.
"Mas juga gamau kaya tadi sayang. Mamah salah paham sama aku, padahal aku ga pernah lakuin hal hal seperti itu. Aku udah berusaha nolak, tapi perempuan itu terus deketin aku. Aku juga sedih, semua nya makin sulit untuk aku yakinin mamah kamu kalau aku layak untuk kamu. Sayang, di bilang cape mas juga cape. Capeee banget, setiap hari harus muter otak gimana cara nya aku bisa yakinin mamah kamu. Aku sedih ca, nikahin seorang anak perempuan disaat aku belum dapet restu itu. Tapi, disisi lain akupun ga ikhlas kalau aku harus kehilangan kamu". Rony.
Salma benar benar terdiam, tanpa dirinya menarik sedikit tangan suami nya agar lebih mengeratkan pelukan itu dan rony peka akan hal itu, membuat rony mengeratkan pelukan nya.
Rasanya, rasa penat rony hari itu hilang seketika saat dirinya memeluk dunia nya. "Jangan diemin aku sayang, mas minta maaf. Maafin mas yang buat kamu makin sulit juga untuk yakinin mamah kamu". Rony menciumin bahu istri nya berulang kali.
"Mas, aku boleh minta satu hal?". Salma.
"Apa sayang?. InsyaAllah mas turutin, asalkan itu bisa buat kamu percaya lagi sama aku". Rony.
"Tinggalin proyek itu. Aku gamau kejadian ini terulang lagi mas. Cukup hari ini kejadian itu ada". Tegas salma.
Sedangkan rony tampak mikir. Karena, projek ini sangat amat penting bagi rony dan perusahaan nya yang sudah di idam idamkan sejak lama. Dan ketika perusahaan itu berhasil, perusahaan rony akan naik tingkat di mata ASIA.
Sebenarnya rony pun tak keberatan jika proyek itu gagal. Tapi, rony juga tidak bisa semena mena nya melakukan hal itu karena keputusan ada di tangan papah nya rony sebagai CEO utama yang ada di perusahaan nya.
Salma yang tak kunjung mendapatkan jawaban dari suami nya atas permintaan nya itu. Salma pun langsung berdiri.
"Aku ga maksa kamu untuk nurutin keinginan aku karena aku tau, itu hal yang egois mas. Tapi, itu terserah kamu dan aku harap, apa yang aku takutin itu ga akan terulang lagi". Salma dengan nada tegas nya dan rony meraih tangan salma.
"Aku garus bicara dulu sama papah sayang. Karena, proyek ini keputusan nya semua nya ada di tangan papah. Aku ga bisa lakuin apa apa". Rony mencoba membuat istri nya mengerti.
"Ga usah di paksa mas kalau emang ga bisa. Aku paham dan tolong lepasin tangan aku, aku mau istirahat sama mamah". Salma.
"Jangan ngambek, pasti aku usahain yang terbaik sayang". Rony.
"Mas, lepasin". Salma dengan nada datar nya.
Sebelum rony melepaskan tangan istri nya. Rony berdiri juga dan memeluk istri nya kembali dengan erat. "Mas dari dulu sampai saat ini selalu memperjuangkan apa yang caca mau kan?. Walaupun, harus nunggu sedikit lama. Tapi, caca mau kan kali ini nungguin mas?. Mas akan usahakan yang terbaik ca. Tapi, tolong jangan giniin mas. Mas ga bisa di diemin sama kamu sayang". Suara rony terdengar begitu lirih seperti laki laki itu sudah sangat lelah dengan permasalahan yang ada.
"Yaudah istirahat ya, jangan bergadang, langsung tidur. Kalau ga bisa tidur bareng mamah, pindah aja ke kamar. Pintu nya ga mas kunci". Yang rony harapkan istri nya akan pindah tengah malam dan tidur bersama nya.
Rony melepaskan pelukan itu, dan salma tanpa banyak bicara apapun. Ia pun melepaskan pelukan itu dan langsung berlari ke kamar mamah nya.