Ruang Musik

By 6daylight

48.1K 6.5K 2.7K

This story was inspired by day6wargalokal, terinspirasi dari khasanah kelokalan mereka yang ternyata emang lo... More

1 | Knock Knock
2 | Kantin Kampus Kita
3 | Rumor, Bukan Rumornya Butiran Debu
4 | Tragedi Kopi
5 | Beneran FKY
6 | SAVEWaksa Mission
Special Episode | Senyuman Bidadari
7 | Kosan Salah Jurusan
8 | Sebaris Puisi Untuk...
9 | Piknik Panik
11 | Past and Present
Final Chapter | Dear My Friends
Ru(i)ning Text

10 | Radio Ramadhan

2.1K 322 238
By 6daylight

P : Penyiar
J, S, B, W, D : nama personil Enam Hari, pasti udah pada tau jd g perlu dijabarin satu-satu =)
EH- gak usah dilanjutin pake 'Kog gitu sih' : Enam Hari

***RUANG MUSIK***


P : Kembali lagi bersama Tata Tratatata di "Korek Kuping-Koleksi & Rekomendasi Kupunya Lagu yang Lagi Happening" Edisi Ramadhan. Sesuai janji Tata diawal tadi ya, malem ini kita kedatangan tamu yang lagi happening banget, siapakah gerangan? apakah Korek Kuping juga akan diguncang malam ini? Jeng jeng jeng....

EH : Selamat malam... Kami dari ENAM HARI!

P : Wah, selamat datang di Korek Kuping!

Semuanya tepuk tangan. Prok-prok-prok, dibantu ya.

P : Kenalan dulu yuk sama personil Enam Hari, coba dari mas-nya yang paling pinggir. Demen banget mojok, jangan-jangan sering mlipir tidur di kelas ya? Tau aja tempat yang pewe!

Oknum yang ditunjuk hanya mesam-mesem pamer gigi rapinya.

J : Hallow hallow, Gue Jav. Gitaris paling ganteng kalo disuruh speak English tapi paling bego kalo disuruh ngomong sesuai KBBI

S : Malem semua. Saya Surya. Gitaris sekaligus leader di Enam Hari. Gak usah panjang-panjang ya, kan bukan kultum.

B : Hi, Gue Brian. Pegang bass, rapp dan vokal. Sama pegangin hatimu biar gak kemana-mana.

W : Saya R. Pragiwaksa, keyboardist Enam Hari. Inisial 'R' di depan nama saya bukan singkatan dari Raden ya, saya bukan keturunan ningrat. Cuma mau nunjukkin aja kalo saya gak cadel.

D : Halo semua. Saya Dewa, drummer kebanggaan mamah. Dadah. Belum boleh pake Muach kata mamah.

Setelah meredam tawa, Tata melanjutkan percakapannya dengan Enam Hari

P : Pas banget Enam Hari mampir kesini pas bulan Ramadhan, terus kegiatan Enam Hari apa nih kalo puasa gini?

S : Kayak biasanya sih, pagi masih ngampus, sore ngajar ngaji, malem tarawih habis itu tadarusan, paginya bangunin sahur warga.

EH-S : Mainstream!

P : Coba nih yang puasanya gak mainstream kek mana?

B :  Gue lagi ikutan komunitas jelajah masjid nih, tarawih dari masjid satu ke masjid lainnya.

W : Maksudnya ngecek ta'jil dari masjid satu ke masjid satunya kalik?

Tersangkanya cuma nyengir begitu modusnya ketauan.

P : Kalo Waksa ngapain, Sa?

W : Jaga dapur. Nyonya rumah lagi demen banget eksperimen di dapur. Tugas gue jagain dapur biar gak meledak sama jadi juru icip-icip.

P : Lah kalo puasa gini terus nyicipnya gimana?

W : Ya gak gimana-gimana. Pake ujung lidah lah, kalo khilaf ya ketelen dikit.

P : Yahhhh sudahlah.... Kalo Jav?

S : Mantengin iklan sirop sama iklan sarung di depan tipi.

J : Sembarangan aja nih Bapak, kegiatan gue lebih berfaedah ya. Ramadhan gue tuh nungguin Brian kasi info masjid mana yang menu ta'jilnya hari ini paling enak, sambil gue ibadah siang-siang (Baca : bobok ciang).

D : Masjid mana yang paling ok, Bang?

J : So far sih yang paling the best masih Maskam (Masjid Kampus) ya, ada nasi lemak segala, tar gue WA-in jadwal konsumsi ta'jilnya yes.

P : Bagi Tata juga donk! *sambil bisik-bisik di mic*

P : Lanjut. Kalo Dewa ngapain aja nih Ramadhan kali ini?

D : Dewa gak ngapa-ngapain. Paling bantuin mamah bikin kolak.

P : Duh suaranya berat ya, bawa barbel ya Wa di tenggorokannya?

D : Alhamdulillah, kemarin sempet dititipin setum juga mbak.

P : Hahahaha jangan gemes-gemes nanti pulangnya diculik loh. Kalo ngeband puasa-puasa gini masih jalan terus atau dipending dulu nih?

S : Ngeband tetep jalan terus sih, tergantung nanti kalau ada lampu merah ya berhenti.

P : Puasa emang bikin garing ya. Anyway, kenapa namanya Enam Hari sih?

J : Soalnya kalo tujuh hari namanya Seminggu. Nah kalo Sewindu, itu lagunya Tulus.

S : Mohon maaf ya, personil yang satu ini emang lagi kurang sajen. Nama Enam Hari itu awal mulanya dari... mana-mana, kemudian kami merumuskan pakai nama Enam Hari aja. Gitu ceritanya..

P : Hmmm gitarisnya Enam Hari kebanyakan genjrengan jadi rada geser kayaknya. Yang lain ada yang bersedia cerita? Waksa mungkin?

W : Seperti kata Bang Surya tadi, kita awalnya dari mana-mana. Kita janjian dari hari Senin-Sabtu tapi gak bisa ngumpul juga. Nah pas hari ke tujuh baru deh kita bisa kumpul. Pas itu Bang Surya murka terus bilang "ENAM HARI GUE NUNGGUIN KABAR DARI KALIAN TAPI GAK ADA KEPASTIAN" nah mulai saat itu tercetuslah nama ENAM HARI.

P : Bang Toyib donk intinya. Enam hari gak pulang-pulang

EH : Betoooolll

P : Ngomongin soal nama kalian yang unik. Tata juga penasaran sama Jav yang punya nama lengkap Javaries Septario. Nama kamu unik banget ya, bisa ceritain gak?

W : Panggilnya Jape aja mbak, gede kepala tar dia kalo dipanggil pake nama bagus-bagus

J : Yee...yang ditanya siapa yang nyaut siapa. Ehem... gini nih ceritanya. Suatu hari di Negara Air yang aman tentram dan damai, tiba-tiba negara Api menyerang.

P : Mas mas... itu bukannya avatar ya?

J : Dengerin dulu makanya mbak. Lanjut gak nih?

P : Sok dilanjutken Mas Aang.

J : Setelah Negara Api menyerang, bokap gue yang orang negara Air mengungsi ke Negara Tanah dan menetap di sini.

P : Terus?

J : Bokap gue 'jatuh cinta' literally sama pulau Jawa ini dan sama salah seorang bidadari penunggunya. Kemudian lahirlah gue di Argentina dan gue dibesarin di California. Gak nyambung kan? emang gitu ceritanya.

P : Jadi karena Ayahanda yang suka banget sama pulau Jawa makanya dinamain Java ya?

J : Bokap gue manggil gue Java biar keingetan terus kalo pernah tinggal disini. Kalo nyokap manggilnya 'le' secara nyokap orang pribumi asli. Tapi nama gue yang bagus ini diplesetin sama teman-teman jahanam gue disini jadi Jape, maka sekarang gue lebih famous as Jape.

P : Warbyasak emang Enam Hari ini. Terus terbentuk sebagai band gini awal mulanya gimana? kalian satu kampus kan ya?

B : Iya kami semua satu kampus tapi beda jurusan semua. Saya narik jurusan AKAP yang lain masih dalam kota aja.

P : Waduh, ini uber apa transjogja, Mas?

B : Hahahaha canda doank. Yang satu fakultas disini cuma Surya sama Dewa (Teknika! Jaya!-yang teriak Jape, anak mana sih lo, Pe?) Lainnya nyebar dari ujung kulon sampe rawa bangke.

P : Para pejuang LDR nih ya? Jauh amat.

S : Emang gitu mbak si Brian kalo udah malem jadi lebay.

P : Hahaha, asal gak jablay, dimaafkan kalo disini. Lanjut mas Bri!

B : Ok. Yang duluan ketemu, saya sama Surya, satu angkatan, sama-sama korban ospek univ. Terus ketemu Waksa yang masuk ditahun berikutnya. Kami yang ngospekin.

P : Waksa gimana rasanya diospekin sama kakak-kakak ini?

W : Hahahaha, dijamin kapok sih mbak.

P : Kenapa? Pada galak ya?

W : Malu-maluin jatohnya. Pas bikin bentuk lambang ASEAN di GSP, masa mereka heboh joget-joget sendiri sambil bawa-bawa bendera.

S : Plis, Sa. Jangan dibahas disini juga kali.

P : Gapapa kali Mas Surya. Siapa tau ada videonya terus bisa kita liat, biar Enam Hari makin pemes.

D : famous mbak, pemes mah yang buat popok bayi itu.

All : Pempers!

P : Duh, cape ketawa ya ngobrol sama Enam Hari. Sampe mana tadi? Lanjut, mas Bri..

B : Mbak Tratata ketawa mulu nih, jadi lupa kan. Siapa yang belum ketemu hayo ngacung?!

W : Dewa tuh belom

B : Oh, Dewa. Dewa juga korban ospek sih. Pada ngira Waksa ngospekin Dewa kan? salah besar. Dewa dibantai Surya pas makrab Fakultas. Dia sampe nangis, terus berhenti habis nonton topeng monyet sama Surya, terus ketauan deh bakat terpendamnya pas dia heboh pingin ngiringin topeng monyetnya. Monyetnya aja sampe speechless.

D : Duh Bang, kudu banget diekspose bagian nangisnya?

P : Hahahaha, Mas Surya galak ya? Keliatan kog. Piss mas jangan dipelototin ya. v^^

W : Surya kan GGS mbak

P : Apa tuh?

W : Galak-Galak Sadis

Surya yang mulai gondok sampe kipas-kipas kepanasan. Yang sabar ya Sur, ini ujian.

P : Lanjut deh. Kayaknya ada yang ketinggalan satu?

B : Oh Jape? tauk deh dia nemu dimana, tau-tau udah nongol aja kaya kedelai di-air-in.

P : Terus kenapa bisa jadi band?

S : Karena kami satu visi misi. Kami cuma ingin main musik aja, syukur-syukur musik kami bisa menghibur orang lain.

P : Akhirnya ada jawaban yang 'genah'. Oke deh mumpung lagi pada di jalan yang benar. Boleh donk dengerin suara merdunya Mas-mas Enam Hari. Mau mainin lagu apa malam hari ini?

B : Mumpung lagi bulan Ramadhan, kami bawakan lagu religi dari Bang Ed yang berjudul Wujudmu.

P : Hah?

J : Shape of you - Ed Sheeran

P : Sebelah mana religinya?

S : Lirik di verse pertama. The club isn't best place to find a lover. Kalo mau menemukan jodoh yang baik, temukanlah di tempat baik, contohnya masjid. Itu pesan religinya.

P : Terserah abang. Oke listeners, kita sambut Enam Hari dengen Shape of You. Selamat mendengarkan.

P : Waaahhhh gilaaa ya. Selama Enam Hari tampil, kolom pesan kita dibombardir message dari listeners. Coba kita bacain satu-satu ya.

dari 0888xxxyyyzz
"Kyaaa Enam Hari di Korek Kuping! mau donk dikorekin kupingnya sama Enam Hari"

dari 0815qqqwwwee
"Suaranya Enam Hari emang gak diragukan lagi. Cemilannya CD pasti nih"

S : kita belum sampe ke tahap debus kog. Camilan kita tiap hari masih seputar mahe sama lidi-lidian.

dari 0899rrrtttyy
"To Bang Surya. Tolong segera acc proposalku TT-TT"

S : Waduh Proposal yang mana nih? Selain proposal ta'aruf udah saya acc semua perasaan.

dari 0857cccvvvbb
"To Javaris. Saya tunggu revisi Bab II besok pagi di meja saya"

B : mpozz lo

dari 0813ggghhhjjjj
"To Waksa, pulangnya nitip martabak greentea ya, Ay"

J : hayoloh

dari 0822hhhjjjkk
"To Mas Bri. Ngutang paket data dulu bisa donk, Bri"

B : Itu lo kan Jap?

dari rumah
"Buat Dewa. Mamah ke tempat Budhe ya, dek. Kunci mamah taro di bawah keset. Jangan lupa sopnya diangetin. Ingetin Brian juga biar angkatin jemuran dulu"

P : Oke. tampaknya kolom pesan kita udah mulai gak sehat. Jadi kita lanjut ke sesi kita selanjutnya aja ya. Sesi 'Congek- Cocok Enggak Kita Cek'.

EH : Horeee!!!

P : Oke, disegmen Congek kita kali ini, kita bakal main tunjuk tangan. Tata akan bacakan pertanyaannya kemudian Enam Hari tunjuk ke orang yang paling sesuai dengan statement tersebut. Paham?

D : Nunjuknya pake apa mbak?

P : Dewa coba jari telunjuknya mana?

D : Disembunyiin Waksa, Mbak.

P : Coba kamu pinjem punya Jav deh, punya dia telunjuk semua tuh!

Dewa cuma nyengir

P : Oke. Pertanyaan pertama : Siapa yang paling jarang mandi?

Tiga orang nunjuk ke Brian, dua orang nunjuk ke Waksa.

P : Antara Brian dan Waksa nih. Kenapa pada jarang mandi? Btw, udah pada mandi kan sebelum kesini?

B : Udah ya mbak, tadi pagi.

W : Kita tuh sebenernya bukan jarang mandi, kita tuh ikut prihatin sama yang pada sulit air disana, makanya kita ikut gerakan save water gitu.

Brian sama Waksa tos-tosan.

S : Contoh perbuatan mulia yang tidak pada tempatnya.

P : Oke lanjoot. Pertanyaan kedua : Siapa personil yang paling gak bisa diem di atas panggung?

Semua nunjuk ke Brian.

B : Gak asik ah lo pada

W : Yang suka kesurupan ditengah-tengah manggung cuma Brian, yang lain kesambetnya kalo Maghrib doank. Kalo Bang Surya musiman, kalo lagi ada dangdutan aja.

P : Keliatan sih banyak gaya ni orang, suka dangak-dangak lah, berantakin rambut lah, main bass sambil joging-

B : Makasi lo mbak udah perhatian banget

Mbaknya tengsin

P : Lanjut. Pertanyaan ketiga : Siapa personil yang lebih serem daripada emak-emak pake daster naik matik di tengah jalan pasang sen ke kanan tapi beloknya ke kiri?

J : Kayaknya kita gak usah vote. Biarin yang ngerasa ngaku sendiri deh.

Mau gak mau Surya kemudian ngacung.

P : Yokshi. Mas Imam kita bersama, yang tadi ngimamin sholat Maghrib merdu banget. Ada pembelaan, Mas?

S : Saya tuh gak galak, cuma kelewat tegas, kelebihan disiplin, sama stok sabarnya kurang. Aslinya saya ramah kog.

J : Kotak tertawanya ilang, makanya jadi spaneng kaya gini. Coba Surya mana senyumnya.

J : Tuh kan, apa gue bilang.

P : Beneran spaneng. Ok. Pertanyaan berikutnya : Siapa personil yang paling pelor dan ilernya paling banyak? Hayo ngaku!

Semua nunjuk ke Jape

J : Lah kog gue?

W : Yang jelek-jelek udah pasti lo, Pe.

B : Ada banyak tuh foto lo tidur sambil nganga di mobil. Perlu dibongkar satu-satu?

P : Oke sebelum aib terbongkar kita next aja ya. Pertanyaan kesekian dan terimakasih : Siapa member yang paling beda pas bangun pagi?

Empat orang nunjuk ke Waksa, yang satu nunjuk diri sendiri.

S : Waksa kalo bangun langsung brewokan kaya Ridho Rhoma, makanya gak bisa lepas dari alat shaving dia.

P : Ih wow, mau donk liat Waksa brewokan. Kalo yang nunjuk diri sendiri gimana tuh?

J : Saya kalo bangun jadi pangeran tamvan mbak.

W : Iya. kalo siangan dikit dia jadi Beast soalnya.

P : Okaay. Habis sudah pertanyaan untuk sesi Congek kita hari ini. Kita jadi lebih kenal sama Enam Hari ya, tapi kog Dewa gak kena mulu sih. Kudu ada pertanyaan tambahan khusus buat Dewa kayaknya. Apa nih? Ada saran?

S : Member terlugu?

B : Itu mah Waksa. Lugu-lucu tur gumunan.

P : Owh ini nih. Pasti jawabannya Dewa! Yok semuanya disiapkan telunjuknya. Siapa member yang paling muda? 1!2!3!

EH-D+P (Udah kaya rumus fisika aja) : DEWA!!!

Dewa bertepuk tangan heboh kemudian dengan bangganya mempresentasikan diri berasa habis dapet award.

D : Terimakasih semuanya untuk kesempatan yang diberikan, pertama-tama Dewa mau ngucapin terimakasih untuk papah-mamah di rumah, buat Abang-abang Enam Hari, dan tentunya buat Tuhan YME. God, You know me so well!!!

P : Finally kita sampe dipenghujung acara. Kita bungkus deh acara Korek Kuping kita minggu ini. Buat Enam Hari, terimakardus untuk kedatangannya ya, lain kali mampir lagi ya gaes!

EH : Asal konsumsinya cocok, kita pasti mampir lagi.

P : Ok lagu penutup sekaligus sebagai salam perpisahan kita malam ini. Enam Hari akan membawakan satu lagu spesial untuk kalian, Salam Alaikum accoustic version by Enam Hari. Selamat menikmati. See u next week and byeee!!! 


***RUANG MUSIK***


Happy fasting to everyone. Biar telat asal ngucapin, masih puasa inih..
Maap-maap ye kalo selama ini banyak salah kata ato bikin jantungan.. Sabar-sabarin aja ya..

Sebenarnya ini draff lama yang g berniat untuk di-publish karena kudu revisi total(senasib sm Jape). Susah banget bikin radio2an T0T Maapin kejayusanku ya man teman..

FYI, mungkin setelah ini Ruang Musik gak bisa regularly update setiap weekend, tapi kami tetep berusaha kasih yg terbaik buat yang sudah mau baca dan vote. Thank u all untuk supportnya 😘😘😘

Continue Reading

You'll Also Like

ALZELVIN By Diazepam

General Fiction

11.7M 591K 54
"Sekalipun hamil anak gue, lo pikir gue bakal peduli?" Ucapan terakhir sebelum cowok brengsek itu pergi. Gadis sebatang kara itu pun akhirnya berj...
55.9K 804 62
gadis berprestasi sekaligus kesayangan guru dan terkenal se seantero SMA Cakrawala dijodohkan dgn seorang badboy, sekaligus most wanted SMA cakrawal...
484K 48.4K 57
Why do people get married? Atau .... Why did she want to marry him? Maula bahkan harusnya ngerasa trauma kan? Dia udah dua kali loh menghadiri acara...
288K 18.6K 36
Ngga pinter bikin deskripsi,kalau penasaran baca aja jangan lupa kalau suka tinggal jejak ya. Update sesuai. mood aja, alur gue ngga tau nyambung apa...