Kumpulan Materi Kepenulisan

By Inthe_Micasa

53K 3.5K 114

This is a lesson from mi casa class. We learn and will never stop. We hope you enjoy this way of learning. ... More

OPENING
👩‍🏫DIALOG TAG
👩‍🏫PREMIS
👩‍🏫ALUR & PLOT
👩‍🏫GENRE
👩‍🏫SUB-GENRE
👩‍🏫SHOW AND TELL
👩‍🏫TOKOH
👩‍🏫SUDUT PANDANG (POV)
👩‍🏫HURUF KAPITAL
👩‍🏫BOLD, ELIPSIS, KOMA.
👩‍🏫TANDA BACA
👩‍🏫TANDA ELIPSIS & DASH
👩‍🏫PENULISAN SESUAI EYD
👩‍🏫DIFTONG & KONSONAN
👩‍🏫EYD?
👩‍🏫HOW TO MAKE...
👩‍🏫HOOKING & HANGER
👩‍🏫PENULIS VS PEMBACA
👩‍🏫WORLD BUILDING
👩‍🏫HOW & TIPS
👩‍🏫KARAKTER & KONFLIK
👩‍🏫PUEBI & KBBI
👩‍🏫BAB & DEADLINE
👩‍🏫DESKRIPSI & DIKSI
👩‍🏫COVER & DESKRIPSI pt.2
👩‍🏫BIOMA GENRE FANTASI
👩‍🏫MEREVISI NASKAH
👩‍🏫GOOD NARASI?
👩‍🏫PUISI
👩‍🏫FIGHT SCENE
👩‍🏫CHARACTER ART & FILTER WORDS
👩‍🏫CERPEN
👩‍🏫BLURB
👩‍🏫MAJAS
👩‍🏫KIASAN
👩‍🏫PANTUN
👩‍🏫CERMIN
👩‍🏫PISAH/GABUNG?
👩‍🏫ANGKA?
👩‍🏫KONJUNGSI
👩‍🏫PENULIS ITU...
👩‍🏫TEKNIK PENOKOHAN
👩‍🏫MENENTUKAN JUDUL
👩‍🏫MENENTUKAN NAMA
👩‍🏫PROLOG vs EPILOG
👩‍🏫KATA BAKU vs TIDAK BAKU
👩‍🏫COVER WATTPAD & JENISNYA
👩‍🏫FIKSI VS NON-FIKSI
👩‍🏫COPYRIGHT?!😣
👩‍🏫CARA BIKIN NARASI
👩‍🏫DIKSI ANTI MAINSTREAM!
👩‍🏫TIPS DARI NOVELIS TERKENAL
👩‍🏫TIPS DARI KAK CECIL WNG
👩‍🏫KAK BELLA BERBAGI TIPS!
👩‍🏫SINOPSIS
👩‍🏫SISI GELAP WATTPAD!🌚
👩‍🏫SISI GELAP, KURANG/LEBIH WATTPAD
👩‍🏫QNA BARENG OM WIWIEN
👩‍🏫KATA DEPAN, KATA GANTI, PARTIKEL, KATA SERAPAN
👩‍🏫CARA-CARA MENJADI PENULIS YANG BAIK!
👩‍🏫CIRI KARAKTER MEMBOSANKAN
👩‍🏫SEDIKIT KALIMAT MENAMPAR
👩‍🏫KESALAHAN PENULIS PEMULA!
👩‍🏫KETENTUAN MENULIS CERITA
👩‍🏫RAMUAN DASAR PENULIS
👩‍🏫HAL YANG MEMBUAT PENULIS SEDIH
👩‍🏫SEDIKIT GEBRAKAN SEMANGAT!
👩‍🏫PEDOMAN MENULIS DIALOG
👩‍🏫CARA MEMULAI MENULIS CERITA AGAR MENARIK PEMBACA
👩‍🏫TIPS MANIS AGAR KONSISTEN MENULIS
👩‍🏫5 CARA MEMBUAT KONFLIK YANG MENARIK DALAM CERITA
👩‍🏫3 LANGKAH MEMBUNGKUS CERITA DENGAN ENDING TERBUKA
👩‍🏫KESALAHAN YANG SERING TERJADI PADA PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA
👩‍🏫LITERASI ADALAH ....
👩‍🏫GRAPHICS : PENGERTIAN
👩‍🏫CARA MEMBUAT CERITA INSPIRATIF
👩‍🏫MATERI RANDOM
👩‍🏫CERITA MOTIVASI JK. ROWLING
👩‍🏫Question : Cara membuat pembaca hanyut dalam cerita kita
👩‍🏫KERANGKA ALUR CERITA
👩‍🏫JENIS-JENIS FONT
👩‍🏫KISAH ERNEST HEMINGWAY

👩‍🏫QNA PENULIS

221 16 0
By Inthe_Micasa

©MI CASA

🌙Materi kali ini berisikan QnA seputar kepenulisan yang udah kita rangkum, ya. Silakan cermati bersama.

Pertanyaan dari mana? Dari para penulis, tentu saja.

Jawabannya siapa yang jawab? Perpaduan antara aku, Nara dan beberapa penulis ternama.

📌Cara membuat menciptakan Plot Romance yang kuat?

Jawab :

Coba Metode Three Act Paradigm.

Genre romance membutuhkan plot yang kuat agar cerita yang disampaikan bisa membekas bagi pembaca. Plot romance harus bisa menarik perhatian pembaca secara emosional. Sehingga metode yang paling tepat untuk menulis cerita tersebut adalah metode three act paradigm. Untuk menghubungkan antar plot memang cukup sulit, terutama pada plot romance. Karena harus memastikan bagaimana romansa dibangun dan diselesaikan secara logis.

Tuangkan konflik antara tokoh tersebut pada bagian perkenalan ini. Baik itu konflik internal, eksternal maupun konflik romantis.

Konflik tersebut harus diselesaikan terlebih dahulu karena konflik utama akan diselesaikan di akhir cerita. Untuk mengembangkan romansa dalam novel, kedua tokoh utama harus mulai tertarik dan jatuh cinta sehingga muncul konflik sekunder.

📌Gimana cara mendapatkan ide menulis cerita?

Jawab :

Ide itu ada dimana aja, kalau mau mencari mudah.

Mudah saja mulailah dengan sekitar kita bahkan mulai dari diri sendiri. Lihat diri sendiri, adakah hal yang menarik yang bisa diangkat. Coba telisik pengalaman kamu. Ketika kecil, remaja, atau beberapa hari lalu, pasti ada hal yang menarik.

Jika ingin membuat cerpen, bisa kita angkat dari diri sendiri, tinggal ubah nama dan karakter fisiknya sedikit, jadi deh cerita. Apalagi kalau bikin pengalaman diri sendiri bisa langsung menulis tanpa perlu hambatan.

Kalau novel, bisa buat lebih kompleks lagi. Lihat kondisi ketika kita kecil cari moment yang spesial kembangkan jadi cerita dengan tambahkan sedikit imajinasi bikin cerita melewati smp, sma, sampai kerja atau mungkin sampai meninggal.

Ide juga bisa ditemukan disekitar kita. Banyak sekali hal-hal yang bisa menjadi modal ide untuk membuat tulisan.

Luaskan pikiran, lihat apa yang ada disekitar, biarkan kepala kita yang menelaah sendiri bagaimana suatu hal yang bisa dijadikan ide untuk tulisan kita.

📌Apakah pengalaman tulisan ditolak mempengaruhi kepercayaan diri dalam menulis?

Jawab :

Tanyakan pada diri kamu apakah itu mempengaruhi kepercayaan diri kamu dalam menulis atau tidak. Sebagai penulis, cara kamu menyikapi setiap penolakan akan menentukan karir kamu sebagai penulis selanjutnya.

Jika kamu berhenti menulis karena naskah kamu ditolak penerbit atau karena kamu kalah dalam lomba menulis, maka mungkin kamu belum cocok menjadi penulis sukses. Karena penulis sukses selalu merasakan sedihnya ketika ditolak.

📌Boleh tidak kalau ada adegan di dalam novel maupun film bisa dimasukkan ke dalam cerita yang sedang dibuat?

Jawab :

Sangat boleh, tetapi jangan terlalu detail dan mirip adegannya karena para pembaca akan terpaku dan teringat dengan film yang kamu jiplak adegannya tersebut, membuat timbulnya banyak kritikan pedas. Wow!

📌Bagaimana cara mengatasi rasa malas saat menulis?

Jawab :

Pasti saja yang pertama adalah sesuaikan dengan mood kamu saat ingin memulai menulis.

Jangan sampai mood yang buruk akan kamu pakai ketika menulis adegan sangat penting di cerita kamu buat.

Selain itu, juga camkan kalau naskah yang kamu buat itu akan membuahkan hasil yang lumayan besar untuk dirimu sendiri sehingga kamu semakin menginjak-injak rasa malas tersebut.

Juga camkan kalau naskah itu penting untuk kamu dan cita-cita kamu jika kamu ingin jadi penulis sukses.

📌Satu buku minimal terdiri dari berapa halaman, ya?

Jawab :

Semua tergantung jenis buku dan penerbit yang kamu tuju. Untuk naskah nonfiksi rata-rata harus terdiri minimal 100 atau 120 halaman. Maksimalnya nggak tau.

Sebelum kirim naskah, coba pelajari dulu syarat-syarat yang diberikan oleh penerbit. Biasanya dari sana kita tahu target halaman yang harus dipenuhi.

📌Bagaimana cara menularkan semangat menulis kepada yang lain?

Jawab :

Dengan produktif menulis kita bisa memberikan contoh pada yang lain. Jadi, orang terpacu juga untuk bisa terus berkarya seperti kita.

📌Bagaimana sih mendapatkan ide yang tidak mainstream?

Jawab :

Seluruh cerita itu mainstream alias sudah basi, tetapi hanya pada genre atau jenis cerita tersebut.

Ide yang menarik adalah ide yang jarang sekali atau bahkan tidak pernah dibahas sama sekali.

Coba amati dan pikirkan matang-matang apakah sesuatu yang menurut kamu menarik itu sudah ada yang membuatnya? Kalau tidak, buatlah ceritanya!

📌Bagaimana cara memperkaya diksi dan memperkuat deksripsi?

Jawab :

- Yang pertama adalah diksi atau pilihan kata. Banyak novel dalam negeri yang kita temui banyak sekali diksi, begitu juga dengan novel luar negeri seperti Harry Potter. Namun demikian, sebenarnya janganlah terlalu memperkaya cerita kamu dengan diksi di setiap paragraf karena akan menyulitkan pembaca yang minim akan sinonim kata memahai arti dari kalimat tersebut.

Apa gunanya banyak diksi? Supaya kamu terlihat ahli bahasa Indonesia? Boleh saja sih ada diksi di cerita, tapi jangan bejibun!

- Yang kedua adalah memperkuat deksripsi. Deksripsi itu berarti menjelaskan, menjabarkan, dan memberitahu pembaca. #TIPS-nya hanya jabarkan secara detail apa saja yang terjadi di sekitar tokoh dalam cerita tersebut, yaitu suasana, penampilan, dan adegannya. Jangan kalau sedang perang hanya ditampilkan kelincahan tokoh utamanya yang perang, lalu lawannya mati. Nah, itu terlalu dangkal untuk dijadikan deksripsi.

📌Ketakutan terbesar apa yang dimiliki seorang penulis?

Jawab :

Semua orang memiliki ketakutan dalam melakukan sebuah pekerjaan. Dalam dunia tulis-menulis terkadang juga ada hal-hal yang ditakuti, seperti tulisan kita tidak laku dipasaran, tidak dapat menghasilkan uang banyak, dan sebagainya.

Tapi di sinilah titik poinnya, apakah kamu akan membiarkan mimpi kamu terbunuh oleh ketakutan kamu atau kamu akan berusaha tumbuh dengan mengalahkan ketakutan itu hingga kamu mencapai kesuksesan dalam menulis.

📌Apa pentingnya penempatan tanda baca yang benar dalam sebuah cerita?

Jawab :

Kamu kalau beli barang, pasti yang bagus dari luar dulu, kan? Misal kipas angin A warna kusam dan banyak debu. Lalu kipas angin B warnanya cerah dan kinclong. Kamu pasti memilih kipas angin A.

Begitupun menulis. Penetapan tanda baca adalah hal kedua yang dilihat setelah pembaca melihat cover. Jika sudah perfect, maka tinggal alur cerita saja yang dinilai dalam cerita tersebut.

📌Kapan waktu yang tepat untuk menulis?

Jawab :

Setiap orang punya kesibukan berbeda. Menulis disaat kamu memiliki ide dan di selang waktu luang saja. Atau jika kamu sudah menjadwalnya semua. Tulis sesuai jadwal yang kamu buat.

"Tapi, aku sangat sibuk. Nggak ada waktu buat nulis!”

Satu jawaban buat kamu, mungkin kamu emang nggak niat jadi penulis, kamu belum jatuh cinta sama profesi ini.

📌Apa kelebihan menjadi penulis?

Jawab :

Kelebihan menjadi penulis ada 3 ;

_ৡৢ͜͡જ་ Pertama, mampu berpikir tidak biasa.

Setiap penulis tentu dituntut untuk mengetahui hal yang lebih banyak dan lebih luas untuk ide cerita yang akan mereka tulis. Otomatis ia membutuhkan banyak ilmu lain dan juga bisa didapatkan dari pengalaman yang pernah terjadi pada dirinya.

_ৡৢ͜͡જ་ Kedua, mampu berpikir logis dan sistematis.

Tulisan yang baik bukanlah tulisan yang bikin ribet. Tertapi tulisan yang terang, teratur dan logis.

_ৡৢ͜͡જ་ Ketiga, mampu menciptakan interpretasi (penafsiran).

# Penulis dengan demikian bisa menjadi inspirator untuk pembacanya.

Dan ini adalah dedikasi ilmu yang sangat luar biasa.

📌Gimana cara menjadi pembaca cerita yang baik.

Jawab :

'''Berikut caranya :'''

🐲1. BACALAH PERLAHAN (TAKE IT SLOW)

Pertama, bacalah perlahan. Kamu kalo baca cerita jangan buru-buru pengen langsung ke bab akhir aja. Coba baca perlahan dan cermati alur cerita itu dgn baik.

🐲2. MEMBACA DENGAN KERAS (READ ALOUD)

Kedua, membaca dengan keras. Biasanya ini untuk kalian readers yang gak suka baca dalem hati. Tapi ini jarang, sih. Kebanyakan mereka baca cerita atau novel itu dalem hati, biar dapet feel nya gitu.

🐲3. RASAKAN (FEEL IT)

Ketiga, rasakan. Jadi, kalian cobalah merasakan apa yang dirasakan oleh si pemeran dalam cerita. Dijamin kalian bakal ikut hanyut kedalam cerita itu.

🐲4. TULISKAN (WRITE)

Keempat, tuliskan. Buat kamu yang suka buat rangkuman dari suatu cerita. Cocok deh kamu nulis ringkasan dari cerita yang kamu baca. Tujuannya? Untuk menjadi bahas pembelajaran kamu, atau bisa aja jadi inspirasi kamu, siapa tau kamu mau bikin cerita juga 'kan?

🐲5. CERITAKAN KE TEMANMU (TELL YOUR FRIENDS)

Kelima, ceritakan ke temanmu. Biasanya sering nih, kamu dpt cerita bagus, kamu share ke teman kamu. Rekomendasi kalau cerita yang kamu baca ini layak untuk dibaca sama temanmu.

📌Bagaimana cara menghidupkan suasana dalam suatu cerita?

Jawab :

❒͡ Tujuan tokohmu apa

❒͡ Ciptakan tokoh yang manusiawi

❒͡ Peran antagonis yang berarti

❒͡ Hadirkan konflik yang cetar

❒͡ Penggunaan diksi serta riset yang memadai

📌Apa Tujuan Diksi?

Jawab :

Diksi atau Pemilihan kata memiliki tujuan yaitu untuk mendapatkan sebuah keindahan guna untuk menambahkan daya ekspresivitas.

Oleh karenanya, sebuah kata akan menjadi lebih jelas, apabila pilihan kata tersebut sesuai dan tepat sasaran. sebuah ketepatan pilihan pada kata ialah bertujuan untuk tidak menimbulkan suatu interpretasi yang berlainan antara dengan penulis atau pembicara dengan para khlayak pembaca atau khalayak pendengar, sedangkan pada kesesuaian kata bertujuan untuk tidak merusak suatu suasana.

Selain itu juga memiliki fungsi untuk menghaluskan sebuah kata dan suatu kalimat agar terasa lebih pantas dan indah.

Serta dengan adanya diksi ini oleh pengarang bisa berfungsi untuk mendukung tentang jalannya sebuah cerita agar yang lebih runtut menggambarkan suatu tokoh, lebih jelas lagi mendeskripsikan sebuah latar waktu, latar tempat, dan juga latar sosial di dalam suatu cerita tersebut.

📌Aplikasi yang banyak di sukai para author untuk membuat cover :

━━★Canva
━━★Picsart
━━★Ibis paint
━━★Infinite design

📌Untuk text nya :

━━★Phonto

_#Semua ada di PlayStore, ya!_

📌Kenapa cover itu penting dlm novel ataupun cerita wattpad?

Jawab :

Karena jaman sekarang, orang lebih banyak melihat cover terlebih dahulu, dibandingkan isi di dalamnya.

📌10 tips membangun semangat menulis:

Jawab :

1. Tahu Tujuan

2. Jadwalkan Secara Rutin

3. Menjaga Mood

4. Berada di lingkungan Penulis

5. Membaca Karya Orang Lain

6. Membaca Biografi Penulis Sukses

7. Refreshing

8. Berolahraga

9. Mendengarkan Musik

10. Mendekatkan Diri Kepada Tuhan

Continue Reading

You'll Also Like

6.6K 1K 21
"Lu pikir ngajarin lu tuh kemauan gue???? ENGGAK ANJIR" - Tetra . "Lu jatuh cinta sama gue kan??? ngaku aja udah! " - Hepta
606 253 14
Ini kisah hidupku.. Nama saya Karunia Lestari Ayunda, tapi teman-teman sering memanggil saya Leya. Nama saya memiliki arti yang dalam, "Karunia" bera...
Riddle By Fadhilah Maulina

Mystery / Thriller

354K 20.7K 20
Tebak apa yang terjadi. Pecahkan semua misteri. Lalu kamu akan tersenyum. Apa mksd semuanya? Asah otakmu dengan menebak Riddle disini! [Sumber darim...
13.5K 1K 25
Berisikan bermacam macam materi tentang kepenulisan yang diambil dari berbagai sumber. Bagi pemula seperti saya mungkin ini sangat bermsnfaat. #1 in...