#3 this must be my dream

16K 1.5K 291
                                    

Gue akhirnya ngerti kenapa papa menekan gue habis-habisan. Dia gak menuntut, tapi karena dia tau gue bisa. Terlepas dari jarangnya gue cerita ke dia betapa gue berasa hampir mati selama kurang lebih 2 bulan bimbel, gue tau dia menaruh keyakinan besar pada gue. Bahkan akhir-akhir ini gue baru tau sesuatu dari Kak Yura; di kantor, papa menambah intensitas ibadahnya demi ngedoain gue. Setiap dia gak ada kerjaan, dia berdoa buat gue, dalam bentuk apapun. 

Kenapa gue tumben ngomong gini?

Enggak, gak tumben. Gue emang sengaja ngomong beginian karena ada cerita yang pengen gue sampein. Oh ya, sekalian gue mau cerita kalo gue bener-bener ngerasa lebih dewasa sekarang.

----

 // Juli, 2012 //

Apapun hasilnya, itu batas kemampuan gue. Lebih dari itu, gue bisa pingsan kali di kelas. Ceye berulang kali ngeyakinin dirinya bahwa dia udah ngeluarin kemampuan terbaiknya waktu ngerjain soal-soal SBMPTN itu. 

Ceye keluar kelas sambil masukkin semua alat tulisnya ke dalam tas. Kepalanya pusing parah. Bahkan ngeliat ke depan aja udah burem. Di hari-H yang udah dia tunggu-tunggu, justru dia tumbang. Semalem badannya panas dan dia mimisan lagi. Seisi rumah panik karena Ceye sakit di malam sebelum perang. 

Mama yang paling emosi. Sebenernya mama gak berniat buat marah-marahin Ceye, tapi dia kalut banget dan pelampiasannya jadi berbentuk marah-marah. Mama bilang Ceye gak merhatiin kesehatan, belajarnya lebay, segala macem deh pokoknya. Ceye yang lagi pusing parah malah makin pusing denger kata-kata mama yang jadi merembet kemana-mana, ampe Kak Yura dibawa-bawa. Seakan cobaan menjelang SBMPTN belum cukup, papa jadi kesulut juga emosinya. Bedanya, papa justru marahin mama karena tega-teganya marahin anak sendiri menjelang SBMPTN. 

Udah deh, bukannya nyiapin mental dan fisik, Ceye malah denger keributan gak penting dari kedua orangtuanya. 

"Kamu tidur aja, deh. Pake headset sana," kata Kak Yura yang capek juga liat papa mama berantem. 

Ceye yang lagi nyiapin berkas-berkas buat besok menolak tawaran kakaknya. "Mereka berantemnya gara-gara gue, Kak, mana bisa gue cuek gitu aja?"  

"Enggak, kamu gak salah. Udah tidur aja sana. Obatnya udah diminum, kan?" Kak Yura narik tangan Ceye dan ngedorong punggung dia biar jalan ke tempat tidur. 

Ceye duduk di tempat tidurnya. Bengong. 

"Kenapa lagi? Udah sanaaa, biasanya juga kamu bodo amat kan kalo papa sama mama berantem?" tanya Kak Yura. 

"Besok bisa gak ya gue?" gumam Ceye sambil mangap-mangap bengong. 

"Apa? SBMPTN? Bisa lah. Aku aja bisa," Kak Yura ngomong dengan nada bangga sambil sekilas flashback gimana perjuangan dia dulu yang hampir sama kayak adiknya. 

Ceye ngeliat ke kakaknya tanpa ngomong apa-apa.

"Eh kapan lagi tau aku percaya sama kamu?" Kak Yura senyum. 

Iya juga ya, Kak Yura jarang seyakin ke adiknya. Kak Yura jarang percaya omongan Ceye karena adiknya itu iseng dan tukang boong banget. 

Tapi kali ini, Kak Yura bener-bener menaruh kepercayaan besar ke adiknya. 

"Iya ya, masa ginian doang gue ragu sih. Gue udah siap. Masa anak gaul se-Bandung Raya plus Jabodetabek ga bisa sih ngerjain soal ecek-ecek doang? Ya ga?"

Setiap Ceye ngebanggain diri kayak gini, pasti Kak Yura langsung pergi dan pura-pura gak mau denger kata-kata sampah adiknya itu. Tapi sekarang, Kak Yura tau Ceye bilang kayak gitu buat ngeyakinin dirinya sendiri sekaligus secara gak langsung minta Kak Yura mengamini kata-katanya. 

0 2 2 [SUDAH TERBIT]Where stories live. Discover now