[LYCCATALK #5] KI-SHO-TEN-KETSU - Tips baru untuk menulis alur cerita!

4 0 0
                                    



Hey~ho! Lycca disini! >w<)/


Beberapa hari terakhir, sedang marak bahasan soal KI-SHO-TEN-KETSU di grup penulisan yang saya ikuti, jadi disini mau sekalian sharing dikit soal hal ini.




Sebenarnya apa itu KI-SHO-TEN-KETSU?

Singkatnya hal ini adalah istilah/trik untuk pembuatan alur cerita (storyline) yang bisa dibilang 'mirip' tetapi 'beda' dari pembuatan alur yang biasa diajarin di sekolah atau format normal pada umumnya. Kebanyakan format ini dipake dalam cerita komedi dan misteri, tapi kalo untuk gaya kepenulisan Eastern (Asia) format ini banyak dijumpai secara ngga langsung.




Apa sih bedanya Format Storyline yang biasa (Normal Format) kita pakai dengan format KI-SHO-TEN-KETSU?

Pertama, dalam Western storyline (normal format) kita selalu diajarkan bahwa dalam struktur cerita itu ada: Exposisi (perkenalan) — komplikasi (timbulnya masalah) — klimaks — dan konklusi (pemecahan masalah).


Penggunakan storyline (alur cerita) semacam ini terfokus pada plot driven (penggiringan alur) dimana para pembaca akan lebih terfokus kepada alur cerita yang ditulis oleh si pengarang, bukan oleh karakter. Biasanya, penulisan cerita menggunakan format alur ini lebih terkesan agresif dibanding format KI-SHO-TEN-KETSU.



Sementara yang kedua, adalah format KI-SHO-TEN-KETSU yang mungkin cukup terdengar asing di telinga pembaca. Format ini sendiri adalah kebalikan dari Format Normal dimana alur cerita lebih ke arah character driven (penggiringan karakter) dimana pembaca akan digiring untuk lebih terfokus kepada karakter cerita dan bukan alur cerita. Menurutku, cerita dengan format ini akan membuat keterikatan tersendiri antara pembaca dengan karakter yang diceritakan.


Cerita dengan format KI-SHO-TEN-KETSU tidak seagresif cerita dengan format alur normal—bahkan saking pasifnya, format ini terkesan tanpa klimaks dan resolusi yang jelas—akan tetapi, format KI-SHO-TEN-KETSU terkadang bisa membuat para pembaca 'mengernyitkan alisnya sambil berkata: What?!'



KI-SHO-TEN-KETSU sendiri terdiri dari 4 parts sama seperti Format Normal, dimana Format ini terdiri dari:

KI: Introduction (permulaan / perkenalan karakter)
Umumnya bercerita tentang lingkungan sekitar, perasaan tokoh utama, ataupun permasalahan yang sedang dihadapi si karakter.

SHO: Development (pengembangan cerita)
Seperti dijelaskan sebelumnya, karena format ini lebih terfokus kepada character driven, maka pengembangan cerita adalah segala sesuatu yang terjadi kepada si karakter. Berbeda dengan format normal dimana kalian menyelipkan satu konflik utama sebagai klimaks cerita. Dengan format format KI-SHO-TEN-KETSU kalian bisa memasukkan beberapa permasalahan yang nantinya akan dihantam dengan sebuah #Twist!

TEN: Twist (sesuatu tak terduga)
Bisa dibilang ini adalah MSG dari cerita! Dari sekian pelik dari kejadian yang menimpa karakter, sesuatu di luar dugaan terjadi—sesuatu tak terduga yang menimpa Si Karakter—sesuatu yang menghianati ekspektasi kita sebagai pembaca.
Sebagai contoh: Di dalam cerita One Piece ada adegan dimana Luffy dan kru kapalnya datang untuk menyelamatkan Kakaknya, Ace yang akan dieksekuti mati. Namun, kita dikhianati oleh Author! Di akhir cerita kita mendapati Ace terbunuh untuk melindungi Luffy dari serangan admiral Akainu.
Damn, You! ODA-SENSEI! Oke, lupakan......

You've reached the end of published parts.

⏰ Last updated: Sep 13, 2019 ⏰

Add this story to your Library to get notified about new parts!

LYCCATALK - Tips, Trik & 'sedikit' diskusi perihal dunia kepenulisan!Where stories live. Discover now