Membuat Awalan Cerita Teenfiction Yang Menarik

110 10 0
                                    

Membuat Awalan Cerita Teenfiction Yang Menarik
Oleh : Elma Triana [ elmaaatri ]

Bicara tentang Teenfiction, rasanya tidak ada habisnya ya? Benar sekali, genre ini memang selalu saja tidak ada habisnya, selain laku di pasaran dan mudah dicerna. Teenfiction, adalah genre sasaran utama para penulis amatir, seperti aku contohnya, kenapa? Ya, karena memang mudah dibuat.

Seperti judul materi kita malam ini, yaitu Membuat awalan cerita teenfiction yang menarik. Perlu di garis bawahi, awalan disini yang dimaksud adalah blurb/deskripsi dan prolog.

Kenapa hanya itu?

Karena, itu yang pertama kali readers baca. Sebelum readers baca cerita kita secara keseluruhan, readers pasti akan membaca blurb terlebih dahulu. Setelah membaca blurb, readers akan tertarik membaca prolog, setelah dirasa jatuh cinta dengan blurb dan prolog, readers akan melanjutkan membaca ke part lainnya.

Membuat awalan cerita teenfiction yang menarik, pasti pembahasan tidak akan jauh-jauh, kita akan bahas yang dekat-dekat saja dan umum.

1. Yang pertama, buat blurb atau deskripsi cerita semenarik mungkin.

Membuat blurb tidak harus panjang, buatlah sesingkat mungkin. Kenapa? Agar pembaca tidak bosan. Jika di blurb saja pembaca sudah bosan, pasti mereka tidak akan tertarik membaca prolog dan part selanjutnya.

Jadi, kita sebagai penulis, diharapkan menuliskan blurb yang singkat, padat, dan jelas. Yang terpenting adalah menarik. Menarik disini, misalnya :

• Beri perkenalan si tokoh, dengan singkat, tidak berbelit, dan dengan bahasa yang mudah dipahami.

Contoh:
Namanya Aletta, gadis manis dengan pemikiran dinamis. Merupakan gadis yang memiliki julukan sebagai Putri Sekolah, selain terkenal pintar, Aletta juga terkenal murah hati, bla bla bla

• Bisa langsung menyisipkan konflik, kita sebagai penulis bisa saja langsung menyisipkan konflik di blurb. Perlu di garis di bawahi, konflik disini tidak boleh rinci, di usahakan penulis bisa membuat teka-teki di blurb nya.

Contoh :
Kehidupan Ghea awalnya baik-baik saja, ia selalu dikelilingi orang-orang baik, namun, semuanya menjadi berbanding terbalik 180 derajat. Kehidupan Ghea berubah, ia yang biasanya hidup tenang kini tidak lagi. Tiba-tiba saja masalah datang dengan bertubi-tubi. Ghea tak mengerti, sebenarnya siapa yang membuat kehidupan Ghea seperti ini?

• Sisipkan beberapa dialog yang ada di dalam cerita, di usahakan dialog yang seru yang bisa membuat pembaca tertarik untuk membaca. Kenapa? Karena jika pembaca sudah merasa jatuh cinta dengan cuplikan dialog yang disimpan di blurb, ia akan langsung lanjut membaca ke prolog.

Contoh:

"Bunda, Axel pengen nikah."

Namanya Axelion Baladika Yudha, murid laki-laki paling begajulan di SMA Venus, ia meminta sesuatu yang anti mainstream kepada kedua orangtuanya, yaitu menikah. Bersama dengan geng bobroknya, Axelion mengarungi masa putih abu-abunya dengan rasa yang nano-nano.

Ini juga tentang si Cantik Putri Wijaya, gadis yang suka nyolot dan hobi membelot yang jadi pelabuhan terakhir akan cinta seorang Axelion. Tapi, Cantik justru secara terang-terangan melakukan pertentangan dan peperangan terhadap Axelion. Menaklukkan hati Cantik jadi hobi sehari-hari bagi Axelion. Mampukah, dirinya?

"Cantik, nikah yuk?"

"Males, nikah aja sono sama embe!"

"Cantik, jangan solimi."

Contoh di atas adalah blurb cerita aku, terlihat singkat, namun terdapat teka-teki di dalamnya.

2. Buat prolog berbeda dari yang lain dan tidak pasaran.

Tidak pasaran apa sih yang pasaran?

Di dalam cerita teenfiction, kayaknya prolog hampir semua pasaran, contohnya yang pasaran itu apa?

Contoh:
Cewek telat bangun sekolah, terus pas sampe sekolah dihukum ketos, atau cewek telat ke sekolah terus di tolongin bad boy naik ke atas gerbang atau anak baru yang baru masuk tapi udah kena bully.
Hem, kembali lagi ke selera masing² menurut aku, tapi alangkah baiknya tidak membuat prolog yang pasaran seperti itu. Kenapa? Ya, pasti pembaca akan bosan, karena sudah sering kali membaca cerita dengan awalan/prolog seperti itu.

Di prolog kamu boleh aja kok, memperkenalkan tokohnya terlebih dahulu, dengan tambahan poto tokoh nya, itu boleh banget.

Atau, pas di prolog kamu langsung masuk ke konflik, sisipkan teka-teki di dalamnya, dan boleh dibuat menggantung.

Menggantung disini, bertujuan agar si pembaca penasaran, dengan itu mereka akan nunggu cerita kamu dan akan stay terus.

SESI TANYA-JAWAB

1. Mirda Ayu W

Pertanyaan : Kak, kalau bikin blurb, itu maks dan minimnya brp kata ya? Atau bebas? Maaf kalau melenceng.

Jawaban : Kalo untuk blurb itu bebas, kecuali kalau kamu ikutan kayak event gitu, biasanya di tentukan, itu juga tergantung si penyelenggara event sih, biasanya ada yg di tentukan, ada yg tidak. Lebih efektifnya, blurb itu kurang lebih 2-3 paragraph singkat di wattpad. Apalagi kalo udh dibuat novel, harus sesingkat mungkin, biar gak terlalu bocor sama alur ceritanya.

2. Hilda Puryanti

Pertanyaan :

🖇️Kak, aku masih bingung sama fungsi prolog dan isinya.
🖇️Kak, ajarin cara bikin prolog.
🖇️Kak, kenapa aku nggak bisa bikin deskripsi ceritaku sendiri? Mohon solusinya kak.

Jawaban :

• Fungsi prolog itu sebagai perkenalan cerita Hilda, kamu bisa memperkenalkan tokoh2 kamu dengan lengkah di prolog. Tapi, tergantung ke diri masing², biasanya ada yg buat prolog cuma qoutes, ada yg langsung konflik. Tapi, kalo ditinjau dari pengertiannya, prolog itu sebaiknya untuk bab perkenalan, lebih efektif kalo prolog itu singkat, hanya penggalan perkenalan saja.

• Bikin prolog gampang kok, tergantung ke kamu, mau buat prolog yang kayak gimana? Mau buat perkenalan saja? Langsung ke konflik? Atau cuma qoutes. Prolog juga tidak wajib kok, kalo kamu dirasa gak bisa buat prolog, bisa langsung ke part 1.

• Bikin deskripsi cerita? Pasti bisa kok, udah dicoba belum? Kalo belum dicoba, gimana kita bisa tau, bisa atau nggak nya kalo mau buat deskripsi cerita, ikuti cara aku di atas saja. Buat sesingkat mungkin, jgn berbelit-belit.

Rabu, 23 Desember 2020.

Kumpulan Materi Gen 1On viuen les histories. Descobreix ara