Macam-macam Ramuan
Dalam pelajaran Potion, kita akan belajar tentang macam-macam ramuan dan efeknya, serta tumbuhan-tumbuhan yang beracun. Nah, berikut beberapa jenis ramuan dan tumbuhan yang dipelajari dalam pelajaran Potion :
A
1. Acronite : tanaman yang sangat beracun. Acronite sering juga disebut sebagai wolfsbane dan monkshood karena bentuknya yang menyerupai tudung seorang rahib.2. Acromantula Venom (Bisa Aromantula) : sangat sulit didapatkan dari Acromantula yang masih hidup, oleh karena itu, biasanya diambil dari acromantula yang sudah mati (sesaat setelah kematiannya). Acromantula ini harganya cukup mahal, sekitar 100 galleon per takarannya.
3. Ageing Potion (Ramuan Penua) : ramuan yang dapat menyebabkan si peminum menjadi beberapa tahun lebih tua dari usia aslinya. Hal ini tergantung pada jumlah ramuan yang diminumnya, semankin banyak yang diminum, maka pertambahan usianya akan semakin banyak.
4. Amortentia (Ramuan Cinta) : merupakan ramuan cinta yang paling kuat di dunia. Ramuan ini memiliki warna yang menyerupai mutiara yang berkilau. Amortentia akan mengeluarkan bau yang berbeda bagi setiap orang, tergantung pada hal yang membuat orang tersebut tertarik.
5. Antidotes (Penawar Racun) : penawar racun dibuat dari bahan yang berbeda-beda, tetapi biasanya terbuat dari mandrake. Contoh Antinodes adalah bezoar yang merupakan penawar bagi hampir setiap jenis racun. Deflating Draught (Ramuan Pengempis) yang digunakan sebagai penawar Swelling Solution (Ramuan Pembengkak).
6. Armadillo Bille (Empedu Armadillo) : Digunakan sebagai salah satu bahan ramuan penajam otak (Wit-Sharpening Potion).
7. Ashwinder eggs, frozen (Telur Ashwinder yang sudah beku) : dapat digunakan sebagai bahan Amortentia, atau dimakan bulat-bulat sebagai obat demam malaria. Telur Ashwinder yang hangat bisa berbahaya karena berpotensi untuk membakar sesuatu.
8. Ashpodel : Akarnya digunakan sebagai bahan Tegukan Hidup Bagai Mati (Draught of Living Death). Tanaman ini biasanya dikaitkan dengan sesuatu yang berhubungan dengan alam bawah dan dunia setelah kematian.B
1. Babbling Beverage (Minuman Meracau) : Membuat si peminum berbicara tidak masuk di akal.2. Beautifying Potion/Beautification Potion (Ramuan Penambah Kecantikan) : Membuat si peminum lebih terlihat menarik di setiap penampilannya.
3. Belch powder (Bubuk Sendawa) : Kemungkinan dapat menyebabkan si peminum terus menerus bersendawa. Dijual di Toko Lelucon Zonko's.
4. Belladonna : Sari tanaman ini dapat dijadikan sebagai bahan alat-alat ramuan standar milik siswa.
5. Bezoar : Seperti "batu" ginjal kisut yang berasal dari perut kambing, dapat digunakan untuk menangkal hampir semua racun.
6. Bicorn parts : Tanduknya digunakan untuk Ramuan Polijus.
7. Blood-Replenishing Potion (Ramuan Penambah-Darah) : Digunakan untuk menambah darah.
8. Boil cure potion (Ramuan Penyembuh Bisul) : Bahan-bahannya adalah jelatang yang sudah dikeringkan, taring ular yang sudah diremukkan, siput bertanduk yang sudah direbus, dan bulu landak yang dimasukkan setelah api dipadamkan. Diajarkan di tahun pertama.
9. Boomslang parts : Parutan kulitnya digunakan untuk membuat Polyjuice potion.
10. brush-healing paste (Krim Penyembuh Memar) : Berwarna kuning dan berbentuk pasta, digunakan untuk menyembuhkan memar.
11. Bubotuber : Digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Warnanya kekuningan dan baunya seperti bensin.
12. Bulbadox Powder (Bubuk Bulbadox) : Menimbulkan bisul dari kulit orang yang menyentuhnya.
13. Bundimun secretion (Ekstrak Bundimun) : Digunakan untuk alat dan bahan pembersih sihir.
14. burn-healing paste (Krim Penyembuh Luka Bakar) : Digunakan untuk menyembuhkan luka bakar, warnanya oranye.
C
1. Calming draught (Ramuan Penenang) : Digunakan untuk menenangkan emosi si peminum.2. caterpillars (ulat bulu) : Irisannya dapat digunakan untuk Cairan Penyusut (Shrinking Solution).
3. cleaning solutions, magical (Cairan Pembersih Sihir) : Digunakan untuk membersihkan segala sesuatu dengan cara sihir.
4. cockroaches (Kecoak) : Di Britania, juga bisa dikenal sebagai 'kumbang hitam'. Mata kumbang hitam dijual di apotik di Diagon Alley dengan harga lima Knut per sekop. (Note: Snape menyimpan kumpulan kecoak mati di dalam toples di kantornya)
5. Confusing Concoction (Ramuan Bingung) : Untuk membuat si peminum menjadi bingung.
6. Confusing & Befuddlement Draught : Efeknya sama dengan Confusing Concoction. Bahan-bahannya adalah seezewort, scurvy grass, dan lovage.
7. Cough Potion (Ramuan Penyembuh Batuk) : Kemungkinan efeknya untuk menyembuhkan batuk.
8. crocodile parts (bagian dari buaya) : Digunakan untuk memperkental rasa pahit suatu ramuan.
D
1. Daisy : Irisan akar daisi digunakan di Cairan Penyusut (Shrinking Solution).2. Deflating Draught (Ramuan Pengempis) : Ramuan penangkal untuk Swelling Solution (Ramuan Pembengkak).
3. Dragon eggs (telur naga) : Telur Antipodean Opaleye yang berwarna abu-abu seringkali disalahgunakan sebagai fosil oleh para muggle. Dan bubuk Chinese Fireball (Bola Naga Cina) digunakan sebagai bahan ramuan.
4. Draught of Living Death (Tegukan Hidup Bagai Mati) : Bahannya termasuk asphodel yang dituang ke dalam wormwood, akar valerian, dan kacang sopophorous. Efeknya menyebabkan si peminum tertidur pulas. Diajari di kelas enam, instruksinya dapat ditemui di halaman 10 Pembuatan Ramuan Tingkat-Lanjut (Anvanced Potion Making), tetapi ada yang salah dengan cara mengambil sari kacang sopophorousnya (harusnya dikeprek). Kacangnya dimasukkan setelah tujuh kali pengadukan berlawanan jarum jam. Bila sudah masak, maka uapnya akan berwarna kebiruan. Warna idealnya setelah setengah jalan pembuatan adalah sewarna blackcurrant, yaitu ungu pekat. Dan setelah pembuatannya sudah selesai, warnanya akan berubah menjadi sewarna lilac dan pada akhirnya, "jernih seperti air".5. Draught of Peace (Tegukan Kedamaian) : Bahannya termasuk bubuk moonstone dan cairan hellebore. Efeknya memberikan ketenangan bagi si peminum. Merupakan standar OWL.
E
1. Euphoria, an Elixir to Induce : Bahannya termasuk tangkai peppermint. Menyebabkan euforia untuk si peminum dengan efek samping menyanyi berlebihan dan hidung yang berlebihan (kemungkinan disebabkan oleh peppermint).
KAMU SEDANG MEMBACA
Ramuan di Harry Potter
FanfictionAku mau share ramuan-ramuan yang ada di Harry Potter,kenapa?because i'm a potterhead. Jadi potterhead silakan baca dan jangan lupa vote nya ya :)