Syafiq berjalan menghampiri Diva di ruang tamu. Istrinya itu tengah duduk sambil menghafal dengan Al-Qur'an berada di tangannya.
"Udah selesai?"
Diva menoleh lantas mengangguk.
"Mau berapa ayat hari ini?"
"Tujuh." Jemari mungilnya membentuk angka. "Mulai ya."
Baru Diva akan membuka mulut, Syafiq buru-buru menyela.
"Sebentar."
Diva menyerit. "Kenapa?"
Syafiq menghela napas lalu mengambil alih Al-Qur'an di tangan Diva dan menyimpannya di meja. "Sebelumnya aku mau tanya. Tapi kamu jawab jujur."
Diva mengangguk sebagai jawaban.
"Selama ini ... kamu hafalan Qur'an, sholat malam, puasa sunnah. Itu karna apa? Apa kamu terpaksa? Terpaksa karna aku juga ngelakuin itu jadi kamu ngerasa harus ngelakuin juga?"
Jeda sebelum menjawab, Diva balas menatap Syafiq dengan serius. "Kenapa Kak Syafiq mikir gitu? Apa Diva keliatan terpaksa?"
"Untuk kali ini. Jangan jawab pertanyaan aku sama pertanyaan."
"Diva nggak terpaksa, sama sekali enggak." Diva menjawab dengan mantap. "Diva menghafal Qur'an, sholat malam, puasa sunnah. Itu semua buat Diva sendiri. Bukan buat Kak Syafiq, Mama atau Papa. Jad kenapa Diva harus terpaksa?"
"Semua yang Diva lakuin sekarang ini," lanjut Diva. "Diva nggak pernah merasa terpaksa."
Kecuali pernikahan kita Diva melanjutkan dalam hati.
"Alhamdulillah," Syafiq menghela napas lega. "Diva, kalau kamu melakukan semua ini karna Allah ... InsyaAllah, kamu pasti bisa ngerasain manfaatnya."
Syafiq tersenyum. "Yang penting kamu ikhlas."
Diva terdiam.
"Nah," Qur'an di meja kembali Syafiq ambil. "Ayo, mulai hafalannya."
Namun Diva tak kunjung menjawab.
"Kenapa?"
Raut wajah Diva terlihat kesal. Ia mengepalkan tangan lalu mencubit bahu Syafiq. "Gara-gara Kak Syafiq nanya kaya gitu hafalan Diva jadi buyar tau!"
Syafiq tak menjawab, ia hanya tertawa geli. Bahkan cubitan Diva di bahunya tak terasa sakit sama sekali.
"Ish! Sana Kak Syafiq pergi dulu. Nanti kalau Diva udah hafal Diva panggil."
***
Berminggu-minggu telah Diva lewati dengan tak sabar. Hari ini akhirnya ia bisa bertemu dengan teman-temannya. Teman yang selalu Diva harapkan ingin bertemu dengan mereka.
Ponsel Diva berdering, nama Disti terpampang jelas dan membuat kedua bola mata cokelat itu berbinar.
"Halo, assalamualaikum."
[Waalaikumussalam. Aduh, gimana sih nih orang Bogor. Masa jam segini belum datang. Kalah sama yang dari kalimantan.]
Diva tertawa geli. "Acaranya kan mulai jam 12 kamunya aja yang terlalu rajin datang pagi-pagi. Woo."
Terdengar suara tawa. [Kamu lagi dimana? Kesini sama siapa?]
"Dijalan." Diva menoleh pada Syafiq yang masih fokus menyetir. "Aku kesana dianter suami aku."
[Eum ciee suami.]
Diva tertawa. "Tunggu ya, nggak lama lagi aku datang. Disana udah ada siapa?"
KAMU SEDANG MEMBACA
Choose
RomanceCover by Cover614 [Proses Revisi] ⚠AWAS DIABETES⚠ Diva, seorang mahasiswi fakultas Tata boga yang juga seorang Fangirl berat dari King Dragon, terpaksa menikah dengan Syafiq. Seorang pemuda religius lulusan S2 di fakultas Arsitektur. Diva tidak pr...