OBSERVASI

11 1 0
                                    


Hai. Meet me pengangguran yang akan genap setahun (eh tapi kan gw pernah magang 3 bulan di grab *sengaja di sebut biar banggain diri sendiri*). Yah yah anyway, ketika lo idup di zaman sekarang itu berarti lo berada dalam tahap "SELAMAT ADA MEMASUKI KAWASAN RAWAN PENGANGGURAN". Selama gue ngelamar kemanapun mau di jobstreet, linkedin, ikutan job fair, urab hire, jobs.id. belum ada satupun yang yangkut masyaallah perih cuy. Padahal gue udah seoptimis itu handphone udah dibawa kemana-mana takut ada email masuk atau telepon . tapi sungguh disayangkan belum ada email yang masuk terkait "ANDA TAHAP KE TAHAP SELANJUTNYA", "KAMI MENGUNDANG ADA UNTUK MENGHADIRI TES/WAWANCARA".

CV selalu di perbaiki, surat lamaran pun begitu, CV udah se colour full in english pula tapi masih belum ada harapan. Yasudahlah apa mau dikata. Gue mengobservasi diri gue sendiri (maaf sarjana psikologi mah emang begini) Jadi gue bikin level kronis pengangguran.

Level 1 : Masih adem ayem. Apply kesana kemari dengan semangat

Level 2 : Agak kesel karena belum ada panggilan. Tapi masih semangat apply

Level 3 : Udah was-was cause udah banyak dari temen lo yang udah kerja jadi lo terserah kerja dimana aja yang penting kerja, dapet duit

Level 4 : Menyalahkan diri sendiri "Gue sebego apa ya sampe enggak ada panggilan sama sekali" "Dosa gue banyak banget kali ya sampe gue belum dapet panggilan terus, " tes ini itu enggak lolos, wawancara juga. Kesel gw" "anjir bosen idup begini mulu" overall itu adalah kaliat yang sangat amat common gue denger dan yang pernah gue ucapkan. Yang pada akhirnya ngebuat kita down dan males applay sana sini.

Level 5 : Menyalahi takdir (Menyalahi ketentuan Allah). Udah ibadah ini itu tapi masih tetep enggak kerja-kerja (based on my kawan story) peace.

Coba tebak gue sudah berada di level ke berapa? Haha.

Cerita sedikit gue itu memang wadah sampah (baca : Curhatan) semua orang. Mereka cerita dari A-Z. Ya emang karena gue juga pendengar yang baik, dan not only good listener gue pun enggak suka aja kalau liat orang rewet pikirannya jadi ku bantu memberikan motivasi. Motivasi yang kita berikan keorang bisa menjadi motivasi juga untuk diri sendiri loh guys *sekilas info*.

Based on my true story. Karena kita belum sama-sama kerja jadi temen gue curhat ke gue biar ada temen sepenangunggan kali ya (wkwkkw) intinya dia berada di level ke 4. Jawaban gue saat itu adalah "Belum saatnya, mungkin Ikhtiar kita belum maksimal, mungkin do'a kita (NIATnya) belum bener, Mungkin kita belum berserah pada Sang Maha Mengetahui. Ada hikmah dibalik semua yang terjadi. rambut rontok aja udah ada takdirnya." (SAVAGE gak gue wkwkwk)

Gue bersyukur banget punya nyokap yang alhamdulilah masyaallah super sabar. Dia enggak komplain macem-macem paling juga bilang "Coba daftar ke a, b, c,". Kalau gue ngeluh beliau selalu bilang "enggak apa-apa, belum rejeki kamu sabar aja, mamah juga suka do'a-in puput kok". Terus kalau gue keliatan enggak ada uang nyokap suka ngasih wkwk, bokap juga coba kurang baik apa Allah sama gue ya enggak gaes. Tapi kalau kalian punya orang tua yang bertolak belakang. Satu kata sabar. Usaha jangan lupa kayak bersih-bersih rumah, bantu orang tua apa kek pokoknya bantu aja biar enggak sentimen gitu anaknya belum dapet kerja-kerja.

Percaya atau emggak dari hidup menjadi pengangguran ini ada bahkan banyak positive side yang terjadi di hidup gue. Contohnya selalu intropeksi diri, kadar sadar di dalem diri gue bertambah, makin deket sama keluarga khususnya nyokap, selalu ada kalau lagi dibutuhkan, dan jadi makin deket sama Ya Robi. Tapi dari semua positive side yang paling membahagiakan dan menenangkan jiwa dan raga sih yang terakhir. Gue kasih based true story lagi nih ya. Gue selesai magang di grab mei 31. Pas-pasnya mau lebaran. Idup gue belanja terus beli bajulah, makeup lah (makeup yang paling banyak WK) Gaji gue itu 3jt sekian pokoknya. Dan belive or not duit gue masih ada sisanya sampe sekarang padahal aing belanja mulu masyaallah. *Tips ya perbanyak sholat Duha, sama sedekah J boleh lah pengangguran tapi jangan koret medit cap jahelah. Gue yakin idup kalian masih dan jauh lebih beruntung dari pada orang-orang diluaran sana. Makanya idup itu liatnya jangan keatas mulu ke bawah kali-kali (Note lo lo pade sholat sama sedekah niatnya bukan pengen kaya ye.) Level ke kronisan pengangguran gue itu ada di level 4 gais (kemarin). Sekarang gue ditahap pasrah, tawakal dan percaya jangan lupa selipin ikhitar guys!

Namanya manusia pasti pernah jadi sombong even itu bercanda . Pas nulis ini gue jadi inget ada perkataan yang memang menunjukan sisi sombong (astagfirullah) ini perkataannya "ih kok dia bisa duluan dapet kerja, padahal dia enggak ada pengalaman apa-apa, mendingan gue ada pengalam walaupun dikit" Shombong bangat ya gue itu malih. Padahal kan setiap orang udah ada takdirnya ye mau gimana-gimana. Rezeki Allah yang ngatur J maafin aku ya Allah. Selalu banget hopeless dah serius tapi ya karenga gue single jadi kalau bukan kita yang semangatin diri sendiri siapa lagi? Your crush? Haahaha gilrs kuatin diri kalian masing-masing kita kuat ko dan kita bisa :)

Jadi gais kalian dianjurkan untuk selalu menelaah apa yang terjadi dihidup kalian mau manis atau pun pait, ikhtiar, bersyukur gais whit what you have, positive lah pasti, keep your dreams 5cm dari jidat lo dan ikhlas kalau mau ibadah perbaiki yang bener niatnya bismillah Allah know what we NEED. Based on ture story lagi aku tuh sampe sekarang belum dapet kerjaan J "ngapain atuh bikin beginian?" to share hanya ingin menguatkan satu sama lain. hanya untuk memberikan motivasi yang insyaallah bermanfaat J never lose hope good ppl meskipun ada seorang oknum yang bisa memudahkan orang masuk kerja tapi harus bayar (TUJUAN GW NYARI KERJA BIAR DAPET DUIT EH MALAH DIMINTAIN DUIT MALIH MALIH), meskipun jumlah sarjana makin menjamur, meskipun didahulukan yang "dikenal" dulu, meskipun kita sudah tidak punya uang lagi, meskipun orang tua, tetangga, sodara pada julida NEVER LOSE HOPE AND FATE TO ALLAH. YOUR BEST TIME WILL ARRIVE SOON :)

IM A CAMPIONWhere stories live. Discover now