Dunia Kerja

17 1 0
                                    

Selama 2 tahun bekerja di pabrik itu, baru kali ini aku merasa tertekan sekali. Bukan masalah pekerjaannya. Memang sebelumnya aku agak sedikit tertekan karena posisiku sekarang bukan perakitan lagi, tapi di bagian pengecekan (final inspection). Yang membuatku tertekan karena selama kerja, aku belum pernah ada di bagian itu. Ditambah tentang laporan produksi harian, sungguh aku tak mengerti sama sekali.

Berada di bagian pengecekan ialah hal yang paling aku takutkan. Di setiap proses perakitan sebenarnya ada bagian pengecekan, hanya saja ini berbeda. Pengecekan yang menjadi bagianku kali ini untuk hasil akhir (finished goods) yang nantinya akan dikirim langsung ke customer. Aku merasa itu amanah besar yang sekarang menjadi tanggung jawabku. Maka dari itu aku sangat berhati-hati saat mengecek satu per satu produk jadi tersebut. Sebenarnya itu bukan keinginanku, sungguh. Aku ada di line tersebut juga baru sebulan, tapi dari pertama memang sudah dikasih tahu oleh leaderku bahwa aku akan digeser ke proses pengecekan hasil akhir.

🌼🌼🌼

Dunia kerja itu kejam. Kamu lemah, akan tertindas. Sebenarnya sama saja dengan kehidupan kita sehari-hari, hanya ada beberapa hal yang membedakan. Di dalam dunia kerja, kita akan menghadapi banyak tantangan yang tak terduga. Mulai dari teman kerja yang pendiam, cerewet, rajin, malas, suka telat, ngeselin, baperan dan masih banyak lagi. Ada yang dikasih tahu langsung mengerti, ada juga yang harus berkali-kali dijelasin baru paham. Mengobrol, bercanda bahkan sampai menangis, semuanya sudah aku rasakan.

Jangan percaya kepada siapa pun di dunia kerja. Kita nggak pernah tahu apa yang ada di pikiran orang lain. Yang di depan kita baik, belum tentu di belakang kita juga baik. Boleh percaya, tapi jangan sepenuhnya, kita harus tetap waspada. Karena banyak orang yang menjatuhkan temannya sendiri agar dia terlihat lebih baik kerjanya di mata orang lain, terutama atasan kita.

Kejujuran itu sangat penting, tetapi ada saatnya kita harus terpaksa bebohong demi kebaikan semuanya. Di dalam dunia kerja aku mendapatkan banyak pengetahuan baru dan pengalaman. Pengalaman yang baik maupun buruk. Ambil sisi positifnya dan buang sisi negatifnya. Di dunia kerja, aku menjadi tahu karakter seseorang yang sesungguhnya dan juga paham makna kerja sama atau kerja tim. Jangan mementingkan ego sendiri. Karena untuk mencapai suatu tujuan yang sama, kita harus kerja sama yang baik dengan tim.

🌼🌼🌼

Dewasa yang sesungguhnya ialah sikap dimana kita bisa mengendalikan diri sendiri di mana pun dan kapan pun.

🌼🌼🌼


Setelah lama off, Dinda balik lagi 🤗.
Jangan lupa baca, komen, beri suaranya juga!
Love you! ❤

Terima kasih 😊.

5 Maret 2020

Muslimah Is DiamondTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang