Contoh Sinopsis

10.7K 674 53
                                    

Kali ini, kami ingin membagikan contoh sinopsis lengkap yang benar dari sebuah cerita. Kebanyakan, pembaca/penulis salah paham dalam mengartikan sinopsis lengkap dengan blurb cerita. Sinopsis adalah ringkasan cerita dari awal hingga akhir dari cerita tersebut. Ditulis secara jelas, padat, dan mengandung poin-poin penting dari cerita itu sendiri. Dan, normalnya sinopsis diketik sebanyak 2-3 lembar untuk naskah berjumlah 100 halaman ke atas.

Sedangkan blurb adalah sebuah gambaran besar dari sebuah cerita tanpa menampilkan spoiler dari cerita tersebut. Biasanya bertujuan untuk menarik minat pembaca dengan menuliskan kalimat-kalimat yang membuat penasaran tanpa menjabarkan keseluruhan konflik.

Itu tadi garis besar perbedaan antara sinopsis dan blurb. Jadi, kamu sudah tau kan, kalau misalkan sebuah penerbit meminta kamu untuk mengirimkan sinopsis lengkap, maka yang diminta adalah SINOPSIS bukan BLURB.

Di bawah ini, kami akan memberikan sebuah contoh sinopsis. Pahami baik-baik penyusunannya ya.


SINOPSIS

LOST AND FOUND

Vino dan Ara adalah dua remaja yang bersahabat sejak kecil. Bahkan mereka bertetangga. Dua murid SMA Tunas Bangsa ini terkenal sebagai "Duo Onar". Vino selalu membuat masalah seperti sering bolos, telat masuk sekolah, tidak mengikuti upacara, merokok di lingkungan sekolah, dan sebagainya. Sedangkan Ara terkenal sebagai murid yang selalu membela tindakan Vino walaupun itu salah, hingga membuat mereka dihukum bersama.

Ara sangat sayang kepada Vino. Selama ini dia menyangka bahwa dia sayang sebagai sahabat dan seorang adik terhadap kakaknya. Ara baru menyadari bahwa sebenarnya dia memiliki perasaan lebih terhadap Vino, setelah sahabatnya itu berkencan dengan seorang kakak kelas. Vino jadi sering mengabaikan Ara. Dia sering menghubungi Ara hanya jika cowok itu meminta pendapat tentang hubungannya dengan Stefanny, kakak kelas mereka.

Suatu hari, Ara yang sedang dalam perjalanan menuju kantin dicegat oleh Stefanny dan gengnya. Mereka mengancam Ara dan menyuruhnya untuk menjauhi Vino dan berhenti menjadi sahabatnya. Ara yang tidak menolak mentah-mentah permintaan itu pun langsung pergi dan mengatakan bahwa dia tidak takut kepada mereka.

Ternyata, ancaman dari Stefanny tidak hanya sampai di situ. Ia justru makin gencar mengerjai Ara. Mulai dari mengunci Ara di toilet sekolah sampai melempar telur ke arah Ara dari lantai atas gedung sekolah. Tentunya, Vino tidak tahu-menahu soal ini, dan Ara juga tidak ingin memberitahukannya pada Vino karena takut itu akan membuat Vino sedih.

Melihat tekad kuat dari Ara yang tetap tidak goyah dan takut membuat Stefanny makin marah. Ia pun menyusun rencana jahat bersama teman-temannya untuk mencelakai Ara. Tak diduga, seorang murid yang sekelas dengan Ara sempat mendengar percakapan Stefanny dan teman-temannya itu, kemudian menyampaikannya pada Ara.

Ara sangat terkejut mendengar rencana tersebut. Ia sempat takut karena teman sekelasnya tersebut tidak mendengar semua detail rencananya. Ara pun berusaha untuk menghindari Stefanny bagaimanapun caranya. Ara bahkan jadi jarang masuk sekolah, dan itu membuat Vino bertanya-tanya dan khawatir. Namun, Ara menolak untuk menemui Vino dan itu membuat Vino frustrasi.

Akhirnya, pada suatu malam saat Vino datang ke rumah Ara, Ara pun memberitahu Vino tentang rencana jahat Stefanny. Namun tak disangka, Vino malah marah dan mengatakan bahwa Ara hanya mengada-ada supaya Vino putus dengan Stefanny. Vino tidak terima dan akhirnya pergi. Ara hanya bisa menangis pasrah. Akhirnya, ia pun bertekad untuk membuat Vino percaya dengan cara Ara harus masuk ke perangkap Stefanny.

School Camping, acara berkemah selama tiga hari yang diadakan oleh sekolah pun tiba. Dan disitulah rencana jahat Stefanny akan dilakukan. Awalnya, Ara berniat untuk tidak ikut acara tersebut. Tapi dia sudah bertekad untuk meyakinkan Vino bahwa Stefanny adalah cewek jahat. Ara pun akhirnya mendaftarkan diri dan mengikuti camping.

Semua berjalan normal sampai hari kedua. Ternyata, rencana Stefanny dilakukan saat malam terakhir di acara camping. Saat Ara sedang mendapat giliran untuk mengambil air di sungai saat sore, Stefanny dan teman-temannya menculik Ara dan menyembunyikannya di sebuah pos perkemahan yang sudah tidak terpakai lagi. Ara diikat dan disumpal mulutnya dengan kain.

Rencana Stefanny pun berhasil. Ara tidak kembali sampai malam api unggun, dan akhirnya dinyatakan hilang. Semua guru dan beberapa murid pun melakukan pencarian terhadap Ara. Tapi ternyata, Ara lebih dulu menuliskan sebuah pesan singkat untuk Vino yang menjelaskan bahwa jika ada hal yang terjadi padanya saat camping, ia memohon kepada Vino untuk menyelamatkannya. Ara menaruhnya di dalam tas Vino, dan Vino baru menyadari adanya pesan tersebut saat hendak mengambil senter untuk mencari Ara di tengah hutan.

Vino merasa sangat menyesal dan bersalah karena tidak percaya pada sahabatnya itu. Ia pun menemui Stefanny terlebih dahulu sebelum mencari Ara. Vino mengancam akan melaporkan Stefanny ke polisi jika sampai terjadi sesuatu yang buruk pada Ara, dan Vino memutuskan Stefannya saat itu juga.

Akhirnya setelah lima jam mencari, Ara pun ditemukan dalam keadaan pingsan karena cuaca dingin dan kelaparan. Vino dan yang lainnya langsung membawa Ara kembali ke kota dan merawatnya di rumah sakit. Ara kembali sadar setelah dua jam dirawat, ia pun menceritakan semuanya kepada Vino. Bahkan, ia mengakui bahwa dirinya mulai menyayangi Vino sebagai lawan jenis, bukannya sahabat.

Mendengar pengakuan dari Ara, dan mengetahui bahwa sahabatnya itu telah banyak berkorban untuknya, membuat Vino yang ternyata selama ini memendam rasa kepada Ara pun ikut mengakui perasaannya. Vino mengatakan bahwa Stefanny hanyalah pelarian, karena Vino tidak berani mengatakan cinta pada sahabatnya sendiri. Akhirnya, Vino meminta Ara untuk menjadi pacarnya, dan Ara pun menerimanya.



*Contoh sinopsis di atas murni milik seorang penulis. Tindakan pembajakan/plagiat sekecil apa pun akan ditindak tegas.

Selamat membuat sinopsis dengan benar, kami tunggu pengiriman naskah dari kamu!

WAWA 2017 (Wattpadlit Awards 2017)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang