[LUMIERE PUBLISHING] - Tentang Kami

1.2K 49 41
                                    

Pengenalan
Seperti yang sudah disinggung di Tentang Kami, Lumiere Publishing adalah penerbit indie. Jenis naskah yang kami terima adalah naskah NOVEL.

Naskah novel adalah jenis naskah yang memiliki alur yang kompleks, latar yang luas, penokohan yang detail, dan waktu yang lama. Panjang naskah yang disebut novel biasanya berjumlah minimal 40.000 kata.

Kami menerima semua genre cerita, tetapi lebih suka naskah novel bergenre ROMANCE, dengan semua sub-genrenya, seperti fiksi remaja, fiksi dewasa, fiksi umum, horor, thriller, bahkan fantasi.


Penerimaan Naskah
Kami selalu menerima naskah terbaik kamu. Silakan langsung ajukan naskah kamu untuk diseleksi.


Alur Penerbitan Naskah
1. Seleksi naskah
Kamu bisa mengirimkan naskah yang kamu miliki dengan dua cara: (1) kirim via email (2) daftarkan naskah kamu di Google Form (bit.ly/SubmitNaskah)

Proses seleksi naskah biasanya memakan waktu kurang lebih 2 (dua) bulan. Kamu akan dihubungi melalui email jika ada kabar tentang naskah kamu.

2. Tanda tangan Surat Perjanjian Penerbitan
Setelah naskah kamu dinyatakan LULUS SELEKSI, maka kami akan mengirimkan draft Surat Perjanjian Penerbitan. Di dalam surat itu, ada keterangan detail mengenai jumlah royalti, jadwal pembagian royalti, dan info-info penting lainnya.
Silakan baca Surat Perjanjian tersebut dengan baik. Jika ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan, jangan ragu untuk menghubungi kami.
Kalau kamu sudah setuju, silakan isi data yang kami minta di dalam Surat tersebut, dan mengirimkannya kembali kepada kami dalam bentuk softcopy dan hardcopy (sudah dibubuhkan materai Rp 6.000,- dan tanda tangan).

3. Proses penyuntingan naskah

Naskah kamu akan masuk antrian edit. Jika sudah akan dimulai, kami akan menginfokan melalui email dan WhatsApp. Akan diberikan tenggat waktu penyuntingan naskah tersebut. 

4. Pra-cetak
Setelah naskah kembali dari editor, naskah kamu akan memasuki tahap pra-cetak, yaitu penentuan cover, tata letak, dan promosi-promosi lain untuk meningkatkan keberhasilan naskah kamu.

5. Open PO
Biasanya jika naskah sudah masuk tahap pra-cetak (tidak selalu, disesuaikan dengan kondisi), sudah ada jadwal PO yang bisa kamu pilih.

Pemasaran dan Distribusi

Kami melakukan pemasaran buku kamu secara online. Kami memiliki rekanan toko buku online yang membantu memasarkan buku kamu ke pasar yang lebih luas. Buku-buku terbitan kami tidak dijual di toko buku besar, seperti Gramedia. Tapi jangan khawatir, stok bukumu akan selalu terjaga, karena kami tidak menentukan minimal pesanan untuk mencetak bukumu.

Selain itu, peran promosi penulis pun sangat penting. Ikatan awal sebuah naskah dengan pembacanya adalah berasal dari penulis. Pembaca pun akan lebih loyal pada penulis ketimbang penerbitnya. Maka dari itu, promosi secara mandiri sangat diperlukan.

Buku Digital

Buku-buku Lumiere Publishing juga tersedia dalam bentuk ebook, yang dipasarkan di aplikasi Ibuk dan GreatEdu. Kami terus berusaha menjalin kerja sama dengan platform digital lain untuk membantu pemasaran buku kamu.

Kami tidak menjual naskah kamu di PlayBooks. Jika kamu ingin naskah kamu diterbitkan di PlayBook, kamu bisa mengajukan naskahmu ke Liora Publishing (cek part lain di works ini)

Tentang KamiWhere stories live. Discover now