Teladan Dakwah Rasulullah

23 0 0
                                    

Dalam buku-buku sejarah peradaban Islam ada beberapa substansi dakwah yang telah dilakukan Nabi Muhammad SAW yang relevan dilaksanakan pada era milenial. Di antara substansi dakwah nabi adalah

1. memperbaiki akhlak masyarakat Mekkah yang ketika itu mengalami dekadensi moral dengan tumbuh suburnya kebiasaan-kebiasaan jahiliah, seperti berjudi, minum khamr, dan lainnya. Memperbaiki akhlak masyarakat menemukan momentumnya pada era milenial ini, tawuran pelajar, pelecehan seksual, korupsi, dan lainnya yang masih masif perlu dijadikan sebagai sasaran dakwah.

2. rasul meluruskan cara menyembah Tuhan, karena agama mereka menyembah patung-patung. Agama Islam mengajak kepada mereka untuk menyembah Allah Yang Esa dan mengajak mereka meninggalkan kemusyrikan. Puncaknya adalah pada peristiwa fathu makkah (terbukanya kota Mekkah).

3. Nabi Muhammad SAW membawa dan menegakkan ajaran persamaan (equality) antara laki-laki dan perempuan. Perempuan yang pada era jahiliah dianggap sebagai barang komoditas dan aib bagi keluarga diangkat derajatnya oleh Rasulullah SAW. Pada masa jahiliah dikenal dengan istilah wadul banat (mengubur bayi perempuan hidup-hidup).

4. Nabi mengubah kebiasaan bertaklid kepada nenek moyang dan meluruskan segala adat istiadat, kepercayaan, dan upacara-upacara ritual, yang melenceng dari agama Islam. Dalam khazanah ilmu fikih, kita mengenal istilah syaru man qablana (syariat-syariat umat sebelum kita). Dari sana kita mengetahui bahwa ada akar-akar ritual dalam Islam yang diambilkan dari ritual terdahulu.

Ada Apa Dengan Aktivis Dakwah??Where stories live. Discover now