Fourth -- Dead End

483 28 2
                                    

Oke, sebelum gue lanjutin ceritanya. Gue mau nanya dulu sama elu semua.

Kalian pada belajar peribahasa kan? Pernah gak dalam satu hari kalian merasa hidup kalian itu dipenuhi oleh peribahasa? Gue pernah banget. Dan ini kejadian pas kecelakaan itu.

Jadi, setelah hampir pingsan ngeliat pak Man sang supir bus sedang di CPR oleh Erlan, Gue diminta Erlan bantuin dia untuk ngelepasin murid-murid lain yang masih tersangkut di bangkunya masing-masing. Panik lah gue. Emangnya bisa apa gue? Lagi-lagi gue cuman bisa diem dan bingung.

Gue ini bukan tipe yang bisa diandalkan. Gue gak bisa berpikir jernih dalam pressure. Gue bukan pahlawan deh. Tapi, pas waktu itu Erlan bisa nyadarin gue (baca: dengan cara teriakin gue) dan bisa ngebuat gue yakin gue bisa.

Miraculously, gue bisa mengumpulkan keberanian dan tenaga buat datengin satu-satu temen-temen gue yang masih nyangkut di bangkunya. Ada yang seatbeltnya langsung dilepas, tapi ada juga yang harus ampe gue potong pake gunting kuku. Saat itu gue mulai ngelepasin yang laki-laki dulu. Biar abis itu dia bisa bantu gue ngelepasin yang lain.

Ini juga momen yang gak bakal gue lupa deh. Di mana Erlan bisa meng-unlock keberanian gue. Baru ketemuan gak sampe sehari tapi udah berdampak gede banget buat gue. Mungkin itu lah yang dinamakan teman. Mereka yang bisa membalikan sisi buruk kita ke sisi baik. Karena gue percaya, hidup itu seperti dua sisi mata uang. Ketika lo berbuat buruk, pasti ada sisi yang baiknya. Kita hanya perlu mengubah itu. (hestek: #SokBijakLoMan)

Ada kali sekitar 40 menitan sampe semua murid selesai dibebasin dari bangkunya. Para murid lain ada yang berdoa, ada yang nyoba nelfon, ada yang nangis sementara gue malah takjub sama apa yang udah gue lakuin.

Abis itu gue ngintip Erlan yang udah enggak ngelakuin CPR ke pak Man.

"Pak Man gimana, Lan?" tanya gue yang mulai khawatir.

"Sorry, Man. Gue udah berusaha semaksimal mungkin, tapi kita kehilangan dia," jawab Erlan dengan nada berat.

Hampir gue jatuh pingsan (lagi) tapi untung ditahan sama Cinta. Terus dia menenangkan gue.

:'(

Memang agak malu sih ngeliatin sisi lemah gue ke Cinta. Apalagi abis itu ditenangin. Harusnya gue yang begitu ke dia.

Back to the story,

Masalah jauh dari selesai karena bu Anjali masih belum beranjak dari bangkunya. Erlan ngelarang gue buat bantuin bu Anjali karena menurut dia kaki bu anjali patah. Jadi kalo salah-salah kita pindahin bisa jadi patahannya itu bakal bikin cedera lebih parah lagi bahkan bisa mengancam jiwanya.

Erlan saat itu bilang butuh termos. Yep, TERMOS. Lu kebayang gak sih buat apa? Sama, gue juga enggak. Ternyata itu termos tadinya mau dijadiin penyangga buat kaki Bu Anjali. Cinta bilang dia bawa sih di dalam tasnya yang udah gak jelas di mana.

Btw, gue udah bilang belom ini kondisi bus kebalik udah bener-bener amburadul barang dimana-dimana? Buat kalian yang sering mendengar kata-kata kapal pecah, ya ini yang gue alami. The true definition of kapal pecah. Atau dalam kasus ini, bus pecah.

Anyway, Erlan meminta dua bilah rel besi yang pada saat normal bedara diatas bangku bus. Di mana rel bilah besi ini berfungsi untuk tempat menaruh barang. Cinta menunjukan keahlian di sini dengan mematahkan dua besi itu dengan tangan kosong. Freaking bare hands!

Interupsi bentar. Gue mau jelasin kalo besi yang dipatahin Cinta itu bukan model besi pipa dragon yang dipatahin sama anak karate atau taekwondo. Ini besi beneran. Solid steel. Cinta memang wonder woman yang dari semenjak kecil dia mendedikasikan dirinya belajar bela diri. Memang alesannya itu berat sih. Mungkin kalo Cinta ngebolehin gue akan ceritain disini pada lain kesempatan. Ehm, Cinta cerita masa lalunya cuma sama gue loh di sekolah ini. Masa lalu yang menurut gue sangat kelam, tapi membuat Cinta berhasil berubah menjadi kupu-kupu yang indah (dan kuat, asli kuat banget).

Gue nulis begini jadi sadar kalo gue dikelilingi sama orang-orang yang sakti. Erlan dengan kekuatan di otaknya sementara Cinta di ototnya (dan cantiknya. hehehe). Terus kekuatan gue apa? Lo bakal liat nanti.

Kembali ke cerita (lagi).

Dua bilah besi dan iket pinggang gue itu dijadiin semacam penyangga buat kaki bu Anjali. Masing-masing besi ditaruh di sisi paha dan kakinya kemudian diiket menggulung dengan ikat pinggang gue. Jadi pas pindah kaki itu dalam posisi stabil pas kita pindahin bareng-bareng.

Lu kebayang gak? Enggak? Tenang aja gue aja pas diposisi itu juga gak kebayang kok. Tapi klo lo penasaran google aja dengan kata kunci bidai sederhana.

Nah, baru setelah bu Anjali ditangani kita bisa agak tenang dan berpikir untuk mencari jalan keluar.

Fyi aja nih. Pada saat itu, bus yang gue tumpangin ini kebalik 90 derajat ke kiri dan nabrak pohon gede di depan. Pintu masuk dan keluar bus sekarang ada di bawah yang berarti kita gak bisa pake buat keluar. Pintu keluar supir macet gak bisa dibuka. Jendela depan ke-blok sama pohon-pohon. Jendela belakang ada teralis besinya. Jadi beneran dead end. Kita kekurung di sini.

Setelah muter otak kurang lebih selama dua jam akhirnya kita masing-masing dikasih tugas sama Erlan. Gue gak hafal yang lain dapet tugas apa, tapi yang jelas tugas gue adalah mengumpulkan handphone murid-murid terus nyobain tiap handphone di tiap sudut manatahu ada yang dapet sinyal.

Hasilnya? Nihil. Bener-bener gak ada sinyal sama sekali. Alasannya karena memang kita itu sedang berada ditengah-tengah jalan lintas pulau yang dikelilingi oleh gunung dan pohon-pohon.

Di tengah-tengah diskusi gue tiba-tiba punya dua ide yang brilian (setidaknya itu yang gue pikir saat itu). Pertama, Ini kan jalan umum, pasti ada kendaraan lain yang bakal lewat dan nolongin kita dong. Terus yang kedua, kita kan pergi berombongan. Kalo kita tiba-tiba gak ada kontak pasti rombongan lain ada yang sadar. Dan pasti akan cari kita. Dua fakta itu yang ngebuat gue percaya kalo ini semua bakal baik-baik saja.

"Setidaknya kita bisa nunggu bantuan dari luar kan, Lan?" ucap gue dengan yakin memberikan usul dan menjabarkan ide gue. Tapi Erlan mematahkan pemikiran gue dengan cepat. Dia bilang kalo gue gak memperhatikan bahwa udah dua jam lebih tapi gak ada kendaraan yang lewat dari kedua sisi. Dan itu yang dia takutin.

Cinta pun jadi takut. Lah terus gue juga jadi ikutan takut. Gue sempet liat-liatan sama Cinta lalu kemudian petir gede banget nyamber. Persis kayak difilm-film deh. Lalu ketakutan tersebut akhirnya bermanifestasi.

Jadi apa? Jadi Longsor. YES! AN AVALANCHE. Bus yang udah kebalik. Sekarang ketimbung sama longsor. Bus mulai bergerak perlahan karena ditabrak oleh berton-ton tanah yang bergulir diatasnya. Gemuruh longsor jadi musik yang paling nakutin di seluruh hidup gue. Anak-anak lain panik, gue juga. Ada yang teriak kenceng banget, ada yang nyebut nama Tuhan, ada yang langsung nangis. Mungkin ada juga yang pipis di celana. Saat itu gue langsung mengenang masa lalu. Bukankah itu yang dilakukan orang-orang saat dia pikir hidupnya akan berakhir? Mengenang masa lalu.

Semua gelap. Hanya ada satu titik cerah yang akan terlihat oleh mata, harapan.

#####

Author's note: Cerita Mansa ini sementara akan Hiatus ya.

Kami akan fokus ke cerita baru berjudul Countdown.

Você leu todos os capítulos publicados.

⏰ Última atualização: Sep 13, 2018 ⏰

Adicione esta história à sua Biblioteca e seja notificado quando novos capítulos chegarem!

Mansa's StoryOnde histórias criam vida. Descubra agora