PEMBUKA

68.5K 5.7K 591
                                    

===================

SERI BALWANA #2

Tumbuh dalam Runtuh
(sebelumnya berjudul Cinderendra)

Seri Balwana berisi kisah orang-orang
yang bekerja di dunia underground,
meliputi topik kriminalitas, prostitusi,
pengedaran narkoba, pasar gelap,
dan human trafficking.

[ tidak harus dibaca berurutan ]

===================

===================

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.


P E M B U K A

Cinderendra ditulis pertama kali tahun 2018. Saat mencapai pertengahan cerita, gue stuck nulis Cinderendra dan nggak lanjut-lanjut karena beberapa hal: gue merasa miskin konflik, merasa back story Rendra nggak solid, dan merasa ada yang 'keliru' dari hubungan Rendra dan Irene—terlepas dari betapa manisnya mereka dalam cerita. Gue pun berusaha mengembangkan back story Rendra, dimulai dari keluarganya di Seri Bisai (buku pertama Seri Bisai sudah terbit tahun 2020, buku kedua dan ketiga sudah terbit tahun ini), serta mematangkan back story organisasi yang menaungi dia, yakni Balwana, lewat Seri Bisai dan lewat cerita Tergenggam dalam Nyaris, yang tokoh utamanya adalah salah satu anggota Balwana, yakni Tama. Keputusan-keputusan ini membantu gue untuk mematangkan Balwana serta konflik apa yang bisa muncul dalam dunia mereka.

Lima tahun setelah gue stuck nulis Cinderendra, alias pada tahun 2024 ini, gue akhirnya udah menemukan rumus yang tepat untuk menulis kisah cinta Rendra. Seri Bisai dan Seri Balwana nggak akan ada kalau dari awal, gue nggak mencoba merombak kisahnya Rendra. Tokoh Rendra adalah percikan api pertama yang memulai arah perjalanan menulis gue yang baru.

Dari awal gue ngerasa stuck di Cinderendra 2018-2019, gue udah tahu bahwa bakal makan waktu bertahun-tahun buat mematangkan ide sekaligus mengoreksi kesalahan-kesalahan menulis gue. Dan sepanjang itu pun, gue nyoba nulis ulang cerita Rendra. Cerita Tumbuh dalam Runtuh yang sedang kalian baca sekarang adalah versi draf ketiga Cinderendra.

Karena di draf ketiga ini udah banyak yang berubah (plot, female lead, latar belakang tokoh, trope pairing), gue pun juga mengubah judul cerita biar lebih seragam dengan judul cerita di Seri Balwana lainnya.

Tumbuh dalam Runtuh adalah bagian dari Balwana Soulmate AU Series, atau Seri Balwana. Cerita ini bisa dibaca secara terpisah dari buku lainnya, tapi akan lebih menambah reading experience kalau dibaca setelah membaca Seri Bisai dan Tergenggam dalam Nyaris.



U R A I A N

Tumbuh dalam Runtuh (CindeRendra)Where stories live. Discover now