Ilmu Dan Ke Sok Tahuan

602 36 0
                                    

Mungkin kita selalu berpikir bahwa sukses itu sangat lah mudah dan bahkan sepintas pikiran bahwa "sukses itu sulit" menghancurkan pikiran positif kita. Aku bukanlah motivator, aku gak bisa mengubah hidup mu karena aku bukan lah siapa-siapa dalam dirimu.

Aku hanyalah orang yang mampu mengajak mu dalam meraih kesuksesan tapi, mungkin aku adalah orang "sok tahu". Percayalah kamu bisa mengubah dirimu sendiri dengan pikiran dan tindakan mu yang kamu butuhkan hanyalah dorongan dan support.

Kamu sudah membuka satu pintu menuju ke suksesan lalu selanjutnya, kamu bisa mulai mencari pintu lain yang bisa di buka oleh kunci yang kamu miliki. Jangan lah terburu-buru dan mudah terbujuk dalam meraih kesuksesan. Karena sekali lagi, tidak ada yang pasti dalam proses menuju kesuksesan.

Lakukan semua hal yang dapat kamu lakukan. Keluarkan kemampuan dan potensi yang kamu miliki. Dengan begitu, cara tepat menuju kesuksesan dapat kamu temukan.

Cobalah simak dari cerita yang ku baca ini.

Bentuk Gajah dan Penduduk Kota

Hari itu, seorang raja melintasi suatu kota yang di huni oleh sebagian besar penduduk dengan keadaan buta. Raja dan beberapa pasukannya lelah dan pada akhirnya mereka mendirikan tenda di kota itu.

Selain pasukan raja di dampingi oleh seekor gajah.

Mendengar kabar bahwa raja sedang berada di dekat kota, para penduduk pun berlarian untuk mendekatinya. Penduduk mendengar bahwa gajah yang bersama raja itu seekor hewan yang sangat gagah. Lalu penduduk itu memegang atau meraba gajah.

Maka hampir semua penduduk di kota itu terlahir dalam keadaan buta. Mereka pun tidak tahu bagaimana wujud dan bentuk dari gajah itu. Dengan penasaran, penduduk meraba atau menyentuh sekenanya bagian tubuh dari gajah itu.

Masing-masing dari mereka berpikir, mereka telah menebak dan berpikir telah mengetahui sesuatu tentang bentuk gajah.

Seorang penduduk yang berhasil menyentuh telinga gajah itu berkata, "Gajah itu lebar, kasar, besar, dan luas seperti babut."

Sedangkan yang lainnya, "Aku tahu keadaan yang sebenarnya. Gajah itu bagai pipa lurus dan kosong, dahsyat, dan suka menghancurkan."

Ada yang berhasil menyentuh kakinya dan berkata, "Gajah itu perkasa, kokoh, bagaikan tiang."

Dan pada akhirnya mereka semua kêliru dalam mengartikan bentuk gajah.

(Sumber : Buku "NOL" karya William Thjia & Carrin. Penggagas akun @test_psikologi)

Coba kamu pahami cerita di atas. Bukankah untuk mencapai kesuksesan benar-benar butuh proses? Tiap orang memiliki cara dan pemikiran masing-masing. Maka dari itu cara kita pasti beda-beda dalam meraih kesuksesan.

Jadi, apakah kamu pasti sukses?
Ya = kamu sok tahu!
Tidak = kamu sok tahu!
Terkadang kita ini memang sok tahu.

Kamu dan aku adalah orang yang sok tahu.

Yang terpenting adalah proses pembelajaran. Menjadi sok tahu juga merupakan proses. Jangan merasa selalu paling tahu. Sisakan ruang untuk ketidaktahuan. Kalo kamu merasa tidak tahu maka belajarlah untuk berkata tidak tahu, lalu cari tahulah!

Meskipun kita sama-sama berawal dari ketidaktahuan, tetapi rasa keingintahuan inilah yang membedakan kita dari orang lain orang yang belum tentu gagal dan orang yang belum tentu sukses.


Percayalah kesuksesan mu hanyalah kamu sendiri yang mampu mengaturnya, BERTINDAK ATAU KALAH!

Salam Sukses,

Fajar Irawan

Pikiran Yang TerbukaWhere stories live. Discover now