Pengalaman dan Pengetahuan

328 22 0
                                    

   Pengalaman ialah hasil persentuhan alam dengan panca indra manusia. Berasal dari kata peng-alam-an. Pengalaman memungkinkan seseorang menjadi tahu dan hasil tahu ini kemudian disebut pengetahuan.
"Sumber (Wikipedia Indonesia)"

  Mengapa demikian?

  Karena ketika kita memiliki sebidang pengalaman secara otomatis kita memiliki pengetahuan. Nah dari situ pengalaman dan pengetahuan tercipta, meski butuh waktu untuk kita beradaptasi dengannya.

   Begitu pun bila kita ingin mendapatkan pengetahuan kita harus belajar, mencoba, lalu finishing. Ya, finishing apa yang telah kita coba meski tidak terlalu sempurna setidaknya kita mampu dan mau mencoba. Jatuh bangkit kembali repeat.

   Menciptakan sebuah pengalaman baru memang tidak terlalu mudah. Kita harus mengumpulkan pengetahuan-pengetahuan yang aneh menurut kita. Yah anggaplah seperti kita mengumpulkan tujuh bola naga hehehe..

  Aku banyak belajar dari beberapa film anime. Ya meski itu sekarang menjadi tontonan anak-anak tapi, apa salah bila kita coba menonton lalu kita coba melihat sisi positif dari film tersebut.

  Bagaimana kita bisa belajar dari film tersebut kan itu hanya sebuah imajinasi semata?

  Terkadang kita perlu imajinasi untuk menggerakkan otak. Aku menyebut imajinasi di sini bukan berarti mengira-ngira atau mengkhayal dalam dunianya. Tapi, imajinasi yang ku sebut di sini adalah belajar dari cara karakter tersebut dan jadikan pertanyaan ke diri kita bahwa "bagaimana aku bisa menjadi seperti karakter tersebut di dunia nyata."

  Intinya sih begini setiap film punya peruntungan sendiri dan punya pelajarannya tersendiri. Nah ketika kita berpikir "aku pasti bisa!". Otomatis otak kita merespon kata-kata yang barusan kita ucapkan tersebut. Di situlah muncul kemauan yang menjadi keingintahuan lalu jadilah sebuah pengalaman bila sudah melakukannya berulang-ulang kali.

  Setiap masakan tak mungkin ada yang instan. Bahkan mie yang katanya instan saja mesti kita masak terlebih dahulu. Nah situ kita dapat pengetahuan cara memasak bagaimana lalu setelah lama kita barulah memegang gelar "berpengalaman". Kurang lebih nya seperti itulah wkwkwk...

"Semua karena tekad kita. Pengetahuan muncul karena kemauan  begitu sebaliknya kemauan akan pengetahuan itulah yang  membentuk suatu pengalaman yang tak terlupakan."

Salam Sahabatku,

Fajar Irawan

Pikiran Yang TerbukaWhere stories live. Discover now