TERUSIK MEMORI

234 3 0
                                    


Perjalanan masih panjang. Langit sudah gelap, dan di luar hujan deras. Rana hanya bisa melihat kerlipan lampu yang tersamarkan oleh terpaan air hujan di jendela bus yang dia tumpangi. Tubuhnya lelah, tapi kegelisahan yang ia rasakan membuat matanya susah terpejam. Dia tidak ingin kegelisahaan itu ada. Dia berpikir keras, apa harus dilakukan untuk meredakannya. Biasanya ia akan bercerita pada sahabat-sahabat terdekatnya…tapi kali ini ia merasa  itu bukan hal yang tepat. Rana seperti sudah bisa membayangkan, akan seperti apa respon para sahabatnya nanti.

Di tengah lamunannya, sebuah notifikasi Whatsapp masuk, ternyata kiriman foto-foto acara siang tadi di group. Rana melihatnya satu persatu, sesekali senyum tersungging di bibirnya. Hingga ada sebuah foto yang membuatnya tahu, siapa orang yang sepertinya tepat untuk dia ajak berbagi tentang kegelisahan ini. Tanpa berpikir panjang, dia langsung mengirim Whatsapp pribadi ke seorang sahabat lamanya, Mira.

“ Hoey Mir!”

“Eh bentar-bentar aku tadi belum sempat ngirim foto-fotonya”

Beberapa detik kemudian muncul puluhan foto acara siang tadi kiriman Mira. Ya, siang tadi memang Rana memintanya

“Mir aku bukan mau nagih foto…Tapi mau curhat boleh nggak?”

“Curhat aja lah!”

“Tapi nggak penting banget nih yang mau aku curhatin. Malu aku”. Tiba-tiba Rana jadi ragu..

“Alah, kaya sama siapa aja. Kenapa sih?

“Ya kan udah lama banget nggak curhat-curhatan sama kamu. Masa tau-tau curhat hal yang ndak penting. Tapi aku ngerasa kamu si yang cocok aku curhatin”

“Ya udah gih cerita!”

“Hmmm……aku kok baper ya tadi ketemu dia”

“Siapa?Dika?”

“Iya. Ngerasa aneh aja gitu…kan udah belasan tahun ya aku putus sama dia. Dan mantanku juga enggak cuma dia, tapi kenapa baper sama dia. Tapi gara-gara dia juga sih!Kamu tau sendiri kan, dia suka bercanda di grup. Belakangan dia juga suka comment IG story aku. Meskipun ya masih netral-netral aja sih comment-nya. Gitu deh Mir…”

“Hmmmm…pertanyaanku, kamu lagi baik-baik aja kan sama suamimu?”

“Sekarang baik baik aja sih, meskipun beberapa waktu lalu sempet ada masalah”

“Mending nggak usah macem-macem deh kamu Ra. Kalau masih ada masalah sama suamimu, selama masih bisa deselesaiin..selesaiin lah baek baek”

Baca balasan Mira, Rana jadi sewot “Ya ampun Mir, aku nggak ada maksud apa-apa. Aku justru curhat sama kamu, niatnya tu biar bisa bantu ngurangin baperku gitu. Soalnya aku gitu orangnya. Kalau belum cerita ke orang, ngumpul di pikiranku sendiri bakal baper berhari-hari. Kan dulu kamu yang nyomblangin kita, jadi aku ngerasa paling pas ceritanya ke kamu. Hehehe”

“Asal kamu tau Ra…sekarang aku tu sendiri”

“Maksudnya?”

“Ya aku sekarang cuman sama anak-anak. I’m single now”

Rana jadi merasa bersalah, “So sorry to hear that, Mir..Ya ampun lama banget ya aku ga tau kabar tentang kamu”

“Hehe gapapa kok. Aku sekarang udah lebih tenang. Tapi udah pernah ngerasain yang namanya kaya mayat hidup. Capek jiwa raga deh pokoknya, urusan pengadilan, anak-anak, gono-gini..bla-bla-bla. Mangkanya tadi aku bilang, selama masalah-masalahmu sama suami masih bisa diselesain, selesaiin lah. Nggak mungkin kamu baper kaya gini, kalau kamu sama suamimu baik-baik aja”

“Iya sih Mir…” Rana jadi bertanya pada dirinya sendiri, apakah ia dan suaminya sungguh sedang baik-baik saja? Rana juga penasaran, apa yang membuat Mira memutuskan untuk bercerai, tapi dia urungkan niat untuk bertanya. “Aku nggak bakalan macem-macem kok. Tapi tolong bantuin donk…kalau Dika becandaan nyinggung-nyinggung aku lagi di group diingetin gitu”

Dua ArahWhere stories live. Discover now