9

3.2K 432 243
                                    

Setiap orang pasti punya versi 'sakit hati'-nya sendiri-sendiri. Ada yang dikatain mukanya mirip lap kompor langsung sakit hati, ada juga yang udah biasa (gue contohnya, dan yang bilang adalah Dika, padahal muka dia juga mirip serbet), ada yang sakit hati karena gak diinget, ada yang sakit hati karena abang ketoprak langganannya lupa ngasih cabe, ada yang sakit hati karena udah jauh-jauh dateng ke bioskop taunya tiket nontonnya udah abis, sisa kursi paling depan layar persis, ada juga yang sakit hati karena dikecewain dan ditinggalin. Untuk dua poin yang gue sebut belakangan, gue lagi mengalaminya.

Gue lagi kecewa dan merasa ditinggalkan sekaligus. Penyebabnya ada di genggaman tangan gue: kartu undangan biru berpita putih dengan nama Annisa dan Dyo .

How to deal with this kind of feeling?

Gue S.Pd dan gue udah ngajar dua taun, tapi gue gak pinter buat urusan kayak gini. Gak ada kurikulum atau silabusnya. Gak ada kompetensi dasar dalam pembelajaran yang bikin gue mampu buat mengatasi patah hati.

"Apaan tuh, Ryl?" Ajun tau-tau muncul di belakang gue dengan dua gelas kopi di tangannya, disusul Dika yang bawa kopinya sendiri.

Terlambat buat ngumpetin kartu undangan itu di bawah pantat gue karena Ajun dan Dika udah sama-sama liat. Padahal di Spirel tadi, gue berhasil nyembunyiin kartu undangan itu dari Khal.

"Undangan. Temen gue nikah." Gue berusaha meminimalisasi kepahitan dalam suara gue.

"Nisa maksudnya?"

Bangsat. Gue lupa kalo ada makhluk setengah siluman bernama Dikung yang sejurusan sama gue. Ya jelaslah dia tau. Pasti dia juga udah dapet undangannya.

Gue mengembuskan napas keras-keras sebagai jawaban.

Tanpa terduga, Ajun dan Dika duduk mengapit gue, membuat gue langsung merasa tolol dan menyesal dateng ke rumah Ajun bareng Dika kalo tau bakal ada momen langka nan menjijikan begini. Tapi mau gimana lagi, mereka langsung nodong oleh-oleh begitu tau gue udah pulang.

"Gak apa-apa, Ryl. Gue siap jadi pendamping kondangan lo kok." Dika menepuk-nepuk pundak gue, bikin gue langsung mendelik.

"Bro, gue tau ini berat, menurut survey, tempat terseram selain rumah hantu adalah tempat nikahan mantan."

Gue mendengus, bahkan Nisa bukan mantan gue.

"Ryl," Ajun menyenggol gue, "Ngomong dong lo, jangan diem aja. Gue tuh mendingan lo ngomel-ngomel asu kayak biasa daripada diem gitu."

"Tau, jadi khawatir nih." Dika ikutan menyenggol gue.

Najis sumpah, mereka kenapa sih, sejak kapan jadi nggilani begitu??

"Gue gak apa-apaaaaaa, tokaaaaaai. Mending lo berdua geser, geli banget bertiga dempet-dempetan gini."

"Nah gitu dong," Ajun nyengir. Kok dia seneng amat gue sewot. Dulu aja, tiap gue sewot, gue dikeplak. Giliran sekarang...

"Heh, lo bener gak apa-apa kan?" Dika belom selesai ternyata nggilani-nya. Gue berdecak malas sebagai jawaban. Membenamkan setengah wajah gue di antara kedua lutut, memandangi kartu undangan itu sekali lagi. Setengah berharap kartu itu menguap jadi asap lalu voila! Kartu itu gak pernah ada.

"Ntar abis itu kita naik gunung deh, Ryl, lo mau ke mana? Kilimanjoro? Leuser? Panderman? Ayo."

Gue gak menjawab. Pendakian gak bisa nyembuhin luka hati yang kayak gini. Pendakian ke Argopuro dua taun lalu udah ngebuktiin.

"Atau makan enak dah?"

"Atau backpacking lagi kayak dulu pas kuliah? Kali ini agak jauhan."

From ArylTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang