Epilog

4.8K 454 88
                                    

Bertahun-tahun berlalu.

Istri gue sekarang punya empat jabatan profesi sekaligus: istri Aryl Putra di manapun, copywriter di kantor, Mak Lampir di rumah, dan guru di Spirelnya yang sekarang udah berkembang pesat. Spirel udah bukan cuma sekolah di pinggir rel, tapi juga udah menjangkau anak-anak kolong jembatan di daerah Grogol. Lumayan sering dibantuin sama mahasiswa-mahasiswa yang jadi relawan pengajar plus nyumbang banyak buku.

Itu profesi utamanya, profesi sampingannya adalah tukang rapiin rambut Aryl Putra, pembuat kopi terenak di dunia Aryl Putra, dan pencerewet setiap Aryl Putra malas-malasan.

Sementara gue?

Coba tebak sekarang gue jadi apa.

Yang jelas bukan jadi model minyak firdaus (karena menurut istri gue, gue gak ada cocok-cocoknya sama sekali berjenggot subur)

Bukan juga jadi pengrajin celengan babi (mentang-mentang gue Makibau).

Ya, gue jadi guru nyambi suaminya Mak Lampir.

Terus taun kemaren gue bareng Ajun sama Dikung memulai bisnis kedai kopi di daerah yang lumayan estetik di sudut kota Jakarta. Lumayan laris, gak sia-sia gue minum kopi Bule tiap hari pas di kampus. Hahahaha. Sebenernya kita gak mulai dari nol juga sih, kedai itu ada udah lama, dari pas kita kuliah, cuma sekarang ganti kepemilikan aja jadi ke kita bertiga. Kebetulan pemilik sebelumnya tuh omnya Ajun.

Gue sering mampir ke kedai pas akhir minggu, seneng aja sama suasana di situ, gak gitu rame, tapi juga gak gitu sepi. Cocok buat para pecinta solitude, atau yang cuma mau baca-baca santai sambil ngopi, atau beresin kerjaan di depan laptop dengan tenang, atau mau ngelurusin kaki bentar setelah macet-macetan, atau mungkin mau jatuh cinta? We can provide it! Hahahah. Napa jadi promosi ya.

Tapi iya lho, gue denger dari Ajun banyak cinta bersemi di kedai kopi kami. Bahkan salah satunya Alya, barista cewek yang baru masuk dua bulan lalu, kata Ajun, dia sekarang pacaran sama pelanggan yang emang sering banget dateng ke kedai. Sapa tuh namanya, Dirga apa siapa gitu.

Mantap.

Gue paling seneng nih gini-gini. Besok-besok gue bikin corner buat pasangan juga kali ya di kedai? Hahaha.

Ngomong-ngomong pasangan. Pasangan Annisa Dyo denger-denger udah punya dua anak lagi. Gue tau dari Mahe sih. Karena bisa dibilang gue udah gak pernah komunikasi lagi sama mereka. Terakhir ketemu udah lama, pas pernikahan gue sama Khal. Padahal waktu itu buntutnya baru satu. Gak taunya itu sebenernya Nisa lagi hamil anak kedua. Jarak umur dua anaknya cuma setaun.

Doyan juga si Dyo.

Gue sendiri udah sepakat sama Khalinta untuk gak punya anak dulu. Mau puas-puasin pacaran dululah. Dulu kan abis jadian langsung LDR, terus putus, pas balikan, gak lama nikah. Jadi belom ada kesempetan pacaran yang bener-bener pacaran gitu. Ah sa ae lo, Ryl. Hahaha.

Tapi ya kalo dikasih sekarang juga gak apa-apa. Gue gak nolak. Malah mau rikues anak gue ntar cowok. Bukan mau nyaingin Nisa ya, tapi emang gue pengen punya anak cowok, biar bisa gue ajak naik gunung, ngopi, sampe maen bola di lapangan.

Waktu itu gue pernah ngobrol sama Mahe soal Nisa, kata Mahe anaknya Nisa Dyo udah pada masuk SD. Terus dia nyuruh gue mampir. Katanya biar gak putus silaturahmi.

Hmm. Ntar deh. Dyo masih suka sensi kayaknya sama gue. Haha. Ya daripada menimbulkan suasana tidak enak. Mending udah bener begini, menjalani hidup masing-masing dengan damai.

Gue mengecek waktu di arloji gue, udah jam empat sore. Waktunya jemput istri. Heran ya, dari zaman SMA, masih tetep aja gue jadi ojek, sekarang naik tingkat aja, ojeknya naik mobil.

From ArylWhere stories live. Discover now