22. TITIK TERENDAH

754K 70K 68.6K
                                    

22. TITIK TERENDAH

Barangkali orang-orang bersikap apa adanya. Barangkali juga bersikap bahwa dia baik-baik saja walau ternyata tidak. Untuk kamu, selalu ingat berjuang.” — Kejora Ayodhya

“Gue denger kemarin Kejora nangis pas di konser. Lo apain cewek gue Dan?” tanya Galaksi dengan nada berat pada Jordan ketika mereka duduk-duduk di kantin sekolah.

“Hah? Kejora nangis? Enggak Lak. Ya Allah enggak nangis Lak...,” ucap Jordan seketika panik padahal cowok itu baru saja duduk di samping Galaksi.

“Gue denger dari Guntur,” papar Galaksi memasang raut muka datar.

“Fitnah lebih kejam daripada pembunuhan Lak. Guntur ngarang tuh! Ya Allah enggak mungkin gue bikin Kejora nangis Lak...,” ucap Jordan makin kelimpungan.

“Mana mungkin gue berani? Kemarin udah gue anterin Kejora sampe rumahnya yang baru Lak. Gak sampe lecet apalagi nangis. Suwer dah Lak,” kata Jordan.

“Bener?”

“BENER LAK! TANYAIN NOH ASEP!” Nada suara Jordan meninggi. “Gue, Septian sama Kejora kemarin pulang bareng. Ampun Lak. Jangan smackdown gue. Gue masih mau hidup panjang Lak...,” ucap Jordan pada Galaksi.

“Gue awasin lo,” ucap Galaksi membuat membuat wajah Jordan makin pias.

“Mampus lo Dan,” ucap Bams.

“Lagian biasa aja. Lebay banget sih lo Dan?” ucap Bams baru saja duduk dengan es jeruk di tangannya.

“Iya kan biar mendramatisir Bams,” balas Jordan.

“Tapi lo gak bakal smackdown gue kan Lak?” tanya Jordan.

“Tergantung. Kalau bener Kejora nangis. Baru gue lanjutin,” ucap Galaksi membuat Jordan semakin pucat. Jordan menelan ludahnya dengan berat. Mampus gue, batin Jordan.

“Eh kok ke kantin gak ngajak-ngajak gue sama yang lain sih?” Guntur, Oji, Nyong, dan Septian datang ke kantin. Mereka langsung menuju ke kursi meja—tempat di mana biasanya Ravispa duduk sambil bercanda di kantin.

“Emang bener Kejora nangis Tur?” ungkit Bams membuat Jordan melotot garang pada cowok itu. Sementara Bams membalas tatapannya dengan santai sambil satu kaki naik ke atas kursi dan minuman di atas lututnya.

“Ohh yang kemarin? Iya bener bukannya itu pas sama lu Dan?” ujar Guntur polos membuat Jordan semakin panas dingin di tempatnya. Ye dasar cepu, maki Jordan dalam hati.

Galaksi melirik Jordan tajam dari samping yang membuat cowok itu nyengir. Bulu kuduk Jordan langsung berdiri karenanya. Bukannya berlebihan. Tapi memang dibandingkan keduanya. Galaksi tetap lebih kuat. Mau dilawan dari segi mana pun oleh Jordan. Tetap saja semua orang tahu pemenangnya adalah Galaksi. Makanya dari dulu sampai sekarang Jordan selalu menjaga pertemanan mereka.

“Ampunnnnnn Lak! Gue gak tau kenapa dia tiba-tiba nangis. Matanya basah. Pas lo tinggal dia langsung begitu,” ucap Jordan. Tidak mau membawa nama Kris. Takut hubungan keduanya rusak kembali.

Galaksi menghela napas panjang.

“Gue mau buka-bukaan tentang masalah gue sama lo semua. Tapi jangan kasih tau Kejora,” ucap Galaksi membuat keenamnya duduk di depan Galaksi—melingkari cowok itu tanpa meja. Menarik-narik kursi agar mendekat.

“Kenapa?” hanya Oji yang berani bertanya.

“Kakek gue mau gue sama Kejora putus,” kata Galaksi.

****

Yang dilakukan Kejora ketika di kelas adalah sibuk belajar meski tidak ada satu pun yang peduli atau menganggap kehadirannya. Meskipun ada Fani. Tetap saja Kejora tidak bisa bergantung terus pada perempuan itu. Fani sangat baik padanya. Ketika semuanya pergi. Hanya Fani yang mengulurkan tangan. Membantu Kejora keluar dari jurang kehancurannya. Alasan Fani mau berteman dengan Kejora pun sederhana. Fani mau belajar dan semenjak masuk sudah ingin menjadi teman Kejora.

GALAKSIKEJORA [SUDAH TERBIT]Where stories live. Discover now