14 : Pangerannya Cebol

263 29 23
                                    

Hari ini gue hampir telat.

Tebak gara-gara siapa?

Artha.

Manusia satu itu termasuk golongan yang bukan morning person. Butuh se-enggaknya 1 jam buat bunda Artha bangunin dia dan dibantu dengan kekuatan dari adeknya yang lebih perkasa dari dia buat narik ke kamar mandi.

Kalau bukan karena Artha yang emang hobi ngebut disaat-saat mendesak, gue rasa rekor gue yang nggak pernah datang telat bakal rusak.

Gue cuma bisa teriak-teriak maki Artha selama perjalanan ke sekolah. Artha sendiri cuma cuek, tetap ngebut dan biarin gue mukul-mukul punggungnya. Kadang gue bertanya-tanya, kenapa gue mau aja bareng Artha tiap Rei sibuk atau kakak gue nggak bisa nganter ke sekolah?

Sampai di sekolah, kaki gue rasanya lemas banget. Kurang ajarnya, Artha malah cekikikan dan dengan santainya ninggalin gue yang masih berusaha berdiri tegak.

Emang minta dimusnahkan manusia satu itu.

Entah sial atau malah beruntung, sosok yang nggak gue duga nyamperin gue dan ikutan jongkok di samping gue.

"Kak? Lo gapapa?"

Adek kelas yang mukanya cakep dan sempat nyari gue waktu itu muncul dengan ekspresi khawatir. Dia masih pake seragam basket. Mukanya keringetan--tapi malah bikin kelihatan dia makin cakep.

Kok gue jadi kedengeran aneh gini ya?

"H-ha? Eh... nggak. Gue nggak papa..."

"Yakin kak? Bisa berdiri?"

Gue ngangguk. Perlahan, gue berdiri dan hampir aja gue jatuh kalau bukan karena Rajendra yang megang lengan gue.

Berasa kayak di drama-drama aja.

"Kak.. gue gendong aja ya?"

WHAT-- "HAH?! Nggak--gue nggak papa. Bentar lagi juga bisa berdiri normal. Ini gara-gara setan putih satu itu."

Seolah seisi sekolah nggak setuju dengan perkataan gue, bel masuk tiba-tiba aja bunyi tepat setelah gue ngomong gitu.

"Udah bel tuh kak. Gue gendong aja, oke? Gue nggak mau ninggalin kakak disini dan gue juga nggak bisa lama-lama nungguin kakak." Rajendra berlutut di depan gue, ngasih isyarat buat gue naik ke punggungnya.

Dengan terpaksa, gue naik ke punggungnya. Jujur aja, gue takut tulang punggungnya patah. Badannya Rajendra itu termasuk kurus, nggak terlalu berotot macem Bobby atau Rei--yang punggungnya selalu jadi korban badan gue tiap akhir upacara.

"Udah kak? Gue berdiri ya."

Sepertinya gue nggak boleh ngeremehin badan orang lain lagi.

Gue kaget setengah mati waktu Rajendra berdiri tanpa kesulitan apapun. Malah gue yang hampir jatuh karena nggak pegangan sama dia.

Selama perjalanan ke kelas, gue malu banget gara-gara semuanya pada ngeliatin ke arah gue dan Rajendra. Rajendra juga diem-diem aja, nggak ngajak gue ngobrol atau nyautin temennya yang pada siul-siulin gue sama dia.

Emang adek kelas jaman sekarang nggak ada takut-takutnya sama senior.

Atau karena gue kurang garang ya?

Bagian yang paling parah adalah, waktu Rajendra langsung masuk ke kelas gue--padahal gue udah nyuruh dia buat nurunin gue di depan kelas. Semua penghuni kelas natap Rajendra seolah dia punya kepala dua. Bahkan setan putih a.k.a Artha yang tadi cuek ninggalin gue di parkiran matanya terbelalak lebar--meskipun tetap aja nggak bisa lebar banget. Bahkan Rei yang lagi ganti atasan dia, ikut melototin kita.

Rajendra dengan santainya berlutut di samping bangku gue--nggak peduli sama Rei yang melototin kita. Gue cepat-cepat aja turun, nggak berani ngeliat penghuni kelas gue yang masih diem aja--dan gue rasanya mau ngakak aja waktu kelas gue bisa jadi hening tanpa ada guru. Rajendra berdiri, senyum ke gue sampe lesungnya muncul.

"Kalo kakak butuh barengan, bilang gue aja kak. Nanti gue anter sampe rumah."

"H-ha? E-eh, iya."

Rajendra ketawa pelan. Tiba-tiba, tangannya terulur dan nepuk pelan kepala gue. "Lo lucu banget sih kak!"

Bisa gak sih gue ditelan bumi aja?

"Bye kak!"

Gue masih melongo. Rei masih melotot. Seluruh penghuni kelas gue juga masih melongo ngeliatin Rajendra yang keluar dengan santai seolah dia nggak ngelakuin apapun.

"Kalian kenapa kok pada kayak ikan lohan gitu?"

.

.

.

.

.

"PAK! PILUS SELINGKUH DARI REI PAK!"

"UPIL BERBUAT TIDAK SENONOH DI KELAS PAK!"

"SEINA MENISTAKAN KAUM JOMBLO PAK!"

"SEI MENGKHIANATI KAMI SEMUA PAK!"

"UPIL BIKIN TENGGELAM KAPAL SAYA PAK!"

"DIA BELUM BAYAR UTANG PENTOLNYA PAK!"

Salah gue apa sih?

Teman Sebangku Laknat ✔Where stories live. Discover now