6. Fakta

149 14 2
                                    

"semenjak kedatengan si anak TNI itu masa masa SMA gue ga bahagia lagi"

Serempak kedua temennya yang duduk disebelahnya nengok ke arah Edi yang lagi asik mandangin Elo sama Tiara di ujung lapangan.

Edi ikut nengok ke arah Yanto dan Erros"kesempatan gua buat dapetin Tiara musnah sudah"lanjut Edi.

Seketika Erros sama Yanto ngakak abis abisan ngedenger omongan Edi. Anak monyet pun tau ada atau ga ada Elo, Edi ga akan pernah dapetin Tiara.

"gue yang paling bego satu sekolahan Di, bukan elo!"seru Erros disela sela tawanya. Edi memandang Erros ga ngerti.

"maksudnya Erros, ada atau ga ada Elo, lo ga akan pernah bisa dapetin Tiara Edi, aduh ulang tahun lu berikutnya gue beliin cermin ajaib deh biar lo tau seburuk apa muka lu" tambah Yanto sadis, Erros ketawa disebelahnya.

"Tiara belom liat pesona gue aja" kata Edi pede.

"pesona mbah mu! Semut aja muter balik kalo lo ada didepannya, muka lo lebih nyeremin dari belalang tau ga!" Erros ngakak sejadi jadinya ngebayangin Edi yang cungkring badannya berubah jadi badan belalang.

"Edi juga sodaraan ko sama semut, lo dari spesies semut tanah kan, di?" ledek Erros.

"semut rang rang" jawab Edi asem, kedua temennya ketawa lagi ngebayangin lagu anak kecil yang berjudul semut semut kecil dan Edi sebagai model video klipnya. Tawa mereka baru terhenti ketika anak kelas 2 dengan kotak makan ungu ditangannya berjalan ke arah mereka sambil melambaikan tangannya.

"bang Erros!!!" panggil Cenna semangat.

"hai Cenna" alarm kejombloan Edi dan Yanto menyala seketika, Cenna Cuma senyum ke arah teman2 Erros karna tujuan utamanya adalah ketemu Erros.

"kenapa cina?" Tanya Erros.

"mau makan" rengek Cenna sambil natap Erros dengan puppy eyes yang bikin Erros pengen nelen anak domba sekarang juga.

"nih" Erros ngedorong Yanto maju kedepan."dagingnya empuk kalo disate, tapi gue saranin mending di sop aja, kata chef juna daging yang di sop lebih berkalsium tinggi dari daging yang disate, lo harus banyak banyak makan kalsium biar ga bogel terus" jelas Erros ngaco, Cenna ngedorong badan Yanto yang ngalangin pandangannya.

"aku mau makan sambil dinyanyiin kamu" rengek Cenna sekali lagi.

"bang Edi juga suaranya bagus kok, gajauh beda sama Rhoma irama, ama aku aja yuk?"

"lo pikir Cenna kelahiran tahun 80an kayak elu! Mending ama gue cen, gue bisa jadi Aril peterpan buat lu"

Erros yang merasa keberadaan Cenna sudah menghawatirkan akhirnya narik tangan Cenna dari kedua temennya yang haus belaian kasih sayang.

"ga dapet kakanya, adeknya diembat! Woooh!"tereak Edi, Erros ngacungin jari tengahnya tanpa nengok kekedua temennya, Cenna cekikikan kesenengan tangannya digenggam Erros.

***

"jwadi ewlo dwolwonya twinggwal dwi cwinerwe?"

Cenna ketawa ngedenger Erros yang nanya sambil ngunyah.

"abisin dulu yang dimulut bang"

Erros nelen Roti isi yang dibawain Cenna, dan ngulang pertanyaannya.

"jadi lo dulu tinggal di cinere?" Tanya Erros lagi, rambutnya berkibar kibar ketiup angin yang berhembus kenceng disertai kerikil mencolok mata. Mereka berdua emang sering ngobrol disini, dilapangan basket yang lama di belakang sekolah.

"iya, semalem ka Tiara cerita, dia seneng banget bisa ketemu bang Elo, dia bilang bang Elo temen masa kecilnya waktu kita tinggal di cinere, nah kalo bang Elo dulunya tinggal di cinere, bang Erros juga dong?" Tanya Cenna

Erros mengerutkan dahi tanda berpikir. Walaupun mereka ga deket, Erros tau siapa aja temen abangnya itu, dan Erros yakin betul kalo Tiara bukan salah satu temen abangnya. cewek secantik Tiara ga mungkin luput dari pandangan Erros kalo emang dia adalah temen masa kecil Elo.

"bang.. bang.. bang Erros ih!" Cenna menggoyang badan Erros kasar, Erros sadar dan makan rotinya lagi.

"aku kan Cuma Tanya, kenapa serius banget sih" Cenna bête, Erros ketawa ngeliat muka Cenna yang cemberut. Erros bukannya gatau kalo Cenna suka sama dia sejak pertama kali Erros pindah ke balkon di sebelah kamar kakanya yang dulunya juga kamarnya. Cenna selalu hadir setiap sore kalo Erros mau main gitar, Erros udah anggap Cenna sebagai adiknya sendiri, dan ga ada kaka yang jatuh cinta sama adiknya sendiri.

"iya udah mulutnya biasa aja" Erros ngeledek Cenna dengan ikut manyunin bibirnya, Cenna ketawa ngakak.

"bang ajarin bunga majemuk sama tunggal dong, susah banget nih liat ulangan aku" Cenna ngasih liat hasil ulangan matematikanya yang berhias angka 2.

"ah elu, pantesan ngasih makanan! Ada maunya kan, ini apaan lagi ulangan ginian doang dapet 2, bego banget sih"

" susah banget bang, lagian bang Erros emang pernah dapet ulangan nilainya gede?"

"yee, ya gua kan beda!"

Erros ngebuka buku Cenna dan mulai ngejelasin bedanya bunga tunggal sama majemuk beserta cara ngitungnya, Erros yang terbiasa ngomong cepet akhirnya dihadiahi muka cengo Cenna yang ga paham.

"ini yang bunga majemuk saldonya lu kurangin dari modal?"

Cenna ngangguk.

"yagabisa gitu Cina! Mbah mu yang bikin ni rumus?!" jelas Erros emosi."mentang2 bunga tunggal abis ketemu saldonya jadi ditambah ke modal bukan berarti kalo yang majemuk jadi dikurangin, aduh lu dongo banget sih"

"mana aku tau" jawab Cenna sebel." Lagian bang Erros kenapa sih pinter tapi kok dibego begoin, emang ga malu dianggep paling bego satu sekolahan?"

"jangan mulai deh, kita kan udah sering bahas ini"

"iya iya" tiba Cenna nyengir."tapi ga apa apa deh, seenggaknya kan aku satu satunya orang yang tau kalo bang Erros sebenernya pinter"

Erros berdecih. Cenna emang satu satunya orang di sekolah ini yang tau masa lalu Erros. Gimana Erros bisa ga ngasih tau dia, kalo selama Erros sekolah disekolahan ini, hari harinya selalu dihiasi oleh pertanyaan Kepo dari Cenna yang lebih lebih Kepo dari agen FBI sekalipun.

"kaka lo cerita apalagi?" Tanya Erros.

Cenna mikir sebentar."ga ada, Cuma dia bilang kalo dia seneng banget waktu bang Elo nolongin kucing dia yang nyangkut di antenanya om Saka, tetangga aku yang galakkkkkkk banget"

Seketika mata Erros membesar."WHAT?!!!"

"ke... kenapa?" Tanya Cenna kaget.

Erros mejamin matanya. kedua Alisnya menyatu tanda ia tengah berpikir keras."kucing kaka lu kucing angora warna putih?" Tanya Erros cepet2, Cenna ngangguk takut.

Erros menarik rambutnya sendiri. ia berdiri kemudian berjalan hilir mudik didepan Cenna yang kebingungan, apa kesalahan dari ucapannya barusan.

"FUCK ELO!" teriak Erros keras keras dan pergi tergesa gesa ninggalin Cenna yang keheranan.

Cenna ga tau satu hal. Satu hal yang sekarang ini terus terusan berputar di kepala Erros. otaknya memutar kembali ingatan 10 tahun yang lalu. Bagi Erros sekarang semua jelas. and he will fight for something that should be his.

***

Tbc.

***


SHIT! At The First SightWhere stories live. Discover now