- Pertanyaan yang Menghantui -

12.1K 1.1K 548
                                    

Saya sama sekali tidak mengantisipasi jumlah pertanyaan yang masuk pada sesi QnA bakal segitu.
Antara terhura dan pengen semaput.

Saya usahakan terjawab semua

Fun fact: kalo ngetik cerita, saya selalu memulai dari ending. Baru dirangkai ke awal untuk meminimalisir plot hole. Jadi adegan epilog yang kalian bingungkan itu adalah satu-satunya yang tidak pernah berubah selama proses pengeditan, jadi maapkan kalo cara penyampaiannya memang rada anu :"

RavAges juga gitu. Kalian mo komen gimana juga, mau happy kek, atau sad ending kek, chapter akhirnya udh siap dan tidak akan pernah saya ubah 😂 Kalian minta sequel juga, mohon maap, saya udah berkomitmen—ending itu adalah bagian paling estetik dari sebuah cerita. Kalo dibikin sequel, makna ending itu sendiri sebagai sebuah "penutup" malah jadi berkurang.

Kecuali kalo memang dari awal saya meniatkan buku tersebut bersequel, itu lain cerita. Atau kalau cuma spin off pendek, saya nggak masalah.

Mari kita awali dengan yang jawabannya panjang dan paling sering ditanya saat QnA, ada tiga perkara:

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Mari kita awali dengan yang jawabannya panjang dan paling sering ditanya saat QnA, ada tiga perkara:

1. "Dari mana inspirasi dan riset Indigenous?"

2. "Kakak Indigo, kah?"

3. "Indigenous kapan terbit?"


|||


SEGMENT 1: GARA-GARA MIMPI BURUK


Maxzrya: "Ide awal buat cerita ini dari mana atau inspirasinya dari apa kak?"

Drivane_Lendra: "Rasanya pertanyaan yang aku tanya ini pernah ditanyakan secara random oleh orang lain, tapi daku tanya juga deh. Terinspirasi dari apa kak ceritanya? Dari suatu literatur lalu diaplikasiin sendiri? Atau murni imajinasi? Atau lainnya? Bahan risetnya apa aja Kak? Pusing tidak? :v //Daku mengharapkan jawaban yang panjang sih."

Ophiastarain_: "Dapet inspirasi dari mana? Kok bisa bikin cerita sekompleks ini hikd."

NayYuan: "Terinspirasi indigenous dari mana? Cerita ini luar biasa bener deh"

Arabicca69: "Penasaran dari mana riset cerita ini."

Pedagangsiomay: "Ini plot awalnya gimana?"

Xielna: "Aku penasaran sama endingnya kapan upnya kak. Meski saya baru komen sekarang tapi saya selalu ngikuti cerita kakak, sama ravage juga. Saya suka cerita-cerita kakak. Awalnya saya tidak terlalu suka jenis cerita berat seperti ini tapi setelah baca punya kakak saya jadi ketagihan. Apa lagi cara kepenulisan kakak yang agak berbeda dari kebanyakan penulis. Pokonya saya kasih A++++ buat kakak. Selain itu alurnya juga susah ditebak aku harus baca berulang-ulang buat memahami alur cerita ini dan itu cukup seru.

IndigenousTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang