Brownies Kukus Umi

221 3 0
                                    

Bahan:

8 butir telur

300 gram gula pasir

200 gram tepung terigu

45 gram coklat bubuk

200 gram margarine

250 gram coklat batang

Susu kental manis coklat secukupnya

Meses secukupnya

Cara Membuat:

1. Lelehkan 250 gram coklat batang bersama 200 gram margarine. Dinginkan.

2. Telur dengan suhu ruang (bukan dari kulkas) dikocok bersama gula pasir hingga mengembang, biasanya kurang lebih 15-20 menit.

3. Setelah adonan pada nomor (2) telah mengembang, masukkan coklat leleh, tepung terigu, dan coklat bubuk, kocok hingga tercampur rata.

4. Pisahkan adonan nomor (3) sekitar kurang lebih 8 sdm ke dalam mangkuk lalu campur dengan susu kental coklat dan meses sesuai selera, kalau saya biasanya mencampurkannya dengan 8 sdm susu kental manis coklat dan 3 genggam meses. 

5. Siapkan kukusan dan tunggu hingga airnya mendidih. 

6. Sambil menunggu air kukusan mendidih, siapkan loyang yang telah dilumuri margarin, tuangkan separuh adonan nomor (3) ke dalam loyang tersebut. 

7. Masukkan loyang berisi adonan ke dalam kukusan yang airnya sudah mendidih, tunggu hingga matang, kurang lebih 15 menit.

8. Setelah adonan pertama cukup matang, ambil adonan (4) dan tuangkan di atas adonan dalam loyang sebelumnya. Tunggu kembali adonan lapis kedua matang.

9. Setelah adonan kedua matang, sisa adonan (3) dapat dimasukkan setelahnya. Biasanya setelah kurang lebih 15-20 menit adonan akan cukup matang.

10. Setelah didinginkan dengan suhu ruang, brownies dapat disajikan sebagai camilan sore atau pagi hari. 

50 Favorite Recipes from My KitchenWhere stories live. Discover now