11. Bagaimana Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat?

11K 1.1K 77
                                    

Tak ingin terjebak di jurusan yang salah, jadi kamu bertanya,

"Lalu, bagaimana memilih jurusan kuliah yang tepat?"

Aturan pertama: tak akan ada jurusan yang benar-benar tepat untukmu. We all are just trying to fit in. Pahami bahwa setiap jurusan memiliki kesulitannya masing-masing. Setiap jurusan punya titik jenuhnya. Setiap jurusan punya kekurangan yang tak kita sukai. Tak ada jurusan yang sempurna. Toh, kita juga tinggal di dunia yang tak sempurna. Kesempurnaan macam apa yang bisa kita harapkan?

Kedua, lihat ke belakang, apa hobimu? Apa yang senang kamu kerjakan? Nah, apa jurusan yang paling dekat dengan hobimu itu?

Jika kamu tak tahu apa hobimu, lihat lagi ke belakang, apa pelajaran favoritmu sewaktu SMA? Kumpulkan jurusan-jurusan kuliah yang berhubungan dengan pelajaran favoritmu sewaktu SMA.

Selanjutnya, jika kamu sudah punya beberapa calon jurusan, jangan langsung gegabah memutuskan. Sabar, pelan-pelan. Coba, lihatlah daftar mata kuliah pada jurusan-jurusan tersebut. Lihatlah materi-materi yang sekiranya akan kamu hadapi. Lihat pula judul-judul skripsi atau penelitian pada jurusan tersebut. Apakah itu sesuatu yang kamu tertarik jalani?

Memang, akan ada beberapa orang, yang ketika melihat daftar mata kuliah atau contoh judul skripsi, akan merasa seperti, "Aduh, ini terlalu sulit buat aku."

Maka, ingat-ingat lagi Aturan Pertama di paragraf ketiga.

Setiap jurusan punya kesulitannya sendiri.

Dan, memang, tak semua orang bisa melakukan cara ini — melihat daftar mata kuliah dan contoh judul skripsi atau penelitian. Namun, setidaknya, ini memperluas potongan puzzle dalam kepalamu. Agar dapat melihat puzzle yang sedikit lebih utuh perihal calon jurusanmu.

Lalu, tanyakan juga orang-orang yang telah berada di jurusan yang kamu inginkan. Bagaimana rasanya di sana? Apa saja yang dipelajari? Apa yang enak? Apa yang tidak enak? Kumpulkan sebanyak-banyaknya informasi. Dan, ingat-ingat, tak ada yang benar-benar hitam maupun benar-benar putih di dunia ini. Jadi, jangan kaget dengan ketidakenakan sebuah jurusan kuliah; ada sisi-sisi yang tak kita lihat.

Dan, yang terpenting dari itu semua..., berdoalah kepada Allah yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. Kuulangi lagi, yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. Karena kita... tak pernah tahu apa-apa, sedangkan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Sekarang, tentukanlah.

"... And when you have decided, then rely upon Allah. Indeed, Allah loves those who rely [upon Him]."

"... Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertakwallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang-orang yang bertawakal." [Q.S. Ali Imran: 159]

***

jadi, kamu mau masuk jurusan mana? kenapa yakin sama jurusan itu?

sudah sungguhan riset? atau, baru sebatas dengar dari kakak-kakak alumni?

lalu, apa kesanmu setelah membaca bab ini, ya!

sampai jumpa di bab berikutnya!

jangan lupa ikuti aku di instagram, twitter, tumblr: alvisyhrn.

thank you for reading! selalu senang kalau bisa lihat kamu datang lagi ke sini.

- Alvi Syahrin

Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-ApaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang