17. ciri-ciri orang sukses - kamu; salah satunya?

10.5K 983 130
                                    

Koreksi aku bila salah, tetapi orang-orang yang sungguhan sukses di dunia ini tak pernah menjadikan uang sebagai tujuan utama.

Kita ambil contoh dari orang-orang paling berpengaruh di dunia ini.

Bill Gates — bila dia menjadikan uang sebagai tujuan utama, dia tak akan maju bersama Microsoft. Dia membangun Microsoft di saat komputer belum semasif sekarang. It was 1975. Tetapi, dia berpikir jauh ke depan, memikirkan dampak positif dari apa yang dia lakukan hari ini di masa depan, sungguh-sungguh dengan apa yang dia kerjakan. Hari ini, Microsoft menjadi salah satu perusahaan paling berpengaruh di dunia ini. Dan, Bill Gates, tanpa perlu menjadikan uang sebagai tujuan utama, pernah menjadi.

Jeff Bezos dan Jack Ma. Bila mereka menjadikan uang sebagai tujuan utama, mereka tak maju bersama Amazon dan Alibaba. Amazon dan Alibaba adalah dua dari e-commerce terbesar di dunia. Amazon didirikan pada tahun 1994. Mulanya hanya berupa online marketplace untuk buku. Lalu, berkembang jadi menjual hampir semuanya. Sementara itu, Alibaba didirikan oleh Jack Ma pada tahun 1999 di Hangzhou, Tionghoa. Bukan kota besar.

Terlebih lagi, itu adalah tahun-tahun ketika internet belum semasif sekarang. Jangankan akses internet, bahkan kebanyakan orang tak punya komputer di rumahnya. Tetapi, Jeff Bezos dan Jack Ma begitu gigih. Mereka melihat jauh ke depan. Mereka melihat apa yang tak dilihat. Mereka mencoba apa yang belum dicoba. Mereka mengatur strategi ini-itu. Dan, uang; uang tak pernah jadi tujuan utama. Jika uang jadi utama, mereka jelas tak akan lanjut. Lebih banyak risikonya.

But they did it.

Hari ini, mereka jadi orang berpengaruh di dunia. Bahkan Jeff Bezos, pada detik ketika aku menuliskan ini, adalah orang terkaya di dunia.

Namun, saat mereka memulai perjalanan ini, kekayaan mungkin tak berada di barisan terdepan kepala mereka. Jika kekayaan berada di barisan terdepan kepala mereka, pastilah mereka jadi orang-orang yang tak menginspirasi khalayak. Mereka pasti lebih banyak berbicara tentang uang, uang, uang. Tetapi, tidak. Mereka adalah orang-orang cerdas yang tak menjadikan uang sebagai tujuan utama. Ketika mereka berbicara, mereka berbicara tentang perubahan. Ketika mereka berbicara, mereka berbicara tentang mimpi. Ketika mereka berbicara, mereka menginspirasi.

Dan, orang-orang yang menginspirasi bukanlah orang-orang dangkal yang hanya mengejar uang, uang, uang.

Nama-nama yang kusebutkan di sini hanyalah contoh-contoh kecil dari kalangan orang-orang besar di generasi kita.

I could be wrong, tetapi itu pola yang kudapati dari mereka.

Tentu, bukan berarti kita tak boleh mengejar uang, bukan berarti uang tak penting. Uang itu penting, tetapi jangan, janganlah jadikan sebagai tujuan utama.

Sebab apa yang kita kejar-kejar, biasanya itulah yang merendahkan kita.

Nilai kita lebih tinggi dari uang yang kita kejar-kejar.

Maka, besarkan motivasimu, tinggikan tujuanmu.

Kejarlah tujuan yang lebih besar dari dunia ini.

Dan, jujurlah pada tujuanmu itu.[]

***

jadi, apa kesanmu setelah membaca bab yang ini? :)

dan, kamu, lagi kepikiran apa lately?

Bạn đã đọc hết các phần đã được đăng tải.

⏰ Cập nhật Lần cuối: Aug 09, 2020 ⏰

Thêm truyện này vào Thư viện của bạn để nhận thông báo chương mới!

Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-ApaNơi câu chuyện tồn tại. Hãy khám phá bây giờ