20

293 18 12
                                    

Maret 2015

Dirumah tidak ada yang berubah dari Bara. Bara bersikap biasa saja seolah tidak ada yang terjadi. Billy ingin bicara, tapi sepertinya tidak sekarang, tidak jika ada Ibunya. Agar terlihat senormal mungkin, Billy ikut melakukan sandiwara yang sama di depan Ibunya. Melakukan kegiatan biasa seperti makan bersama, menonton televisi, dan berbincang di ruang keluarga seperti biasa.

Sekitar pukul 10 malam, mereka kembali ke kamar masing-masing. Karena sudah malam dan besok masih masuk sekolah, biasanya pukul 8 malam sudah masuk ke kamar masing-masing, tapi hari ini berbeda mengingat besok tidak ada pelajaran karena ada perayaan ulangtahun sekolah. Billy dan Bara bukan tipe orang yang suka mendekam di kamar, memainkan ponsel hingga larut malam, mereka lebih memilih berkumpul bersama keluarga, karena meereka sadar waktu bersama keluarga itu sangat mahal dan berharga tentunya.

“Bar gue masuk” Billy mengetuk pintu sekali kemudian masuk ke kamar Bara yang terletak tepat disebelah kamarnya

Bara yang duduk bersandar di nakas tempat tidur sembari membaca buku, menurunkan bukunya sebatas dada setelah Billy masuk ke kamarnya.

“Gue mau ngomong serius” tukasnya

Bara menegakkan tubuhnya duduk di tepi tempat tidur “Ada apaan?”

“Gue tahu lo bohongin gue soal  jabatan osis lo yang dicopot gara – gara gue”

“Gue harus bilang berapa kali ke lo sih Bil? Gak ada hubungannya sama lo”

“Lo mungkin bisa bohongin orang lain, tapi gak gue Bar. Lo itu gue, dan sebaliknya gue itu lo. Gue tau apa yang lo alami dan rasain tanpa lo bilang”

“Kali ini gue gak bohong, emang bukan karena lo”

“Lo gak perlu bohong cuma buat jaga perasaan gue. Gue cuma mau lo jujur”

Bara diam, menunggu Billy melanjutkan kalimatnya.

“Lo gak perlu berkorban banyak hal buat gue lagi, udah banyak hal yang lo lakuin buat gue. Gue ngerasa beruntung bisa punya abang kaya lo. Tapi, gue selalu ngerasa jadi beban buat lo. Gue selalu nyusahin lo, gue selalu jadi hambatan buat lo”

Bara tetap bungkam, ini bukan kali pertama Billy membicarakan hal ini, tapi kali ini berbeda, Billy sangat emosional, dan jujur itu sedikit menyakiti Bara melihat adiknya terpuruk seperti ini.

“Gue udah sembuh Bar, gue gak kaya dulu lagi. Sekarang gue udah sehat, gue bisa nyelesaian masalah gue sendiri, gue udah bisa hidup secara normal. Jadi plis berhenti berkorban buat gue, udah saatnya lo mikirin diri lo sendiri”

Bara bangkit, berdiri berhadapan dengan Billy yang juga menatapnya “Lo salah kalau mikir lo beban buat gue. Gue gak ngerasa lo itu beban, lo adik gue. Gue abang lo, dan udah sepantasnya abang jagain adiknya. Itu kewajiban gue, lo harus tau itu”

Billy menarik napas dalam – dalam , mencoba mengontrol emosinya “Lo ngelakuin semua ini karena almarhum bokap kan? Bokap yang minta lo ngelakuin semuanya demi gue? Lo cuma ngerasa bersalah atas kematian bokap jadi lo ngelakuin ini semua”

“Tanpa Papa minta, gue bakal tetap ngelindungin lo. Papa udah gak ada, dan itu artinya tanggung jawab gue ngelindungin lo dan mama. Lo bukan beban buat gue”

Matanya mulai kabur oleh air mata yang muncul tanpa perintah “Sejak kecil gue selalu nyusahin keluarga ini, bahkan sebanyak apapun prestasi yang gue dapat gak bakal bisa ganti itu. Gue gak mau lo terus – terusan berkorban buat gue, gue capek hidup kayak gini Bar. Lo gak tau apa yang gue rasain, gimana rasanya jadi beban buat kembaran lo sendiri, buat nyokap lo, buat semua orang, lo gak akan tau , karena lo gak ada diposisi gue. Lo punya semuanya, lo bisa semuanya, lo sempurna tanpa gue, lo berpura – pura gak bisa apa – apa karena apa? Karena lo mau semua orang ngelihat ke gue, lo mau gue dianggap lebih mampu dari lo, dan kenyataannya apa? Gue gak sebaik itu”

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Feb 14, 2019 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

RASVATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang