01: Menghindar

4.5K 617 6
                                    

"Ci¹ Laura, terima kasih banyak ya buku sketsanya. Aku memang sudah lama sekali menginginkannya." [¹berasal dari kata cici, artinya panggilan untuk kakak perempuan dalam budaya Tionghoa].

Perhatian Laura yang sedang mengetik laporan pasien teralihkan saat ponselnya bergetar. Di layar ponsel ada sebuah pesan masuk dari Aimee, sepupunya.

Laura hanya membaca sekilas pesan itu. Dua detik kemudian jari-jarinya kembali mengetik di atas keyboard komputer, meskipun tak sepenuhnya pikiran Laura tertuju pada kalimat-kalimat di layar monitor.

Kemarin Aimee, sepupunya yang tinggal di Bandung, berulang tahun yang ke-20. Sesuai dengan arti namanya yang adalah 'dicintai', Aimee diperhatikan oleh banyak sekali sanak saudaranya.

Termasuk juga Laura, yang membelikan buku sketsa yang harganya cukup mahal sebagai hadiah ulang tahun. Laura pikir, mungkin buku sketsa itu bisa berguna bagi Aimee.

"Sama-sama, semoga berguna ya," Laura membalas pesan Aimee setelah menyelesaikan laporan pasien.

Tak butuh waktu lama hingga muncul kembali balasan dari Aimee. "Cici hari Sabtu nanti datang ke Bandung kan?"

Laura tidak langsung menjawab. Dia tahu Sabtu ini Aimee mengundang keluarga besar mereka untuk makan malam kecil-kecilan merayakan ulang tahun.

Laura membuka kalendernya sekali pun dia tahu akhir pekan ini jadwalnya kosong. Dia membuka kalender dokter-dokter lainnya. Dilihatnya Dokter Freddy ditugaskan untuk jaga malam di hari Sabtu.

Alih-alih menjawab pesan Aimee, dia malah menulis pesan baru untuk Dokter Freddy.

"Dok, saya lihat Dokter kebagian jaga malam Sabtu ini? Mau dihibahkan ke saya saja?"

Laura menunggu. Sekitar sepuluh menit kemudian dia mendapat balasan dari Dokter Freddy.

"Betul tidak apa-apa kalau saya hibahkan ke kamu? Jujur, saya memang segan untuk jaga malam Sabtu ini. Saya sebetulnya juga ada acara keluarga yang tak ingin saya lewatkan."

Dengan cepat Laura membalas. "Tidak apa-apa, dengan senang hati saya menggantikan Dokter jaga malam."

Setelah membalas Dokter Freddy, Laura segera mengisi jadwalnya di kalender untuk hari Sabtu dengan jaga malam. Kemudian dia meraih ponselnya lagi dan kembali membuka pesan dari Aimee.

"Maaf, Aimee. Sabtu ini aku tidak bisa datang, sebab aku kebagian jadwal jaga malam. Salam untuk yang lainnya ya, semoga acaramu menyenangkan."

Laura meletakkan kembali ponselnya dan lanjut bekerja. Dia tidak menggubris ketika ponsel itu kembali bergetar singkat.

Aimee adalah sepupu Laura yang menyenangkan dan sopan. Laura tahu Aimee mengaguminya dan senang jika Laura berada di dekatnya dan mengobrol bersamanya.

Akan tetapi Laura tidak suka jika dia harus sering bertemu dengan Aimee. Sebab setiap kali Laura bersamanya, dia merasakan perasaan tidak menyenangkan yang selalu membuat dadanya terasa sesak.

~

JAGA MALAM [Wattys 2018 Winner]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang