Putih Abu-abu #03

674 187 165
                                    

“Mel, tugas geografi Bu Jihan udah belum?” tanya Arkana melalui pesan singkat kepada Amelia.

“Belum. Kerjain bareng yuk Na!” balas Amelia.

“Oke, gue ke rumah lo.”

Sore itu Amelia sedang bersantai di pinggir kolam renang sembari mengenakan masker di wajahnya. Amelia benar-benar sedang menikmati me time nya sebelum Arkana mengiriminya pesan singkat untuk mengerjakan tugas sekolah. Tak sampai lima menit Arkana datang, ya karena rumah mereka memang hanya bersebelahan.

“Woi!” Sapa Amelia kepada Arkana yang terlihat kebingungan mencari Amelia di ruang tengah.

“Dih bikin gue jantungan aja sih lo. Gue kira apaan tau ga lo! Pake masker begituan lagi,” jawab Arkana dengan menggerutu kesal karena dibuat kaget dengan penampilan Amelia.

“Sewot banget sih lo Na! Udah diem gak usah bawel. Ntar masker gue rusak!”

Mereka pun mulai mengerjakan tugas mereka yang kebetulan diampu oleh guru yang sama. Mengerjakan tugas sekolah ala Arkana dan Amelia tentu tidak murni seratus persen mengerjakan tugas. Pastinya diiringi dengan gurauan satu sama lain diantara mereka.

Mulai dari saling mengolok-olok masa lalu satu sama lain, hingga tiba pada sesi curhat colongan mereka. Berbagi kisah satu sama lain tentang teman sekelas mereka yang beragam sekali kepribadiannya hingga membicarakan masalah ekstrakurikuler apa yang akan mereka pilih.

“Mel, lo jadi mau masuk OSIS?” tanya Arkana.

“Gue bingung nih Na. Gue sih minat ke cheers. Tapi ikut OSIS juga bisa nambah pengalaman organisasi gue. Tau sendiri dulu gue jaman SMP gapernah ikut yang namanya organisasi.” Amelia menjawab sembari melepas masker yang sedari tadi ia kenakan.

“Lo pengen ikut OSIS bukan gara-gara Galang kan?” goda Arkana kepada Amelia.

“Em…sebenernya sih asik ya bisa gabung sama OSIS terus ketuanya si Galang juga kan orangnya easy going banget. Tapi kok gue gak yakin ya Na.”

“Lah, gak yakin kenapa lo?” tanya Arkana dengan memasang muka kaget sekaligus bingung. Tidak percaya sahabatnya berkata seperti itu, bertolak belakang dengan apa yang ia duga.

“Gak tau, gue ngerasa gak nyaman aja kalo emang harus masuk OSIS dengan perlakuan temen-temennya Galang ke gue yang kaya gitu. Ya emang gak semua ketus kaya si Diva sih, tapi mayoritas kayanya begitu deh Na. Siswi biasa aja kaya gitu ke gue. Apalagi anak OSIS.”

“Hahaha lo sih anak baru lagu-laguan nyolong start deketin ketua OSIS. Ya gitu akibatnya, gue pernah bilang sama lo juga kan waktu itu.”

“Dih gue gak deketin ya Na. Ya gue sih kagum sama Galang, tapi yang pertama kali nyamperin gue tuh Galang. Waktu gue nungguin lo di kantin tapi lo nya gak dateng-dateng.” Amelia menjawab ledekan Arkana sambil melemparinya kacang.

“Udah deh lo gausah nambah-nambahin gue ribet Mel di sekolah. Udah cowok-cowok pada ributin lo. Gue juga ikutan kena imbasnya karena sering bareng lo. Ini lagi lo pake acara deket sama ketua OSIS.” Arkana menjawab sambil meneruskan tugasnya.

Disela-sela mereka berbincang, tiba-tiba handphone Amelia berdering. Tanda pesan singkat via WhatsApp telah masuk.

“Hai, Sore Amel… :)” sapa seseorang yang mengirimi Amel pesan.

Melihat raut wajah Amel yang bingung akan siapa yang mengiriminya pesan singkat, Arkana menghentikan pekerjaannya.

“Siapa Mel? Kok muka lo jadi berubah bingung gitu?” tanya Arkana.

“Tau nih ada yang WhatsApp gue. Nomor baru lagi.”

Semenjak masuk SMU memang banyak pesan singkat yang Amelia terima. Baik lewat platform pribadi seperti Line atau WhatsApp pun juga melalui platform media sosial seperti Instagram. Dari sapaan, hingga ada juga yang memaki Amelia merasa Amelia adalah saingannya.

“Marah-marahin lo lagi? Sini biar gue yang bales. Buset gak ada kerjaan banget sih tu orang. Kerjaannya marah-marah mulu, ga gentle lagi pake akun palsu.” Arkana mendengus kesal karena ingat sahabatnya itu pernah cerita jika ia dimaki-maki oleh oknum rahasia yang menyamar dengan akun palsu.

“Gak kok Na. Gak marah-marah dia. Tau nih nyapa gue doang.”

“Kok cuma dibaca? Lagi sibuk ya kamu?” Seseorang itu mengiriminya pesan lagi.

Karena penasaran, Amelia melihat foto profil orang yang telah mengiriminya pesan. Ya, orang itu baru saja mengganti foto profilnya dengan potret dirinya yang sedang mengenakan seragam SMU. Ternyata tidak lain dan tidak bukan, dia adalah Galang. Ketua OSIS SMU Harapan Bangsa.

Menyadari pesan tersebut dari Galang, Amelia langsung tersenyum merespon pesan itu dan segera membalasnya.

“Oh Kak Galang. Halo Kak…” balas Amelia singkat.

Arkana yang sedari tadi mengawasi raut wajah Amelia mendadak bingung dengan perubahan raut wajah sahabatnya itu.

“Dih kenapa lo? Dari siapa emang? Coba mana liat.” Arkana mencoba merebut handphone Amelia.

“Paan sih kepo banget lo!” jawab Amelia dengan menepis tangan Arkana.

“Na, gue ngerjain tugasnya nanti-nanti dulu deh ya. Ada yang lebih urgent soalnya hehehe.” Amelia berlalu meninggalkan Arkana ke ruang tengah.

Arkana yang sudah tidak asing lagi dengan tingkah sahabatnya itu memutuskan untuk pulang ke rumahnya. Meninggalkan Amelia yang sedang asyik dengan gebetan barunya. Arkana paham betul sifat Amelia, jika mendadak Amelia pergi dan sibuk sendiri itu berarti Amelia sedang tidak ingin diganggu.

“Yaudah deh Mel. Gue balik. Buku lo gue bawa ya. Jangan lupa kerjain itu tugasnya!” Arkana pamit dan keluar meninggalkan rumah Amelia.

Amelia hanya menjawab Arkana dengan acungan jempol dan tidak menghiraukan langkah Arkana pergi meninggalkan rumahnya. Disaat yang bersamaan dengan kepergian Arkana, Kevin–kakak Amelia–tiba. Ia menyapa Arkana, namun respon dari Arkana hanya sebuah senyuman. Bukan seperti Arkana biasanya yang terlihat akrab dengan Bang Kevin.

“Kevin pulang…,” sapa Bang Kevin saat memasuki rumahnya.

Melihat adiknya yang sedang bersantai di ruang tengah, Kevin pun menghampirinya. Dari kejauhan nampak adiknya sedang menatap layar handphone dengan penuh senyuman.

“Woiiii! Asik banget nih kayanya sampek abangnya pulang aja gak direspon,” goda Kevin kepada adiknya yang sontak kaget dengan kehadiran kakaknya.

“Dih Abang ngapain sih ngagetin segala!” jawab Amelia sedikit kesal dengan tingkah kakaknya yang tidak jauh beda dengan Arkana. Suka jahil pada Amelia.

Kevin diam-diam mengamati aktifitas online adiknya dari balik kursi sofa. Amelia yang menyadari tingkah kakaknya bergegas naik ke kamarnya dan meninggalkan kakaknya dengan menggerutu kesal.

“Kepo banget sih Bang! Huh!” ucap Amelia.

Kevin yang melihat adiknya kesal langsung merespon tingkah adiknya dengan tertawa terbahak-bahak. Hingga Kevin tak menyadari jika orangtuanya telah tiba di rumah.

“Hayo Kevin, pasti habis jahil sama Amel?” tanya Ibu Kevin.

“Kevin Kevin, jangan suka iseng sama adiknya keterlaluan lah. Nanti berantem lagi capek Papa dengernya,” balas Papa Kevin dengan nada sedikit tegas.

“Yaelah Pa santai aja kalik, bercanda ini. Amelia tuh Mah, keliatannya lagi jatuh cinta deh. Dari tadi senyum sendiri ngobrol sama orang hahaha.” Kevin berkata sambil berlalu dan mengambil sebuah apel dari meja makan.

◎◎◎

***
Terimakasih sudah membaca Novel "Bait Pertama". Tunggu lanjutan kisah Arkana dan Amelia selanjutnya yaa😊

Bait Pertama (A Novel)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang