TIPS MENULIS ALA ZAIM

223K 9.3K 345
                                    

Oke gaez, karena banyak banget reader yang tanya aku di WP bagaimana tips menulis, makanya aku bikin postingan ini. Soalnya aku nggak mungkin jawab satu per satu pesan yang masuk. Pertama, karena aku males ngetik. Kedua, karena aku lagi PW nonton drakor. 😅 Jadi nggak punya waktu hehe

Aku mempunyai pengalaman beberapa karyaku pernah diterbitkan, seperti antologi puisi "Nyanyian Pendosa" di penerbit indie, cerpen "Tercipta Berbeda" dan "Harga Mati Sebuah Cinta" di majalah, dan banyak cerpen dan puisiku yang dimuat di antologi bersama. Selain itu, aku mempunyai dua akun wattpad yang memiliki banyak followers dan readers. Ada dua novelku juga yang sudah terbit yaitu I AM IN DANGER DAN KIDO VS YURA. So, aku menulis tips menulis ini berdasarkan pengalamanku aja.

TIPS MENULIS ALA ZAIMNOVELIS - Zaeemaazzahra

1. PERBANYAK KOSA KATA
Menurutku, sebelum kalian menulis, hendaknya kalian belajar menulis dulu. Pertama-tama, jangan belajar menulis dari wattpad karena banyak karya yang kurang berkualitas untuk dijadikan acuan dalam menulis. Belajarlah memperbanyak kosa kata baru dari membaca cerpen di majalah atau koran, misalnya majalah Femina, Kartini, Hai, koran Kompas, Jawa Pos, dan lain-lain.

Cerpen-cerpen yang telah terbit di koran atau majalah Nasional pasti sudah melalui seleksi yang sangat panjang, sekitar 3-7 bulan. Redaksi tidak akan mencetak karya yang tidak memiliki kualitas yang bagus dalam segi alur maupun tata cara menulis. Berbeda dengan wattpad di mana segala macam orang bisa meng-upload karya sesuka hati tanpa adanya seleksi. So, bacalah karya yang sudah melalui seleksi karena 90% berkualitas.

2. CERITA ANTI MAINSTREAM
Aku pernah membaca karya dua author ternama di wattpad. Dan memang karya mereka aku akui sangat bagus karena bisa membuatku membaca dari chapter awal hingga akhir. It's amazing! Soalnya hanya karya yang benar-benar bagus dan menarik yang bisa membuat aku tuntas membaca. Karena aku tuh tipe orang yang nggak suka membaca novel.

Cerita yang mereka buat alurnya anti mainstream banget, berbeda dengan karya di wattpad. Biasanya karya di wattpad sering kali bercerita tentang direktur yang jatuh cinta dengan sekretarisnya atau sahabat yang akhirnya jatuh cinta. Dari judul dan sinopsisnya aja, aku udah bosen! So, kalau kalian ingin terkenal di wattpad, buatlah cerita yang berbeda dengan karya yang lain. Oke?

3. JANGAN BUAT KARYA YANG TERLALU DEWASA
Aku sering menjumpai karya yang memiliki warning 21++ di wattpad. Karena iseng, aku pernah membaca satu chapter dari salah satu karya yang memiliki warning tersebut karena aku lihat viewersnya banyak. Dan ASTAGHFIRULLAH!! Aku sampek ngeri plus merinding. Adegan panas dalam novel tersebut dideskripsikan secara detail apalagi pemeran satu dan yang lain tidak memiliki ikatan pernikahan alias kumpul kebo.

Memang benar karya yang seperti itu akan menarik perhatian pengguna wattpad. Tapi hendaknya si pembuat karya memikirkan readers wattpad yang sebagian besar masih di bawah usia 21 tahun. Sedikit banyak, adegan terlalu panas seperti itu akan mempengaruhi psikis mereka. Dan yang pasti, itu berdampak negatif.

Aku? Di novel illfeel tapi cinta dan cewek cetar memang ada adegan yang sedikit panas. Itu pun hanya sampai ciuman lalu merebahkan tubuh si pemeran wanita ke kasur. Adegan setelahnya sengaja aku SENSOR. Terlebih lagi, cerita yang aku buat pasti pemeran utamanya melakukan hubungan suami istri setelah menikah bukan sebelum menikah.

Ada keuntungan dan kerugian membuat karya dengan banyak unsur dewasa. Keuntungannya adalah cepat mendapat viewers karena di wattpad banyak kids jaman now yang sudah terkontaminasi. Jadi mereka suka bacaan yang seperti itu. Terlebih lagi, di wattpad juga banyak orang dewasa yang memang suka membaca novel-novel seperti itu. Sedangkan Kerugiannya adalah sulit diterbitkan penerbit mayor walaupun jumlah viewersnya banyak. Penerbit mayor akan berpikir 1000 kali untuk menerbitkan karya yang semacam itu. Jadi karya yang terlalu dewasa akan
SANGAT sulit mampang di toko buku. Mungkin karya semacam itu bisa terbit tapi 95% diterbitkan oleh penerbit indie. Karena penerbit mayor cenderung menerbitkan karya yang berbobot. Dan kerugian yang lain jika membuat karya panas adalah sesuatu yang akan kalian terima di akhirat hehe :v 😅✌

I am in danger [TERSEDIA DI GRAMEDIA]Where stories live. Discover now