1st Rule: Nothing's Original

17.6K 1.9K 161
                                    

Bahkan ayam KFC sekalipun *eh*

Maksudnya apa tuh, nothing's original? Sekarang itu zaman di mana informasi datang dan pergi bagaikan angin. Kamu liat si anu di mana-mana, kamu liat si ini di mana-mana. Kamu nonton film apa terus kamu baca suatu novel yang judulnya berbeda tapi ko ceritanya agak-agak mirip tapi beda gimana gitu sehingga meninggalkan kesan klise.

Ada seorang seniman luar (yang aku lupa namanya) ketika ditanya tentang bagaimana ia mendapatkan ide dalam sebuah karya. Dia berkata, "Ada tiga cara untuk mendapatkan ide: pertama melihat. Kedua melihat. Ketiga melihat." Dengan kalian melihat banyak karya, maka image bank kalian juga akan bertambah. Kalau pikiran kamu liar, maka otak kamu dengan sendirinya akan mencampuradukkan segala macam hal itu menjadi suatu hal yang baru.

Yep, analogi itu juga berlaku dalam kepenulisan. Di sini konteksnya kalian harus banyak membaca (komik, novel atau nonton film juga bisalah). Dari cerita-cerita yang udah kamu baca mungkin secara ga sadar kamu akan memilah bagian mana yang mirip dan apa yang membedakannya. Dan mungkin dari apa yang kamu lihat, sesuatu yang sangat menarik di sana akan terus kamu ingat. Nah, itu yang penting. Sesuatu yang kamu suka itu. Kamu ambil, kamu rombak ulang bersamaan dengan hal-hal penting yang lain sehingga menjadi sesuatu yang baru.

Itu plagiat dong? Wow, nggalah. Kalau plagiat, seorang plagiator akan 'plek-plekan' mengopi cerita, mungkin hanya ubah nama saja. Hey, menjadi seorang plagiat itu kelasnya rendah, tapi yang kamu lakukan ini lebih keren: you steal.

Kamu mencuri; meminjam ide orang lain dan menggabungkannya dengan hal-hal lain. Ingat, tidak ada lagi yang original. Yang ada adalah upaya kalian 'merekayasa' sehingga terkesan original.

BACA. AMBIL GAGASANNYA. GABUNGKAN.

DON'T COPY, BUT STEAL.

silakan tanya, jika kurang paham.

Writing Ideas And StuffTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang