World Building #2: Let's Start With Basic Rules

1.7K 130 28
                                    

"Kalo World Building itu segala aspek harus kita ubah (nama, bulan, satuan ukuran etc) atau tidak perlu?"

"Kalo World Building itu segala aspek harus kita ubah (nama, bulan, satuan ukuran etc) atau tidak perlu?"

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Tergantung

Oke, jadi gini. Seberapa rumit kita membangun sebuah dunia fiksi tergantung dengan di mana tepatnya lokasi dunia buatan ini atau lebih mudahnya cerita kamu itu genre-nya apa?  Tingkat kesulitannya pun menurutku akan berbeda dengan pemilihan genre yang kamu pilih: fantasi, atau sci-fi, drama dan semacamnya.

Aku ambil contoh kisah ringan dulu ya, sebelum masuk ke genre yang lebih berat macam sci-fi maupun fantasi. Sebut saja kamu bikin cerita drama. Misalnya kamu buat cerita drama tukang bunga yang jatuh cinta dengan pembelinya. Hal yang paling utama yang kamu pikirkan adalah di mana. Katakanlah kamu mengambil setting di Indonesia dan Bandung, 'dunia kecil' yang kamu ciptakan tinggal nama karakter-karakter dalam cerita kamu, nama toko bunga di mana lakon kamu jualan, detil toko seperti warna, berapa tingkat rumahnya, jualan bunga apa saja, memberikan service yang bagaimana  dsb dsb. Yah, ini contoh paling sederhana world building; 'dunia kecil' dalam kisah dramamu.

Pertanyaan berikutnya adalah, salah enggak kalau saya mengambil (misalnya) ITB sebagai tempat si lakonnya kuliah? Atau salah enggak, kalau saya mengambil daerah jalan Dago atau Antapani sebagai landmark di cerita saya? Why not? Kamu kira enggak keren ya mengambil latar tempat kota sendiri? Haha, gapapa kali. Webtoon juga banyak yang lokal kok. New York, London, Thailand juga nama-nama asli yang ada di dunia ini. Buat apa dong ada perkataan di awal buku seperti: Cerita ini fiksi. Jika terdapat kesamaan tempat maupun tokoh hanyalah kebetulan belaka ?

 Jika terdapat kesamaan tempat maupun tokoh hanyalah kebetulan belaka ?

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Selajutnya sedikit kerumitan fantasy world building.

Hal utama yang lagi-lagi penting adalah kamu menulis kisah fantasi yang seperti apa? Karena world building kurang lebih ngomongin tempat, mungkin secara garis besar ada dua macam dunia fiktif dalam genre ini: 1) dunia yang dibuat total dari 0 seperti skyrim, 2) dunia nyata yang ditambah unsur-unsur mejik dan hal serupa seperti Mortal Instruments. Mungkin dengan gambar di bawah kamu bisa mengategorikan sendiri subgenre fantasi ini masuk ke mana.

Writing Ideas And StuffWhere stories live. Discover now