12th Rule: Make Stories You Want to Read

4.1K 552 72
                                    

sebenernya ini sederhana banget. Buatlah cerita yang pengen kamu baca. Ada kalanya ketika kamu nonton film kamu ga puas dengan endingnya misalnya. misalnya ned stark mati. kenapa harus mati gitu, dia kan keren banget, baik etc etc etc lalu kamu akhirnya bikin cerita sendiri bagaimana kalo si ned stark masih idup. mungkin itu cikal bakal adanya fan fiction Game of Thrones yang bahagia mungkin. atau fan fiction ketika seseorang ga puas dengan cerita yang sudah orang lain buat he.

Atau misalnya lagi kita ambil contoh sebuah novel YA lama yang sempat populer: Twilight Saga. Kenapa ngga si stephanie mayer itu bikin lanjutannya lagi. kenapa ga lanjutin kisah cinta renesmee dan jacob black sekalian aja dan terus akhirnya punya anak lagi bahkan sampe cucu lalala. hahha gila. terus akhirnya kamu bikin kisah cinta mereka jeng jeng jeng.

Terus apakah membuat cerita yang diinginkan itu harus fanfic? nggalah. Saya yakin cerita yang kamu bikin rata2 adalah keinginan menulis pribadi. Terus maksudnya gimana? Karena itu cerita yang ingin kamu baca sudah pasti cerita yang kamu bikin untuk kamu sendiri dong. Perkara ada orang yang baca atau komentar atau ngasi feedback pedas mah pikirin aja belakangan. kalo kamu kesel bilang aja gini: bodo amat! cerita cerita gua ko situ yang sewot?!

Suka suka aku dong kalo misalnya mau bikin cerita vampir tak bergigi, atau zombie pemakan sayur atau tukang bakso naik kelas atau apalah. Cerita ini kan aku yang buat..

Aku ngga bilang untuk mengabaikan apa yang orang-orang katakan, mereka baik banget malah udah ngasi tau ini itu, masukan perkara typo dll bahkan menyemangatimu untuk terus menulis. Tapi ada kalanya mungkin beberapa di antara kalian ketika dikasi masukan pedas langsung merod alias kecil hati atau mungkin bingung harus nulis apa lagi ketika dibilang alurnya stagnan atau apalah gitu. Yaelah, pede aja kali.

Gunakan kritik dan komentar dari orang-orang untuk membuatmu menjadi lebih baik, bukan bikin kamu downgrade. ingatlah kamu menulis untuk dirimu sendiri, orang lain yang berkomentar ya anggap saja sebagai nilai plus. bermuka tebal ada gunanya kok kalo kamu takut dibilang yang jelek2. cuek, tapi tetap peduli. nah lho bisa ga?

nah si konsep ini juga bisa tuh ngebantu konsep pertama yang Nothing's original. kamu baca a b c d e terus kamu berpikir, ah oke kali ya kalo misalnya si tokoh a ada di dunia b dengan musuh2 yang ada di c terus dia mencari sesuatu yang ada di d dan dengan sistem pemerintahan yang ada di e. ya karena cerita yang seperti itu kemungkinan belom ada, bikin aja. terserah deh orang ngomong apa, aku maunya baca cerita yang kaya gini kok.

Write for yourself

people's reaction just a plus point

be confident!

Writing Ideas And StuffTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang