World Building #1 : An Example

2.3K 144 20
                                    

Sebelum saya membahas topik ini lebih lanjut, ada baiknya kalau mengilustrasikannya melalui contoh kali ya. Dikarenakan hobi saya yang lain salah satunya main game, saya punya dua game favorit yang ceritanya kompleks dan setting dunia yang aduhai edannya. Mungkin kamu pernah denger saya mengungkit ini atau mungkin kamu sendiri pernah main atau melihat temanmu main? yah, siapa tau. Karena saya cuma bisa main di laptop (yang usianya udah hampir 7 tahun) dan beli console itu mahal, saya cuma bisa mengambil contoh kedua game lawas ini aja. Keduanya bisa dibilang masuk ke dalam cerita fantasi dan science fantasy ( adalah sci-fi nya) dengan best story ever, those two are Mass Effect and Skyrim.

Mungkin untuk kalian yang pernah main dan memerhatikan jalan ceritanya, kedua game itu mempunyai kekompleksan cerita yang berbeda. Jadi sepertinya bahas satu persatu akan menarik.

Mass Effect

Game trilogi ini rilis pertama kali di tahun 2007

Rất tiếc! Hình ảnh này không tuân theo hướng dẫn nội dung. Để tiếp tục đăng tải, vui lòng xóa hoặc tải lên một hình ảnh khác.

Game trilogi ini rilis pertama kali di tahun 2007. Kalau disederhanakan, kisah ini intinya sih fokus pada petualangan epik Commander Shepard untuk menyelamatkan seluruh galaksi dari ancaman Reaper. Tapi tentu saja tidak sesederhana itu.

Dikisahkan jauh, jauh di masa depan sana, terdapat alat transit starship yang bertebaran di seluruh galaksi bernama Mass Relay. Mass Relay ini merupakan peninggalan Prothean, ras alien  yang sudah punah. Namun artefak itu mempermudah perjalanan ke luar angkasa tak hanya di solar system, tetapi juga another systems (maap saya ga hafal betul dengan kosa kata di bidang ini, maklumi ya) dan juga  mempertemukan ragam ras dari planet-planet lain di luar tata surya. 

Untuk menjaga kesejateraan antaralien, sebuah dewan bernama Citadel Council yang mengatur segala hukum dalam citadel space (semacam persatuan daerah) dan para council nya merupakan perwakilan dari ras-ras alien yang paling berpengaruh dampaknya di galaksi: Salarian, Turian, dan Asari. Pemerintahan macam itu tak jauh hubungannya dengan militer dan prajurit serta hukum dan Spectre merupakan pangkat tertinggi yang bisa dicapai oleh seorang prajurit. Long story short, Commander Sheppard adalah Spectre manusia pertama dalam kisah itu.

Perjalanan Shepard bermula ketika menginvestigasi tindak-tanduk mencurigakan seorang Spectre turian bernama Saren yang ternyata bertujuan mencari Conduit, sebuah alat misterius yang dapat membangkitkan kembali Reapers, sebuah ancient machine race yang dipercaya penyebab kepunahannya Prothean yang muncul setiap 50.000 tahun sekali. Tentunya hal ini membawa kepanikan bagi council. Karena, siapa yang mau rasnya punah? Tetapi pada saat itu council masih menutup mata dan belum menganggapnya sebagai major threat. Tapi namanya juga orang bikin salah, pengabaian hal itu tidak bertahan lama. 

Di Mass Effect 2, Shepard mati di awal karena kecelakaan pesawat dan berhasil dihidupkan lagi (yes i know itu ga mungkin) oleh Cerberus, sebuah grup yang mempunyai eksperimen-eksperimen yang tidak manusiawi dan sesungguhnya dianggap jahat oleh council dan Sheppard sendiri. Namun karena Cerberus menghidupkan kembali dirinya, Shepard semacam mempunyai 'kontrak kerja' untuk meneliti dan mencari tahu hal mengenai Reapers. Commander dianggap sebagai pembangkang dsb dan hingga akhirnya bisa balik lagi kerja sama Systems Alliance (sebuah lembaga yang menghubungkan manusia dengan citadel council).

Writing Ideas And StuffNơi câu chuyện tồn tại. Hãy khám phá bây giờ