14th Rule: Take A Break

3.3K 449 40
                                    

Ada kalanya ketika kamu menulis kamu stuck ato mengalami writer's block ato ngga kamu jangar dengan tugas2 sekolahmu padahal deadline lusa tapi anak2 pada nyebelin blablabla. Istirahatlah.

Mungkin kamu seorang yang perfeksionis, di mana segala macem musti sesuai rencana. Atau meskipun ngga, tapi di tengah kamu bekerja kamu mendapat kesulitan sehingga akhirnya kerjaan kamu gagal atau semacamnya. yah meskipun deadline besok ato apa tp kalo dipaksaiin yang ada kan tambah stress. Istirahatlah. haha. apa sih ini kaga jelas.

Bekerja itu penting, produktif juga penting, tapi ingat kerja otak itu ada batasnya. Kamu pun bukan robot, kalau otak dipake terus yang ada malah overload dan meledak. bayangkan otakmu bucat karena kebanyakan kerja. iiiih iiiih males iiih....

Terus gimana? istirahatnya kudu gimana? Isoma, jalan2, pipis, baca buku? apa atuh, da aku mah kalo istirahat jajan seblak sama batagor. ya bebas, terserah kamu. namanya juga istirahat. Kalo aku jangar (kamu tau jangar? dlm bahasa sunda kurang lebih artinya pusing), aku mengatasinya dengan film humor atau pernah waktu lagi jenuh banget sama kampus aku cabut ke bioskop terus nonton film sendiri. sendiri lho, patetik ga sih, terus ternyata film yang ditonton malah film berat, tapi ya bodo amat yang penting gua hepi hahaha.

ya, isilah waktu istirahatmu dengan hal-hal yang menyenangkan. mungkin hal ini bisa mengtasi writer's block juga. Anjis, buntu. udah, stop, close ms.word kamu. Lihat sekeliling; jalan-jalan kek, nonton film kek, ke toilet main sama sodara, main gasing, main yoyo, main piano apalah bebas. bikin diri kamu inspired kaya di the sims biar bisa produktif lagi

Saya ngga tahu gimana dengan kamu, tapi kalo saya sendiri langsung menarik diri dari masyarakat, having 'me' time. Dari yang minum kopi, nonton pelem, keluyuran ga puguh, jalan kaki, hunting foto, jajan, makan banyak, beli es krim ini itu pokoknya keluar dari rutinitas keseharian. kasarnya gini: F the world, i want to have fun! Saya pribadi sih merekomendasikan jalan-jalan (jalan kaki malah) karena kalau kamu peka dengan sekitar dan mengamatinya dengan saksama bakalan nemu hal2 aneh gitu yang mungkin bisa berguna ke ceritamu. he he bebas siih...

Tapi saya tidak merekomendasikan untuk tidur. tidur itu bahaya dan sangat iblis. Ya saya ga ngomongin kepenulisan di sini, saya ngomongin nugas (haha) kala kamu mau nugas tapi nyatanya ngantuk dan kamu bilang "tidur dulu ah sejam, abis itu aku ngerjaiin PR" sok kalo bangun aku keprok. rata-rata sekali tidur pasti bablas sampai pagi, percayalah padaku ini. aku sudah sering kebablasan.....akhirnya target kamu ga kekejar terus kamu bete sendiri.

ehem,baiklah lanjut ya.

Saya tahu istirahat itu menyenangkan, kamu menghilangkan stress, otot-otot muka kamu jadi kendor lagi, kamu lebih hepi etc etc. TAPI. yep, ada tapinya kalo udah istirahat kamu harus tetep berkomitmen untuk melanjutkan kerjaan kamu ya nugas, ya nulis cerita, apapunlah. Misalnya kamu lelah. terus kamu berpikiran untuk melihat video anak kambing di youtube selama 15 menit. ya udah, nonton mah nonton aja tapi si 15 menit itu jadi patokan. setelah 15 menit kerja lagi. emang sih ngomong gampang . yaaaaaa....biasain aja biar bisa gitu. hihi.

Baiklah, mungkin ini postingan yang paling ga jelas dan mungkin akan diperdalam lagi, tapi bener istirahat itu penting. kamu bukan robot dan otak kalaupun difosfir kebanyakan juga ga baik untuk kesehatan. Benar, jaga kesehatan ya!

hard worker is good, but work too much is no good.

make yourself INSPIRED

don't forget: back to work

Writing Ideas And StuffWhere stories live. Discover now