11th Rule: Person Study

5.2K 569 43
                                    

Coba amati seseorang dalam hidup kamu. Perhatikan segalanya sampai hal-hal terkecil sekalipun. Kakak kamu misalnya. Dia orang yang kaya gimana sih,  selalu pake baju kaya apa,  hobinya ngapain, lagu favoritnya apa, ga suka makanan apa dan kenapa, mantannya ada berapa, kelakuan anehnya ngapain, pergaulannya kaya gimana etc etc etc.

manusia itu hidup. Tokohmu juga hidup. Semua orang mempunyai problematikanya masing-masing. Tapi apakah semuanya harus diekspos dalan cerita? Ngga juga, biarkan saja itu jadi sisipan2 asyik dalam ceritamu. Terus gimana? nah ini yang seru. Bikin character sheet.

Aku dulu pernah nemu di twitter yang ngasih link ke character sheet yang bisa didonlot. isinya detail banget. dari nama, ttl, penampilan fisik, hobi, cita2 bahkan cara ngomong ke orang2. kaya bikin buku biodata zaman sd kali ya tapi lebih kompleks. trs karena ngisi si lembar itu ceritanya jadi terbengkalai (HAHA). kalo aku pribadi sih ngisinya yang penting2 aja kalo ada ide dimasukin kalo ngga ya dikosongin jadi cerita utamanya juga tetep jalan.

Coba ajak "ngobrol" mereka, wawancarai mereka. Biar si character sheet nya terisi semuanya. Bayangkan mereka duduk, bayangkan mereka megangin apa waktu kamu ajak ngobrol, bayangkan mereka ditawarin minum kopi mintanya teh dst dst.

Inget kata2 nobody's perfect? karena kesempurnaan hanya milik Allah haha. ya, tokoh kamu juga ga sempurna. buatlah dia manusia dengan kekurangan2nya. meskipun dia manusia setengah dewa tapi kan ada manusianya.

Misalnya lagi Cyrus dalam ceritaku yang Floor itu recana awalnya mau bikin orang yang badass banget tapi malah jadinya ngeselin dan baper (sorry Cy, love you) dan sebenarnya dia punya semacam kelainan yaitu logorrhea. Makanya dia orangnya bacot banget. Meskipun aku sebenernya ga tau orang logorrhea kalo ngomong kaya apa tapi yaa mungkin dari definisinya bisalah diambil inti2nya dan dikembangkan sendiri. itu misal ya,  kalo tidak sependapat maafkan he.

Ada lagi salah satu tips untuk mempelajari karakter seseorang dengan personalitinya. Kamu tau MBTI? bahwa manusia itu ada 16 karakter secara umum.  Intj, intp esfj, entp dll dll dll. coba buka 16personalities.com seru tuh.  kamu termasuk yang mana? haha. si mbti itu bisa dimasukkan juga ke tokoh-tokohmu, kalo dia intj pola pikirnya gimana,  kalo dia esfp respon dia ke orang2 bakal gmn. akal2in aja si mbti itu dengan character sheet yang kamu punya.  mungkin jadinya tokoh kamu akan jauh lebih menarik dan unik.

Atau kalo kamu ga kebayang, abis nonton film pasti orangnya menganut si mbti itu. Starwars,  harry potter dan LOTR misalnya. ada ko di google image coba liat deh,  menarik itu juga. ada juga nih satu laman web thesecretlanguange. com yang isinya mendeskripsikan watak seseorang berdasarkan tanggal. itu akurat lho,  soalnya berbasis survey ke orang banyak gitu. jadi serem sendiri.

Selain itu untuk membuat sebuah tokoh mudahnya ambil saja orang2 terdekatmu sebagai model utamanya. Ngga harus secara sifat sih,  secara penampilan misalnya, dimodif lagi pastinya hehe. kita ambil Cy lagi, perawakannya itu kalo boleh jujur aku ambil dari seniorku di kampus. Ga selebay itu sih, tapi baju hitam dan tindik termasuk di dalamnya.

Jangan lupa kalau kamu bikin seseorang pasti itu menyangkut psikologis mereka juga. kalo si anu ibunya meninggal apa dia bakalan datar-datar aja? atau dia bakal menangis, nangisnya kaya gimana ya. atau dia ada gangguan mental apa ya, society anxiety mungkin atau narcissistic mungkin atau jangan2 berbakat jadi psikopat? kaya bikin karakter di the sims aja. Ahah the sims lho, pasti ada trait2 yang menarik yang bisa digambungkan,  misalnya gmn kalo tokoh kamu itu ambisius tapi orangnya jorok banget.

mungkin enaknya dalam proses pembuatan tokoh itu menggunakan kata bagaimana jika. Bagaimana jika si anu cewek feminin tapi ternyata bakat main bola. atau bagaimana jika tokoh kamu adalah seorang pemilik bakery tapi dia punya sidejob sebagai geng motor dst dst dst.

make character sheet(s)

again, nobody's perfect

manusia & psikologi = satu kesatuan

use 'what if' & don't be afraid to mix it

Writing Ideas And StuffWhere stories live. Discover now