13th Rule: Discipline

3.6K 495 66
                                    

Kalo aku bilang ini cuma buat kepenulisan saja itu salah besar. Menjadi seorang yang punya target dan menepatinya adalah keharusan. Ya, ngomong sih gampang, saya sendiri aja masih suka ngaret dan males2an kok. Terus ini maksudnya gimana yak.

Ehem. Menjadi disiplin adalah salah satu kunci untuk menjadi produktif. Rasa malas itu benar2 setan dari neraka terdalam. Niatnya mau nugas terus liat komputer eh malah main game 3 jam, ato maraton tv series ato scrolling 9gag. brengsek emang distraksi tuh. haha. oke, lanjut.

Ngga ada salahnya kamu punya buku to do list atau bahasa lainnya weekly plan. Coba pikir seminggu kedepan bakal ada apa aja. misalnya di minggu yg akan datang senen deadline tugas a, selasa tugas b, rabu uas c dan d terus kamis kosong, jumat ketemu orang buat proyekan, sabtu malming minggu family time.

coba liat dadiline tugas a dan b. kalo anak sekolahan sih masih bisa ngerjaiin tugas hari h pengumpulan, tinggal nyontek kelar. ya ini, tugasnya suruh ngetik. disuruh mengkaji tentang apa gitu terus bahannya suruh nyari di internet, yakali sehari kelar. mau ga mau kamu harus ngerjain jauh2 hari sebelumnya dong, paling pas hari h pengumpulan tinggal revisi dikit dan ngeprint kan.

kata kuncinya ini: prioritas
tentuin apa yang harus kamu kerjain terlebih dahulu. kalo kamu bukan tipe org yg planning banget ya gapapa sih tp si prioritas ini diterapkan dan sebenarnya si buku itu ngebantu buat tahu yg mana yg harus dikerjakan terlebih dahulu.

terus kalo dalam kepenulisan gimana? mungkin kalo kita adalah penulis besar yang dikasih tenggat waktu sama editor kita bisa kaya gini: minggu pertama bab x beres, minggu 2 bab y beres dst.. tapi karena kita adalah penulis amatir yang boro2 editor punya, nulis aja masih kacau dan mood2an cara mudahnya adalah bikin tenggat waktu sendiri dan menulis satu hari satu halaman.

saya sempat nulis kalo mood aja dan karena dipenuhi dengan kegiatan kampus nulis cerita paling pas libur semesteran aja. udah gitu sekali nulis bisa 15 halaman, tapi ya udah abis itu stuck. terus liburan beres terus kuliah lagi terus nulis lagi pas liburan lagi. gitu aja sampe mampus. Alhasil ceritanya ga beres2 ato cuma setengah jalan terus ga puas terus udahan terus malah main game aja sama baca komik haha. coba bayangin kebiasaan aku yg itu hanya menghasilkan 15 halaman, tapi kalo kamu nulis sehari satu, 15 halaman bisa kamu dapat dalam waktu 2 minggu dan hasil tulisanku itu hasil endapan selama 6 bulan. hahha Sinting ga sih.

memang awalnya sulit banget kalo belom biasa. kaya ga ada ide tiba2 disuruh nulis. Hajar aja kali. Perkara isinya ngaco mah bodo amat, toh nanti juga kamu baca ulang dan kamu revisi kan. Kalo kamu udah biasa lama2 sekali nulis bisa lebih dari satu halaman ko dan entah kenapa kalo aku sendiri sekali nulis (kalo emang lagi bagus banget) bisa sampe 5 halaman.

untuk menjadi disiplin itu ga ada yang instan dan kamu ga boleh terlena dalam dunia yang serbainstan ini. Semua ada prosesnya dan proses itu penting. Harus dibiasakan dari hal2 terkecil yang lama2 kalo lancar akan membesar dan terus membesar. dan lagi sebetulnya, menurutku, dengan berproses kamu akan lebih menghargai apa yang telah kamu buat.

Discipline = productive

priority first!

1 page a day

process is important

Writing Ideas And StuffWhere stories live. Discover now