16th Rule: Watch TV Series

3.1K 369 51
                                    

Entah kenapa bagiku ini penting untuk diomongin. Bukannya aku ga suka nonton movie, aku suka ko. suka banget malah, tapi kalo jujur-jujuran nih ya aku lebih nyangkut nonton series meskipun itu hanya sitkom komedi layaknya Friends ato HIMYM, big bang theory, new girl etc. etc.

Terus apakah hubungannya nonton tv series yang kadang baru tamat setelah season 10? ato kalo diitung-itung dalam kurun waktu 10 taun baru tamat? karena kompleks. itu sih alesan aku nonton tv series. asik gitu, konfliknya banyak. kalo movie pasti cuma ada konflik utama dan alurnya cepet banget dan terkadang kaya ada hal-hal kecil yang ga dijelasin dan setelah ditonton dua kali ato dipikir-pikir lagi muncul pertanyaan seperti: lho kok gitu? hah, kenapa ya?

hmm, kalo kamu ga demen nonton pasti demen baca komik lah ya. jadi lagi-lagi apa hubungannya? yang menarik dari suatu hal-hal berbau series adalah kompleksnya cerita dan character development. Aku seneng mengamatin perjalanan seseorang, bagaimana kalo kamu iseng-iseng buka season-season awal terus nonton lagi season akhirnya, banyak banget yang berubah.

Misalnya Sheldon dari big bang theory. Di season awal boro-boro punya intensi buat deketin cewe, tapi di season 8 finale dia ternyata mau ngasi cincin ke Amy. Barney dari HIMYM juga sama. yang awalnya hobinya main cewe, ke belakangnya nikah sama robin meskipun nanti malah pisah. Atau Jamie Lanister dari GoT yang awalnya ngeselin banget, sama brengseknya kaya Cercei tapi ke belakang malah timbul perasaan-perasaan seperti empati dan simpati kepadanya gitu. 

hal lain yang menyenangkan dari nonton tv series adalah you waste your time so much and you can't help it. bahaya. emang bahaya. tapi gimana ya, asik.  Kamu nyangkut, kamu buang-buang waktu, tapi kamu seneng. nulis apa sih ini. kalo peka kamu bisa dapet point-point penting untuk membuat karakter. misalnya karakter orang geek suka mainannya apa sih, bisa di dapet di big bang theory, kalo dokter kerjaannya kaya gimana mungkin bisa dilihat di grey's anatomy dll. dll. dll.

Sebenernya ini personal, tapi aku menganjurkan nonton crime series. Buat tv series selain sitkom komedi aku suka sama yang namanya serial crime ato dektektif-detektifan. kenapa ya? pertama, mungkin karena umur. semakin gede semakin males nonton film yang terlalu menye-menye atau drama queen, pengen sesuatu yang lebih berat dan selain asik ya itu, kompleks. Dan namanya juga crime, ceritanya tidak begitu mengada-ngada dan ngaco karena selalu ada fakta dibaliknya. Dari film crime aku belajar banyak seperti membuat masa lalu orang atau unsur si sebab-akibat itu. 

nonton crime series juga bisa menyangkut segala aspek genre lho. ya dari supranatural, horror, thriller, drama, bahkan fantasi. Cari thriller, nonton aja Hannibal. Nyari drama yang nontonnya bikin capek, Broadchurch. Nyari fantasi/sci-fi/supranatural nonton iZombie ato mungkin Sleeping Hollow. Cari detektif badass nonton Luther ato ngga Sherlock. 

salah satu crime series yang masuk daftar favorit aku belakangan ini adalah iZombie (terus malah ngomongin film, gapapa lah ya kali-kali). Itu tontonan menarik kataku. Dramanya ada, romance nya juga ada, action adalah dikit, fantasi (ato malah sy-fi?)...ya karena ini ngomongin zombi tentu aja ada. Dan satu hal yang menarik dari cerita itu adalah ketika si Liv makan otak seseorang, personaliti mereka akan jadi satu dengan diri si Liv sementara. Misalnya waktu episode erapa gitu, dia makan otak seorang hacker dan dia bisa nge hack komputer dan dia jadi orang yang tinggal di dalem rumah terus, main game etc-etc. Ato setelah dia makan otak seorang anak cheers, gimana kata-katanya malah beneran kaya anak SMA yang bilang O-M-G ato 'totes' ato apalah gitu. menarik. karena perubahannya cukup signifikan. setelah lihat itu aku mikir, oh anak SMA tuh kaya gitu ya, oh ternyata kalo high pasti keluarnya goblok, ooh menjadi jurnalis itu kritis dan dia bakalan blablabla. menyenangkan. 

ahaha maafkan kalo ga jelas, tapi beneran deh nonton tv series itu asik. tapi jangan keterusan ya, bisa-bisa hidupmu ga guna. nonton aja kala liburan, gabut gini, ato ngabuburit puasa dan ga ada duit. ngetorrent, minta temen, nonton online, nonton di tv..terserah kamu terserah..haha


what to learn from tv series:

1. its complexity

2. its character development

3. ITS DETAAAIIILLL(S)

Writing Ideas And StuffWhere stories live. Discover now