9th Rule: Read Dictionary

4.8K 702 30
                                    

Buat apa ya tik, kaya orang gabut aja baca kamus. lagian ulangan saya lebih penting daripada baca kamus.

Ahaha aku tahu kok, tugasku juga lebih penting daripada baca kamus. Tapi karena (kalo ngomongin tugas nih ya) suka disuruh ngerangkum essay dan tulisan lama entah tahun berapa terkadang saya suka menemukan kata-kata yang baru disadari ternyata eksis. Mau ngga mau buka kamus supaya paham.

Terus saya harus baca kamus dari halaman paling depan sampe beres gitu? Ya, ngga gitu-gitu amat sih. Kalo mau sih kamu buka satu halaman secara acak dan baca satu halaman itu. pasti terkadang kamu bakal menemukan kata-kata yang setelah dibaca menimbulkan efek: "oh ternyata gitu" dan ada baiknya kalo mau ya, lakukan tiap hari. sehari satu halaman.

Membaca kamus itu seru. Pertama kamu nambah wawasan, kedua kamu akan menambah kosa kata baru yang bisa dipakai dalam cerita kamu. Tapi tidak semuanya bisa dipakai (menurut saya). Memang menambahkan satu dua kata-kata yang ternyata 'wah' dari kamus akan timbul kesan intelek pada ceritamu, tapi kalau kebanyakan dan istilah-istilah yang kamu pakai itu tidak begitu familiar maka yang ada hanya tanda tanya besar pada diri pembaca yang malah akan membosankan karena mereka tidak mengerti apa yang kamu tulis.

Apakah kamu harus beli kamus? Sok aja kalo ada duit, saya sih kere jadi yaaa.. begitulah. Haha hape sekarang canggih, bro. saya yakin hampir semua orang pakai smartphone. tinggal donlot aja kan, mudah sekali bagaikan membalikkan telapak tangan.
Pasti ada kalanya kamu tahu istilah inggrisnya tapi malah nggak tau bahasa indonya apa. Atau ternyata ada istilah asing yang merupakan kata serapan dan kamu ngga tahu artinya atau nulisnya gimana. Kalau saya pribadi sih selalu ada 3 apps ini: Meriam Webster (inggris), KBBI dan translator english-indo. semuanya guna kok, pinter-pinternya kamu pake aja ehe. Buat bikin tugas juga guna. errr....

Selain kamus bahasa kamu juga bisa mencari-cari kamus atau glossarium yang lain. istilah-istilah psikologi misalnya atau istilah kedokteran atau jangan-jangan istilah pertukangan? Cari saja yang aneh-aneh pasti ketemu kok asal tau keyword nya mah.

hem, intinya melihat, mengintip, membaca kamus itu menambah diksi kalian. Kalo diksi kalian banyak otomatis tulisanmu juga bakalan keren dan tidak dangkal. Tapi ingat, pilih baik-baik kata-kata yang mau kamu pakai, jangan sampe kata2nya terlalu asing sehingga orang-orang ngga paham dengan apa yang kamu tulis.

read a page each day = the more the merrier!

Install dictionary apps on your phone

choose your words wisely

Writing Ideas And StuffTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang