1. Fraegalite by Mayang Sari

907 48 0
                                    

Judul : Fraegalite

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Judul : Fraegalite

Penulis : Mayang Sari

Wattpad Id : Anshadows18

Genre : Science Fiction

Published : 36 Parts

Status : On Going

Hit Rank : #12 in Science Fiction

Visitors : 17,2 Reads. 2,06 Votes. (Fri, 13 Jan 2017)

Cover by : callmeaph

Last Update : 4 Dec 2016

Rating : 8.0/10.0

Sudut Pandang : Orang Pertama dan Orang Ketiga.

Copyright : All Right Reserved

Jujur, ini adalah novel pertama yang saya baca secara utuh di wattpad. Tiga puluh enam part saya selesaikan kira-kira dalam waktu 6 jam di sela-sela kesibukan. Awalnya kurang yakin bisa membaca cepat novel ini. Kendalanya dua. Pertama, membaca di layar membuat mata cepat lelah, kedua, genre novel ini science fiction. Seperti kata penulisnya, tak bisa sembarangan menulis science fiction, begitu pula dengan membacanya, tidak bisa sembarangan. Terkadang harus berhenti agar bisa memahami percakapan atau rangkaian narasi. Jika tidak demikian, mungkin selanjutnya bisa flashback berkali-kali karena jadi kurang mudeng dengan ceritanya.

Novel ini banyak kata pertama bagi saya. Pertama kali saya mengikuti cerita wattpad secara utuh, pertama saya baca science fiction secara utuh, pertama saya menulis review untuk Jendela Kata juga. Jadi, kalau ada kurang-kurang, silakan diingatkan ya. Jangan sungkan.

Sebelum bicara tentang kesan-kesan setelah membaca, saya ingin menjelaskan arti dari Fraegalite di judul. Dalam novel ini, Fraegalite adalah nama sebuah asosiasi perdamaian dunia di mana mereka memiliki tempat tersendiri yang tak terjangkau dari dunia luar. Tempat mereka dibatasi oleh tembok. Jika kalian pernah menonton Divergent, kurang lebih seperti itu. Namun saya tak mengatakan Fraegalite dan Divergent serupa. Ya, mulanya saya sempat berpikir demikian. Tetapi setelah menelusuri bab demi bab, saya menemukan keduanya memiliki aspek masing-masing. Mungkin yang membuat mirip hanya tema cerita yang diangkat dan pembagian manusia ke dalam divisi-divisi tertentu.

Secara garis besar, novel ini menceritakan tentang Mayang, seorang anak SMA yang sangat biasa dan terkesan apatis terhadap dunianya. Di awal dijelaskan dengan sangat detail pergolakan batin Mayang. Dia gadis yang tak memiliki banyak teman, tak suka pelajaran yang berbau eksak, tak suka orang pemerintahan, tak suka membaca. Mencermati karakter tokoh utama ini, saya menggunakan dua kata untuk keseluruhan penggambaran yang diberikan penulis. Negative thinking. Yup, dua kata itu tercetak di hati saya begitu memerhatikan Mayang di awal. Betapa gadis itu banyak mengeluh, banyak berpikiran negatif tentang sesuatu atau seseorang. Dia juga tipe pemikir yang banyak mempertimbangkan sesuatu sebelum melangkah.

Your Review HereTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang