33. Goodbye Oppa by Kim Hani

116 10 3
                                    

Seorang gadis yang sedang berusaha menghilangkan syndrome Korea yang ia miliki, malah harus terjebak dalam sebuah hubungan yang menghadapkan dia dengan dua orang berwajah persis salah satu member boyband yang ada di Korea

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Seorang gadis yang sedang berusaha menghilangkan syndrome Korea yang ia miliki, malah harus terjebak dalam sebuah hubungan yang menghadapkan dia dengan dua orang berwajah persis salah satu member boyband yang ada di Korea.

Mampukah dia menghadapinya?

Judul : Goodbye Oppa

Penulis : Kim Hani

Wattpad Id : LovelyKimHani

Genre : Teenfiction

Published :16 parts

Status : Ongoing

Visitors (Sampai tanggal berapa) : 80 reads (4 July 2017)

Rating : 7.0/10.0

Tanggapan terhadap cerita ini : SUKA 

REVIEWER MEMBACA SAMPAI CHAPTER : 15 ALASANNYA agar dapat mengerti alur cerita

Sudut Pandang yang Digunakan : Sudut pandang campuran

Copyright : All Right Reserved

Read more : https://www.wattpad.com/story/112307113-goodbye-oppa

Review by : literallynatasha24

Kunjungi juga : jendelakatablog.wordpress.com untuk membaca review-mu dalam format web.

com untuk membaca review-mu dalam format web

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

SEBELUM MEMBACA ISI REVIEW INI, JANGAN LUPA FOLLOW AKUN PENULIS REVIEW UNTUK MENDUKUNGNYA BERKARYA JUGA

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.


SEBELUM MEMBACA ISI REVIEW INI, JANGAN LUPA FOLLOW AKUN PENULIS REVIEW UNTUK MENDUKUNGNYA BERKARYA JUGA.

literallynatasha24

SUDAH?

OKE… BISA KITA MULAI…

===

COVER :

Nice, cute and simple. Tapi itu terlalu simple kak. Aku suka karena tidak keramaian cocok sekali untuk teenfict, menurutku tambahan sub-judulnya juga menarik perhatian. Tapi aku saranin jangan terlalu simple banget. Juga kalau bisa tambahin gambarnya Chanyeol atau nggak Minho, mungkin juga dua-duanya, terus sileut si Hani di tengah. Jadi readers yang pada nyari cerita tentang Chanyeol maupun Minho bisa tahu dari cover Kakak. Tapi jangan lupa berikan judul dengan nama Chanyeol atau pun Minho. Contoh: Goodbye Oppa; Park Chanyeol atau Chanyeol diganti Minho.

CHAPTER PEMBUKA :

Chapter awal simple, menceritakan tentang perkenalan akan tokoh-tokoh cerita ini. Kita diajak kenalan sama Hani, Noel dan Ray. Kita juga akhirnya tahu apa yang Hani setiap pagi lakukan. Ritualnya seperti biasa. Menurutku chapter awalnya sudah bagus karena author memperkenalkan tokoh-tokoh yang akan berperan penting dalam cerita Goodbye Oppa ini. Penyajiannya juga simple, tidak berbelit-belit.

EBI :

Aku masih bingung, author memakai gue-loe atau aku-kamu? Soalnya kadang di tengah-tengah ada perubahan.aku juga sreing menemukan beberapa kata yang sebenarnya tidak perlu diberi capslock. Bisa aja itu typo dan sebagainya, mohon di cek lagi thor. Juga ada beberapa kalimat yang belum diberi capslock.

GAYA BAHASA :

Bahasa ringan gampang dimengerti. Cerita ini soal pekerjaan yang kadangkala belum aku paham. Apalagi dalam chapter 11-Mine, ada dijelaskan soal rapat dan aku masih kurang ngerti. Mungkin penyajiannya kurang pas tapi itu masih bisa diperbaiki kok. Aku juga sering lihat banyak typo di setiap chapter. Aku saranin sebelum publish chapter selanjutnya sebaiknya dibaca ulang dulu. Jadi kalau ada typo bisa diperbaiki, jangan asal publish aja thor.

PENGGAMBARAN LATAR :

Di cerita ini latarnya adalah Jakarta, ibu kota negara Indonesia. Dalam cerita ini aku sudah menemukan waktu dalam setiap chapter, seperti pukul 07:58 dll. Penyajian latarnya sudah jelas jadi gampang dibaca menurutku.

KARAKTER TOKOH :

Hani. Karakternya konsisten, tapi kadang cengeng. Si Chanyeol dingin tapi juga punya sisi lembutnya. Aku suka cara author membuat Chanyeol memiliki sisi lembut. Tapi menurutku sebaiknya author jangan memunculkan sisi lembut Chanyeol dulu, mungkin biarkan Hani benci Chanyeol dulu, baru munculkan sisi lembut Chanyeol. Jadi akhirnya para readers gimana reaksi Hani pas lihat sisi lembut Chanyeol?

ALUR, PLOT, KONFLIK :

Menurutku alurnya sudah oke. Tapi kadang-kadang stuck dan nggak nyabung dikit. Tapi so far alurnya lurus dan nggak berbelit-belit. Konfliknya belum muncul, jadi mungkin segera dimunculkan. Tapi aku barusan lihat di chapter yang barusan update, ada konflik! Kelihatannya si Yuna itu punya hubungan dengan Minho.

LOGIKA CERITA (PLOT HOLE) :

Kalau masuk akal atau tidak, masuk akal sih. Tapi entah mengapa tiba-tiba Chanyeol ngebolehin Hani jadi sekretarisnya. Segampang itu ya jadi sekretaris? Bukannya jadi karyawan dulu baru naik jabatan? Itu aja yang menurutku kurang masuk akal di otakku.

KRITIK DAN SARAN :

Jangan diambil hati ya, nanti aku jadi ikut sedih lho. Wkwk. Pokoknya thor, sebelum author publish cerita mohon dibaca baik-baik terlebih dahulu. Jadi readers akan nyaman dalam membaca ceritanya, juga kalau update cerita panjangin mungkin minimal 500+ dan maksimal 1000+, aku saranin aja, keep up bahasanya, udah enak dibaca lho! Aku ingetin lagi, sebaiknya pakai salah satu aja, gue-loe atau aku-kamu jadi readers bakal nyaman.

KESAN SETELAH MEMBACA :

A nice story to read. Hanya tinggal direvisi, seperti typo, alur yang kadang stuck, pasti akan jadi cerita yang fantastic! Jangan ragu-ragu untuk menulis, ini adalah salah satu cerita yang membekas di hatiku. Kesan romance-nya pas, bahkan aku teriak waktu Chanyeol nembak Hani deh.

===

Q & A

CHAPTER PALING MENGESANKAN?
Chapter 11-Mine

TOKOH TERFAVORIT ?
Hani

SATU KATA UNTUK KARYA INI?
Cool.

SATU KATA UNTUK PENULISNYA?
Fighting!

YANG PALING MEMBEKAS DI HATI SETELAH MEMBACA?
Bagaimanapun juga cerita ini memiliki sisi romance dan sisi lucunya. Fun buat dibaca, nyaman dan cocok bagi remaja zaman sekarang.

PESAN TERAKHIR REVIEW SINGKAT INI?
Pokoknya semangat thor! Jangan menyerah, mungkin tidak gampang, but tetap berusaha sebaik mungkin. Maaf jika review ini singkat dan nggak nyambung, mungkin nyakitin hati dan nggak sesuai dengan yang diharapkan. Karena kita sama-sama masih belajar menjadi penulis. Pantang menyerah adalah kunci keberhasilan!

Your Review HereWhere stories live. Discover now