51. Down There is You Called Floor by Atik

99 8 4
                                    

Kepergian sahabatnya meninggalkan sebuah tanda tanya besar dalam diri Raka

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Kepergian sahabatnya meninggalkan sebuah tanda tanya besar dalam diri Raka. Ketika semua orang mengatakan penyebab tewasnya Jun karena overdosis bahkan bunuh diri, Raka tidak berpikir demikian. Ia sangat mengenal sahabatnya itu dan kematiannya pasti lebih dari sekedar overdosis belaka.
Di malam tujuh hari setelah kepergian sahabatnya, Raka menemukan sebuah botol berisi cairan aneh dari kamar Jun. Di hari-hari berikutnya beberapa kali ia berpapasan dengan seorang gadis misterius berpenampilan tak kalah anehnya dengan botol itu.
"Darimana kau dapatkan itu?" tanya gadis itu.
"Kamar temanku," gadis itu mengambl botolnya. Dengan kerutan di dahi, Raka berkata, "jangan dihirup!"
"Ini bukan untuk dihirup." terdengar suara 'pop' kecil ketika ia membuka tutup botol itu. Ia mengarahkan botol itu ke dalam minumannya, "Benda ini adalah benda yang ayahku teliti selama bertahun-tahun. Itu bersal dari bawah sana."
Dari bawa mana?

Judul : Down There Is What You Called Floor
Penulis : Atik
Wattpad Id : Atikribo
Genre : Fantasy
Cover by : -
Hit Rank : #15 in adventure ( November 2016)
                  #96 in fantasy (May 2017)
Now Rank : #254 in fantasy (22 Juli 2017)
Published : 31 parts
Status  (Ongoing/Complete/On Hold) : ongoing
Visitors (Sampai tanggal berapa) : 15,1 ribu kali dibaca. 1,78 vote (22 Juli 2017)
Rating (1-10) : 7,5
Tanggapan terhadap cerita ini : suka
REVIEWER MEMBACA SAMPAI CHAPTER : 31 ALASANNYA penasaran sama ceritanya.
Sudut Pandang yang Digunakan : orang ketiga
Copyright : All right Reserved
Read more (Cantumkan link cerita): http://my.w.tt/UiNb/zjpNHd41YE
Review by : ipapoo

Kunjungi juga : jendelakatablog.wordpress.com untuk membaca review-mu dalam format web.


Meninggalnya sahabat Raka, membuatnya merasa janggal atas semua kejadian yang terjadi pada sahabatnya Jun. Ia kenal sahabatnya itu, Jun bukan orang yang yang seperti itu. Semua terasa aneh dan membuat tanda tanya besar di dalam diri Raka apalagi ditambah saat dia menemukan sebuah botol berisi cairan aneh dari dalam kamar Jun.
Hari-hari berikutnya ia selalu berpapasan dengan gadis misterius. Sama misteriusnya dengan botol yang ia temukan di dalam kamar Jun.
Gadis itu pernah berkata bahwa cairan itu berasal dari bawah sana? Bawah sana dimana? Dan akankah Raka mengetahui maksud gadis itu?

SEBELUM MEMBACA ISI REVIEW INI, JANGAN LUPA FOLLOW AKUN PENULIS REVIEW UNTUK MENDUKUNGNYA BERKARYA JUGA.

ipapoo

SUDAH?

OKE… BISA KITA MULAI…

===

COVER : untuk covernya sudah bagus, dan penggunaan fonts nya juga pas menurut saya. Fantasynya juga terasa waktu pertama kali lihat covernya.

CHAPTER PEMBUKA : chapter pembukanya sudah bagus.
EBI : pertama tentang nggunaan tanda elipsisnya. Contoh: "Tujuh harian...enggak ada salahnya juga sih." kalau begitu itu salah yang benar sebelum tanda titik dan sesudah tanda titik diberi spasi, jadinya, "Tujuh harian ... enggak ada salahnya juga sih."
Kedua, penggunaan dialog tag itu juga salah bahkan saya menemukan hampir disetiap chapter, penggunaan dialog tagnya salah. Contoh: "Bangun, Ka. Katanya minta dibangunin." Ujar gadis berambut ikal sepinggang itu. Kalau misalnya kayak gitu itu salah, harusnya sebelum tanda petik penutup diberi tanda koma bukan titik karena setelah petikan terdapat kata ujar. Jadi yang benar seperti ini. "Bangun, Ka. Katanya minta dibangunin," ujar gadis berambut ikal nyaris sepinggang itu.
Dan terakhir penulisan kata terima kasih. Sebenarnya yang benar itu terima kasih bukan terimakasih, jadi terima dan kasihnya dipisah gak digabung. Contoh : "Terimakasih, kalau begitu aku pergi dulu," ucapnya sekali lagi. Itu contoh yang salah sedangkan yang benar seperti ini. "Terima kasih, kalau begitu aku pergi dulu," ucapnya sekali lagi.

GAYA BAHASA : gaya bahasanya ngalir aja, mudah dimengerti dan gak terlalu berbelit belit.

PENGGAMBARAN LATAR : penggambaran latarnya detail banget, jadi kerasa bayangin waktu baca disetiap chapternya.

KARAKTER TOKOH : tokoh-tokohnya seru, karakternya beda-beda. Jadi mudah untuk dibedakan, dari karakter tokoh yang gak peka, yang seru, yang asyik, bahkan yang ngangenin.

ALUR, PLOT, KONFLIK : semuanya seru. Alurnya udah keren, gak nyangka perjalanan mereka bisa sekeren dan sehebat itu. Kemudian konfliknya pun kerasa, dimana Jun meninggal dan masalah masalah lain yang mulai bermunculan. Membuat pembaca penasaran.

LOGIKA CERITA (PLOT HOLE) : masuk akal, walaupun ceritanya fantasy. Apalagi sama authornya udah dijelasin sedetail detailnya tentang tempat ataupun peristiwanya jadi menurut saya masuk akal.

KRITIK DAN SARAN : semangat menulis ya kak, jangan lupa sering baca buku tentang kepenulisan, di wattpad juga banyak  bukunya jadi bisa kakak baca.

KESAN SETELAH MEMBACA : terharu, bisa ngereview cerita sehebat dan sekeren ini. Semoga di masa yang akan datang Indonesia dapat membuat karya karya keren, entah itu karya sebuah buku novel ataupun karya hebat lainnya. Semangat untuk kalian semua.

===

Q & A

CHAPTER PALING MENGESANKAN? Chapter 14 Years Ago, Capital City

TOKOH TERFAVORIT ? Raka

SATU KATA UNTUK KARYA INI? Hebat

SATU KATA UNTUK PENULISNYA? Keren

YANG PALING MEMBEKAS DI HATI SETELAH MEMBACA? Teka teki. Yap, dicerita ini penuh teka-teki jadi bikin saya penasaran sama kelanjutannya.

PESAN TERAKHIR REVIEW SINGKAT INI?
Hai kak, sebelumnya salam kenal. Maaf kalau ada kata-kata yang nyinggung kakak. Semoga kakak gak marah ya sama saya. Dan juga saya suka sama cerita kakak, ngalir aja waktu baca jadi kebawa suasana dan bukan hanya cerita kakak yang keren dan hebat, tetapi kakak juga keren apalagi waktu kakak gambar beberapa tokoh dicerita itu, gambar kakak keren banget. Saya berharap semoga kita semua dapat mengembangkat bakat masing masing, menjadikannya sebuah karya yang berharga walaupun sekecil apapun karya itu karena pasti ada yang menyukai karya kita. Semangat untuk semuanya.

Your Review HereWhere stories live. Discover now