II.9 Logika Cerita

2.5K 346 85
                                    


Fiksi Versus Kehidupan Nyata

Pernah dengar ungkapan "Sometimes, life is stranger than fiction"  atau dalam bahasa Indonesia, "Hidup ini kadang lebih aneh daripada fiksi"  ketika terjadi sesuatu yang aneh, tidak bisa dijelaskan secara logis, dalam kehidupan nyata?

Sungguh itu ungkapan yang tidak berdasar. Karena, tidak seperti anggapan umum, fiksi merupakan sistem yang sangat masuk akal. Setiap unsur pembangun fiksi (karakter, setting, alur, plot, dll.) dianyam mengikuti hubungan sebab akibat, di dalamnya ada keterkaitan dan sekuensi logis, sehingga kisah yang dipaparkan dapat diterima dan dipercaya.

Bahkan fantasi, sci-fi, supranatural, werewolf/vampire, mitos, legenda, dll. yang mengandung unsur-unsur fantastis, dengan makhluk dan tatanan hidupnya yang tidak ada di dunia nyata, cerita harus mengikuti struktur yang logis.

Dua kemungkinan kenapa ungkapan di atas muncul. Pertama, gara-gara orang membaca fiksi yang buruk, yang tidak masuk akal, merusak definisi/standar fiksi yang baik. Kisah karangan kacau balau yang ditulis dengan dalih ini kan fiksi, fantasi, imajinasi, enggak harus masuk akal.

Kedua, mungkin mereka sama sekali tidak membaca fiksi dan berprasangka bahwa fiksi adalah buah karya imajinatif, yang isinya pasti aneh, bohong, tidak masuk akal.

Kalau dipikir-pikir, di kehidupan nyata, keanehan tanpa ada penjelasan memadai justru lebih mungkin terjadi.

Misalnya, ada tiga murid bernama Susan dalam satu kelas. Ada pasangan Jawa-Padang bertetangga dengan pasangan yang juga Jawa-Padang, dan sama-sama punya tiga anak seumuran. Ada guru yang sudah empat tahun mengajar seorang siswa, tapi tidak juga hapal namanya. Ada ular berkepala dua. Ada makhluk pengisap darah. Ada mutasi sel. Ada fenomena alam yang ajaib. Dst. Contohnya banyak.

Jika sampel-sampel dari kehidupan nyata itu dimasukkan ke dalam cerita:

Misalnya di sebuah kelas ada tiga siswi bernama Susan. Penulis merasa tidak perlu menjelaskan "kebetulan" itu karena begitulah di dunia nyata. Apa yang terjadi dalam cerita? Bagaimana penulis membedakan karakter Susan A, Susan B, dan Susan C? Cerita mereka jadi membingungkan. Jangan salahkan pembaca kalau menanggap penulisnya tidak kreatif menciptakan nama tokoh.

Bagaimana dengan guru yang tak hapal nama muridnya? Kenalanku mengalami itu dan terpaksa memindahkan anaknya ke sekolah lain. Coba masukkan ini ke dalam fiksi. Tapi kamu tidak memberikan justifikasi (alasan/penyebab) kenapa si guru bisa begitu. Justifikasi bisa berupa latar belakang/karakter si guru, bisa juga setting sekolah yang memang menyulitkan kedekatan. Tanpa justifikasi itu, meskipun penulis beteriak bahwa ini cerita nyata, logika ceritanya tetap akan dipertanyakan.

Jadi, mungkin ungkapannya harus dibalik ya. Kalau kamu baca fiksi yang enggak masuk akal, bisa bilang, ini kok kayak real life saja sih, banyak hal-hal ajaib yang enggak clear ujung pangkalnya. Karena bagaimanapun, kisah-kisah nyata masih berlangsung. Pengetahuan masih berkembang. Apa yang tidak terjelaskan sekarang, mungin kelak akan terkuak misterinya.

Sementara pada fiksi, semua unsur diadakan lengkap dengan alasan keberadaannya, dan semua benang sudah harus disimpul rapi dan kuat sebelum kamu menulis TAMAT. Pembaca tidak mau digantung  seumur hidup dengan alasan, cerita nyatanya memang enggak jelas kok. Mereka sudah mengeluarkan uang untuk membeli buku dan waktu berharganya untuk membaca. Dan bukan itu saja yang seharusnya diapresiasi penulis. Melainkan juga bahwa pembaca mempunyai pengetahuan dan pengalaman sendiri. Itulah yang akan menjadi acuan mereka dalam menalar bacaan. 


Logika Cerita

Fiksi ibarat aliran sungai dari hulu ke hilir. Penulis membuat peta untuk pembaca yang ikut melayari sungai. Pada peta itu ada tanda-tanda, misalnya akan ada belokan atau pelebaran atau penyempitan, juga patahan dan air terjun. Pembaca pun bersiap, mengantisipasi perjalanan mengasyikkan. Inilah yang disebut foreshadowing, clues. Dan pada waktunya, pembaca akan mendapati, oh ternyata belokannya cantik banget, penyempitannya mengerikan, air terjunnya bikin perut terjungkal.

A Sweet Treat For Wattpad AuthorsTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang