III.2. Cover, Sinopsis, dan Blurb

2.6K 280 19
                                    


Cover

Di Wattpad, cover atau sampul buku menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembaca. Kamu tidak perlu menjadi desainer untuk sekadar membuat cover dengan apps yang bisa kamu download di hape, atau website yang memfasilitasi pembuatan cover. Silakan cari dengan keyword, wattpad cover, cover maker, dll.  

Powerpoint bisa kamu manfaatkan juga untuk membuat cover sederhana. Cara terakhir, kamu bisa memesan cover pada mereka yang menawarkan jasa pembuatan cover (ada yang gratis, banyak yang berbayar).

Berikut beberapa tips  tentang cover:

Lakukan ini:

1. Sesuaikan dengan judul dan isi buku. Logisnya, cover bersama judul memberikan sedikit gambaran tentang isi buku. Biasanya gambar tokoh utama atau benda-benda yang dijadikan simbol atau bahkan tulisan judul yang dijadikan menu utama. Kamu bisa cari inspirasi dari cover yang beredar di Wattpad. 

2. Judul dan nama penulis harus terbaca, meskipun tidak perlu memenuhi seluruh halaman.

3. Padu padankan warna agar serasi dan nyaman dipandang. Minimalis atau mencolok, tergantung pada seleramu.

4. Usahakan gambar original buat kamu yang bisa menggambar. Tapi kalaupun tidak, di Internet banyak sekali free image yang bisa digunakan.


Jangan lakukan ini:

1. Menggunakan gambar yang sudah terlalu sering dipakai orang. Kesannya kamu menjiplak atau mendompleng ketenaran yang sudah lebih dulu published.

2. Menggunakan gambar yang sensual/sensasional hanya untuk menarik perhatian.

3. Jauh panggang dari api, cover yang tidak sesuai sama sekali dengan judul dan isi.

4. Menggunakan gambar yang ber-copyright. Di Internet banyak yang gratis, jangan asal comot gambar yang dibatasi rambu-rambu hak cipta.

5. Tanpa cover. Kalaupun kamu begitu cueknya, ya terimalah kalau tidak ada yang tertarik untuk membaca ceritamu yang tidak bercover.

Lalu bagaimana jika naskahmu diterbitkan? Penerbit mayor akan membuatkan cover khusus yang jelas dilindungi hak cipta. Ada desainer dan ilustrator yang bekerja untuk buku kamu. Penerbit indie mungkin pakai cara ekonomis dengan membuat cover tanpa orang-orang profesional tersebut, tapi minimal bisa menyediakan cover yang berbeda dengan versi Wattpad.


Sinopsis

Sinopsis adalah narasi tentang bukumu, berisi poin-poin penting ceritamu dari awal hingga akhir.


1. Panjangnya sekitar 1.500-2.000 kata atau 3-4  halaman A4. Kalau bisa lebih ringkas, tapi lengkap, lebih baik (misalnya 700-1500 kata).

2. Poin penting dalam sinopsis mencakup genre dan premis ceritamu, siapa tokoh utamanya (protagonis dan antagonis), apa yang terjadi (plot atau konflik), di mana (setting), dan kira-kira bagaimana penyelesaiannya.

3. Menggunakan POV 3 meskipun ceritamu POV 1

4. Jangan memuji-muji ceritamu sendiri dengan kata-kata tidak bermakna (bilang antimainstream lah, bilang bagus lah, tanpa bukti) karena editor/panitia tidak peduli. Mereka melihat kelebihan ceritamu dari yang kamu tunjukkan pada poin-poin no.2. Misalnya, apa keunikan karaktermu, kenapa plotnya kamu anggap berbeda dengan cerita yang sudah beredar.

Sinopsis yang dibuat sebelum kamu mulai menulis atau di tengah-tengah proses menulis dapat berfungsi sebagai outline (patokan, perencanaan, rambu-rambu). Baca bab outline untuk lebih jelasnya tentang untung ruginya membuat outline.

A Sweet Treat For Wattpad AuthorsTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang