2. | BERANDAL SMA PANCASILA

18.1K 2.5K 383
                                    

Tiga minggu sekolah di SMA Pancasila, temen yang gue punya masih seorang David Wiranata. Gue tebak juga itu anak belum punya temen lain selain gue. Secara kita ke mana-mana berdua. Dan kita nggak pernah yang namanya main bareng anak-anak lain kalo di kelas.

Jam istirahat, biasanya gue sama David selalu cabut ke atap gedung IPA. Kadang juga ke perpustakaan. Berubah-ubah tergantung keadaan. Misal, kalo Pak Said nggak lagi jaga perpus, gue sama David suka tidur di sana.

Di kepala gue, yang namanya temen itu nggak usah dicari. Ntar juga datang sendiri. Kalo dicari-cari pasti ujungnya pergi. Kalo dateng sendiri kan dia yang mutusin. Ya, nggak?

Makanya, gue sama sekali nggak peduli temen yang gue punya cuma David. Seenggaknya, gue memperkecil kemungkinan ada pengkhianat yang berasal dari teman.

Tapi hari itu, kayaknya gue harus berurusan sama orang lain yang bukan David. Dan kejadian itu juga yang bikin gue akhirnya terpaksa masukin nama si 'orang lain' ini ke dalam daftar nama temen gue.

Kejadiannya, gue lagi makan mie ayam. Posisi lagi di kantin. Tiba-tiba dari arah kiri, meja gue kedorong kenceng banget sampe itu kuah mie ayam muncrat ke seragam.

Ternyata ada yang lagi pada ribut di kantin. Dua lawan satu. Salah satu dari mereka ada yang temen sekelas gue. Waktu itu heboh banget. Anak-anak cewek sampe pada jejeritan. Sementara gue kesel. Ini seragam gue kotor woy!

Karena nggak terima, mau nggak mau gue jadi ikut campur. Langsung aja gue lawan orang yang ngehajar temen sekelas gue. Abis itu gue tarik tangan yang satunya lagi sebelum gue banting dia ke lantai.

"Lo kalo mau nyari tempat ribut jangan di sini!! Ganggu orang, tolol!"

Gue nggak maksud ngebelain temen sekelas gue itu. Tapi ngeliat kondisi dia yang udah bonyok dan terus aja dikeroyok, bikin gue kesel sendiri. Udah tau nggak jago berantem, malah sok-sokan ngelawan dua orang.

Gue nggak peduli dia temen sekelas gue atau bukan. Tapi yang jelas, gue nggak suka yang namanya penindasan. Kalo tadi mereka berantem satu lawan satu, mungkin gue bakal gebuk dua-duanya sekalian.

"Bangun lo," gue ngomong ke temen sekelas gue. Dia masih ngerintih sambil megangin mukanya.

"Kalo ni orang masih aja ngeroyok lo, kasih tau ke gue."

Temen sekelas gue ngangguk-ngangguk kayak orang ketakutan. Abis itu dia berdiri, sambil ngucapin makasih. Nggak lama ada guru yang datang sambil marah-marah. Belakangan gue tau namanya Pak Haris.

Ngomong-ngomong, itu adalah momen pertama kali gue dipanggil guru BP.

"Fer, lo nggak marah kan ama gue?" temen sekelas gue nanya waktu kita jalan iring-iringan di koridor.

"Marah kenapa?" gue nanya balik.

"Ini, gara-gara gue lo jadi kena sama si Haris," kata dia lagi.

"Kagak,"

Dia diem di sebelah gue. Nggak berapa lama, dia lanjut ngomong. "Gue gantiin seragam lo abis ini."

Habis dia ngomong gitu, gantian gue yang diem. Trus gue nunduk, ngeliat sendiri seragam putih gue yang bentukannya udah kayak kain lap.

"Gue Reynold. Yang sebangku sama Raga. Pojok kanan belakang," kata dia yang terdengar memperkenalkan diri. Mendadak gue jadi risih denger dia ngomong seolah-olah gue nggak tau kalo kita sekelas.

"Udah tau," gue ngejawab di depan mukanya dia.

Abis itu dia ketawa. Terus ngerangkul gue. Sejak kejadian itu, gue sama David jadi sering main bareng Reynold. Sekarang temen main gue bukan cuma David lagi, tapi nambah jadi dua.

PreparedTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang