16. | HARI PERTAMA FRESHA BOLOS

9.5K 1.1K 102
                                    

Pagi itu kayaknya jadi pagi yang paling sial dalam hidup Fresha, tapi jadi pagi yang paling seru dalam hidup gue. Gimana enggak? Malem sebelumnya gue udah ngerencanain bakal ngajak Fresha bolos. Memang agak ekstrim. Tapi gue yakin rencana gue bakal berjalan dengan mulus.

Malem sebelumnya, gue sama anak-anak Seven Gerrard ngumpul di kafe David. Nggak ada acara apa-apa. Cuma ngobrol sambil mabar Mobile Legends doang. Kita juga sempet bahas Fresha karena gue cerita soal dia yang dikerjain preman deket sekolahan.

Tiba-tiba si Reynold ngusulin buat bolos ke gedung deket stasiun. Tempat biasa kita sering nongkrong atau bikin mural. Dulunya, yang ngajak kita ke sana itu ya si Reynold. Gambar-gambar mural yang ada di gedung itu juga rata-rata karyanya si Reynold. Tapi yang dia gambar mesum semua. Kadang gue juga ikutan gambar kayak gitu, tapi nggak sesering dia.

Yang lain pada setuju. Mendadak gue keinget sama janji gue buat jemput Fresha di rumahnya. Keluar dah tuh ide bangsat gue. Gue jadi kepikiran buat ngajakin dia bolos juga.

Tapi yang lain nggak tau kalo gue mau bawa Fresha. Untungnya juga itu orang-orang pada nggak ngebahas rencana kita di grup. Bisa-bisa kan si Fresha tau.

Jadi pagi itu, gue udah sengaja buat telat jemput Fresha. Jam udah mau nyentuh angka tujuh tapi gue masih nangkring di depan TV sambil ngangkat kaki ke meja, makan bubur ayam yang dibeli Afkar di ujung gang.

"Kaga sekolah, lu?" dia heran ngeliat gue masih anteng makan.

"Sekolah lah." Gue ngejawab.

"Nyante bener lu hari gini belom berangkat? Bapak lu ya yang punya sekolahan?" kata dia lagi.

Gue sama Afkar kalo becanda memang agak dark. Jadi lo maklumin aja.

"Iye bentar lagi." gue ngomong ke dia. Abis itu si Afkar masuk kamar mandi. Paling juga dia nggak ngampus hari itu. Belaga bener pake ngatain gue.

Pas jam tujuh lewat sepuluh menit, gue langsung cabut buat jemput Fresha. Sebenernya gue ragu dia bakal tetep nungguin gue. Mungkin aja dia nggak sabar terus pergi sendiri naik angkot atau pake motornya. Tapi gue tetep pengen mastiin. Akhirnya gue tetep berangkat ke rumah dia.

Dan waktu sampe sana, gue kaget ternyata Fresha masih nungguin gue. Walaupun setelah liat gue dia langsung mencak-mencak kayak wali murid yang anaknya nggak kebagian bangku pas pertama masuk sekolah.

Dalem hati gue saat itu, terserah lo dah mau ngoceh apaan juga. Yang penting lo bisa gue ajak bolos. HAHAHA.

Perjalanan ke sekolah, gue sengaja ngebut biar Fresha mikirnya gue juga nggak mau telat. Diem-diem di depan dia, gue nahan ketawa. Apalagi waktu kita sampe Pancasila dalam keadaan pagar sekolah udah digembok.

"Tuh, kan, Fer! Kita telat!" dia langsung loncat dari motor gue, terus nemplok ke arah pagar dengan muka paling melas.

"Oh." Gue ngejawab enteng. Abis itu dia noleh cepet ke gue. Matanya langsung melotot. Untung itu biji mata nggak gelinding keluar.

"Kok oh doang, sih? Kita telat ini, Fer! Kita telat!" dia ngejelasin seolah gue bocah yang nggak ngerti arti telat apaan.

Padahal ya lo tau sendiri lah, gimana hubungan gue sama kata itu. Erat banget kayak daki sama leher.

"Udah lo nggak usah lebay. Mending lo ikut gue aja!" gue mulai coba ngajak dia.

"Ke mana?" dia tanya dengan ekspresi ngarep. Mungkin dia kira gue bakal bawa dia ke tempat yang bisa bikin dia masuk tanpa kena hukuman.

"Cabut lah!" gue ngomong bangga seolah itu ide brilian untuk masalah kita sekarang.

"Hah!? Ogah! Lo sendiri saja sana!" Fresha nolak mentah-mentah.

Kita berdua debat di depan gerbang. Gue bilang ke Fresha soal hukuman anak-anak yang telat buat beresin kamar mandi anak kelas tiga. Di situ dia mulai bingung sendiri. Mungkin mikir gimana cara ngadepin hukuman boong-boongan kayak yang gue bilang. Mana gue tau hukuman anak yang telat apaan. Orang gue kalo telat langsung cabut, atau kalo lagi rajin pengen masuk juga gue loncat pager belakang.

Nggak lama, munculah Althaf dkk dari arah satunya lagi. Waktu ngeliat Fresha, mereka kaget. Kecuali David yang mungkin udah paham kenapa gue bisa sama cewek itu.

"Lo bareng Fresha, Fer?" Althaf nanya.

"Iya, gue bareng dia tadi."

"Ya udahlah cabut! Keburu ketauan sama Bokir!" David nyelak. Ngomong-ngomong Bokir itu sebutan kita ke Pak Haris.

Gue tanya Fresha lagi buat mastiin dia. Sedangkan itu cewek masih aja lengket di pager kayak tanaman. Kayak ngerasa terancam banget ada di sekitar gue. Mungkin juga dia udah ngeh kenapa yang lain bisa kompakan telat.

"Mau sampe kapan diri di situ?" gue teriak ke dia. "Ayo naik!"

Gue sengaja ngegas-ngegas motor biar dia berasa kayak gue lagi buru-buru. Asli kocak banget mukanya!

Dan akhirnya, tau kan lo apa yang terjadi?

Fresha jalan ke arah motor gue, dan dia langsung naik.

Hampir aja gue ketawa. Ternyata yang dari tadi kenceng banget ngomong enggak, ujung-ujungnya ngikut juga.

Setelah Fresha naik ke motor gue, kita semua langsung pergi. Gue sok-sokan pake nanya kita mau ke mana biar kesannya kayak nggak direncanain, untung David nangkep kode gue.

Sesuai kayak yang lo baca di ceritanya Fresha, waktu itu dia sempet salah sangka ngira kita bakal ngelakuin hal yang aneh-aneh di gedung. Dia ngiranya gue sama yang lain mau ngelem di tempat itu.

Pas dia tau tujuan kita mau ngapain, baru dia diem. Mana waktu itu gue sempet adu mulut sama Kemal gara-gara ngebelain dia. Si onta arab lagian. Ngeselin banget pake nyerang gue segala. Gue ya berusaha defensif lah biar keliatan nggak ada apa-apa sama Fresha. Untung Althaf bisa dinginin pala batunya Kemal.

Gue inget si David sempet ngebisikin gue, dia ngingetin gue buat nggak terlalu ngegas ngadepin Kemal.

"Selo aje kali, Bos. Ntar lu dikira beneran suka sama itu cewek. Santai, santai! Napsu amat."

Hari itu, kita ngedeklarasiin Seven Gerrard jadi 8 orang. Ide gue sih sebenernya. Yang lain nggak ada yang protes karena gue jadiin itu alesan biar Fresha makin nggak bisa lepas dari kita. Walaupun Kemal sempet nggak setuju, tapi suara dia tetep kalah sama yang lain.

Gue ngerasa, hari itu Fresha mulai bisa akrab sama temen-temen gue. Dia sempet ketawa-ketawa setiap Reynold sama Galih saling lempar ceng-cengan. Dia juga mulai banyak ngomong sama David. Gue seneng liatnya.

Momen hari itu gue abadiin pake kamera Afkar yang diem-diem gue pinjem waktu dia lagi mandi. Udah ah bodo amat paling juga nggak kepake sama dia. Yang penting waktu itu, foto gue sama Fresha ada di sana.

PreparedTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang